Makanan Kesehatan

Buah Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa

Mengkonsumsi makanan yang tepat saat buka dan sahur merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan selama Anda menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Saat puasa, Anda harus menahan lapar dan haus lebih dari setengah hari. Kondisi perut yang tidak terisi ini tentu membutuhkan penyesuaian. Terkadang, seseorang terlihat sangat lemas karena konsumsi makanan yang berkurang dan berbeda dari biasanya. Nah, di sinilah peran dari konsumsi makanan yang tepat diperlukan. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, kebutuhan gizi harian akan senantiasa terpenuhi sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat dan segar meskipun pola konsumsi Anda berbeda dari waktu biasanya. Salah satu makanan yang tepat untuk di konsumsi saat buka dan sahur adalah buah. Dengan kandungan gizinya, buah mampu menjaga perut agar tetap kenyang seharian. Simak beberapa jenis buah sehat untuk sahur dan buka puasa yang bisa Anda jadikan menu konsumsi harian Anda di bawah ini.

Buah Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa.2

Sponsor : dr rochelle skin expert

  1. Alpukat

Salah satu buah yang sangat cocok digunakan untuk menjadi menu andalan saat sahur adalah alpukat. Alpukat adalah salah satu buah yang menjadi favorite masyarakat secara umum. Selain terkenal karena rasanya yang sangat lezat, kandungan dari buah ini sangat membantu untuk menahan lapar yang melAnda pada siang hari. Nah, perlu Anda ketahui bahwa alpukat memiliki kandungan serat dan juga lemak yang cukup banyak. Serat yang terkandung dalam alpukat sangat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan, terutama untuk Anda yang sedang menjalani diet. Selain itu, lemak baik yang terkandung dalam alpukat akan menyajikan tenaga yang lebih sehingga Anda tetap akan merasa kuat menjalani puasa setiap hari. Nah, Anda bisa mengkonsumsi alpukat secara langsung atau membuatnya menjadi jus murni.

Buah Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa.3

  1. Apel

Memilih apel sebagai hidangan penutup merupakan pilihan yang tepat. Setiap orang tentu mengetahui bahwa apel adalah salah satu buah terbaik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Kandungan utama dari apel adalah air dan serat. Kandungan air dan serat pada apel akan sangat baik untuk memberikan efek kenyang lebih lama sehingga tentu saja Anda akan merasa lebih kuat berpuasa terutama pada weaktu siang hari. Selain itu, apel juga akan senantiasa memberikan rasa kenyang yang cukup bagi Anda karena mengandung kalori hingga 80g untuk setiap butirnya. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, di sarankan Anda mengkonsumsi satu buah apel setiap pagi tanpa menghilangkan kulitnya. Apel yang bagus adalah apel yang berwarna merah cerah.

Buah Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa.4

  1. Semangka

Untuk menu berbuka, makanan yang manis adalah pilihan utama yang di pilih oleh masyarakat. Rasa manis yang terkandung dalam makanan tersebut tentu akan mengembalikan tenaga Anda dengan lebih cepat sehingga Anda akan senantiasa merasa kembali segar seperti sedia kala. Berbicara tentang buah yang tepat untuk menu berbuka, semangka adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda. Buah semangka memang terkenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup banyak sehingga sangat membantu untuk memberikan kesegaran yang lebih bagi Anda. Rasanya yang manis serta warnanya yang cantik tentu akan menggugah selera untuk mengkonsumsinya. Selain itu, semangka juga mengandung serat yang cukup tinggi dan vitamin C yang bisa menetralisir dan menyehatkan sistem pencernaan Anda yang seharian kosong.

Buah Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa.5

  1. Anggur

Buah kecil yang satu ini dapat menjadi alternative terbaik saat Anda hendak berbuka puasa dengan buah yang segar. Anggur yang dianggap sebagai buah yang mahal ini memiliki rahasia nutrisi yang cukup tinggi. Warna dan bentuknya yang unik akan membuat Anda lebih berselera untuk menyantapnya. Selain itu, anggur juga memiliki rasa yang segar dan manis yang akan membantu Anda mendapatkan kesegaran ysaat berbuka puasa. Untuk kandungan anggur, buah ini juga memiliki serat yang sama baiknya dengan semangka. Hal ini tentu akan membantu Anda menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, Anda di sarankan untuk mengkonsumsi anggur tidak berlebihan terutama bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung karena anggur memiliki kandungan asam yang bisa saja menjadi pengganggu.

Buah Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa.6

  1. Kurma

Siapa yang tidak tahu tentang buah yang satu ini? Ya, kurma adalah salah satu buah yang sangat terkenal terlebih pada saat bulan ramadhan seperti sekarang ini. Menyajikan kurma sebagai menu berbuka puasa adalah pilihan yang sangat tepat. Tidak hanya karena kandungannya yang bernilai tinggi, tetapi juga karena adanya perintah langsung dari hadist mengenai hal ini. Berbicara tentang manfaat kurma, buah yang satu ini mengandung banyak sekali gizi. Kandungan glukosa yang baik dan cukup dalam kurma mampu mengganti energy yang hilang dengan cepat sehingga tubuh Anda akan kembali bugar setelah berbuka. Selain itu, kurma memiliki kandungan antioksidan yang juga berfungsi untuk menetralisir kondisi tubuh agar lebih seimbang. Nah, konsumsi setidaknya 3 butir kurma saat berbuka puasa.

Buah Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa.7

Beberapa buah di atas tentu dapat menjadi pilihan yang baik untuk mewujudkan puasa yang lebih sehat dan menyenangkan. Namun, tentu saja, pilihan buah tersebut adalah alternative semata. Masih banyak makanan sehat lain yang bisa Anda coba. Selain memahami beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi, tentu saja Anda harus memperbarui pola konsumsi Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top