Motivation

Buat Perubahan, Pilar Bisnis Yang Mesti Dicermati

Buat Perubahan, Pilar Bisnis Yang Mesti Dicermati

Ketahuilah bahwa menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha memang jadi keinginan kuat banyak orang. Tak hanya bisa memberikan keuntungan besar, menjadi pengusaha juga identik dengan kreatifitas besar untuk membawa perubahan ke era ekonomi lebih maju.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Jadi pengusaha memang menyenangkan, Anda bisa memimpin perusahaan, membayar karyawan dan bisa membeli apa saja. Namun kadang tak semua orang berani untuk memulai bisnis dengan alasan yang beragam. Meski begitu, jika Anda salah satu yang memiliki keinginan kuat jadi pengusaha, ada baiknya mengetahui beberapa pilar agar kesulitan dan hambatan tidak membuat impian Anda sirna sia-sia. Berikut pilar bisnis yang mesti dicermati oleh Anda.

1. Motivasi

Pilar bisnis pertama adalah memulai bisnis dengan didasari motivasi. Motivasi adalah modal utama seorang pebisnis untuk menjalankan roda usaha. Banyak tantangan yang terlihat selama kita  memulai bisnis. Dan tentunya Anda membutuhkan motivasi untuk dapat melangkah maju. Menurut para tokoh dan pakar bisnis, motivasi ibarat bahan bakar untuk perjalanan bisnis. Semakin bahan bakar ini terisi sepanjang hari, maka panjang nafas untuk tetap menjalankan akan terus dilakukan.

2. Lingkungan

Lingkungan adalah pilar bisnis selanjutnya dimana mampu mendukung dan menggerakkan bisnis. Lingkungan adalah alasan tepat agar bisnis mampu berkembang dan bertumbuh dengan cepat. Contoh lingkungan yang bisa memberikan manfaat adalah bergabung dengan komunitas yang sama dan mau memberikan konstribusi untuk busnis Anda. Atau Anda bisa belajar dari komunitas entrepreneur lainnya untuk bisa mengambil strategi dan teknik yang membuat para pebisnis sukses. Cari dari entrepreneur yang sudah berpengalaman dalam mengolah bisnisnya.

3. Jaringan atau Koneksi

Bagi pebisnis jaringan atau koneksi adalah modal membangun bisnis. Tanpa jaringan ibarat melakukan perjalanan tanpa penunjuk arah. Jadinya Anda akan mudah kebingungan bahkan tersesat. Misalnya jika bisnis tidak didasari dengan pengetahuan strategi persaingan, bisa saja usaha yang Anda lakukan tiba-tiba berhenti di tempat atau bahkan bangkrut. Cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jaringan bisnis misalnya menghadiri beberapa event bisnis atau seminat tentang bisnis.

4. Simulasi dan Praktek

Pilar terakhir dalam membangun sebuah bisnis yang matang dan sukses adalah dengan melakukan simulasi dan praktek. Praktek dalam dunia bisnis sangatlah penting. Meskipun ilmu bisnis yang Anda miliki telah banyak, namun tanpa praktek maka hasilnya tidak akan membawa perubahan. Simulasi dan praktek memang sangat penting untuk para pengusaha meyakini dan percaya diri tentang bagaimana menjalankan bisnis. Agar usaha berjalan lancar, lakukan dua hal ini secara terus menerapkan untuk menambah jam terbang dan pengalaman sehingga Anda mampu mengasah keterampilan juga insting berbisnis.

Sekian pilar utama dalam berbisnis yang bisa Anda lakukan. Sejatinya, menerapkan pilar harus dilakukan tanpa ragu dan takut untuk menjalankannya. Resiko dan kegagalan memang akan selalu ada namun, setidaknya Anda bisa meminimalisir kegagalan sesuai passion dan kemampuan yang dimiliki. Jangan lupa untuk menerapkannya semua apa yang telah Anda baca dan tahu agar bisnis yang dijalankan dapat bergerak dan berkembang lebih baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top