Inspiration

Bisnis Desain Grafis, Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif

Bisnis Desain Grafis, Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif – Menggeluti dunia bisnis memang sungguh mengasyikkan. Namun banyak tantangan yang harus dihadapai terlebih untuk mereka yang baru memulainya. Dunia bisnis ibarat sesuatu yang mampu mendatangkan daya tarik. Meski bermodalkan minim namun keuntungan yang didapat tak bisa dibayangkan. Bagi para pelakunya, bisnis bisa berupa mengadakan barang maupun jasa.

bisnis desain grafis bermodal minim

 

Sponsor: halo jasa

Dewasa ini, bisnis jasa merupakan usaha mudah yang hanya berbekal modal minim. Salah satunya bisnis di bidang jasa desain grafis. Melakoni bisnis desain grafis bermodal minim ini bisa Anda gunakan sebagai salah satu langkah mendapatkan uang tambahan. Banyak para kaum urban mulai tertarik melakoni bisnis ini. Tak hanya itu, bisnis desain grafis bahkan bisa menjadi usaha sampingan yang mudah dan siapapun bisa melakukannya.

Alasan orang tertarik dengan bisnis desain grafis yakni?

Singkatnya, banyak orang mulai tertarik melakoni bisnis ini karena memiliki prospek jangka panjang serta mampu datangkan keuntungan. Jika diperhatikan, ada berbagai jasa desain grafis yang ditawarkan melalui media online. Faktor berikutnya karena permintaan pasar. Semakin hari, banyak orang, perusahaan atau badan instansi yang menginginkan sesuatu dibuat menggunakan grafis. Alasan lain paling ingin dilirik orang adalah karena jasa desain grafis nyaris tidak memiliki modal atau hanya dengan modal minim saja. Syarat utamanya tentu saja harus bisa menguasai software desain dan skill keterampilan.

Apa saja Syarat utama untuk dapat menjalankan bisnis jasa desain?

Tak hanya keterampilan, pelakunya juga harus melek teknologi dan pandai membaca situasi pasar atau tren.  Perkembangan bisnis masih mampu memberi peluang untuk mereka yang kreatif. Jika Anda saat ini sedang bergelut di bidang desain tentunya harus bisa menyiapkan peralatan pendukungnya. Berikut beberapa hal wajib disiapkan jika benar-benar ingin membangun bisnis jasa desain grafis:

Bisnis Desain Grafis, Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif

1. Skill Desain

Tak butuh skill tingkat dewa jika Anda ingin memulainya dari awal. Meski skill adalah sebuah keharusan, setidaknya Anda memiluki sedikit seni untuk bisa berkreasi sesuai keinginan pasar. Pandailah menguasai beberapa software pendukung yang biasa dipakai untuk desain grafis seperti Photoshop, Illustrator, CorelDraw dan sebagainya.

Bisnis Desain Grafis, Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif

2. Siapkan Portofolio

Setelah faktor pendukung utama terpenuhi, kini saatnya buat satu atau beberapa Portofolio. Portofolio merupakan hasil kerja yang pernah Anda buat. Gunanya supaya calon pembeli tertarik dan memiliki keinginan untuk menggunakan jasa Anda. Anda bisa upload beberaoa hasil portofolio contonya kliping majalah, karya foto, rancangan desain dan bukti lainnya.

Bisnis Desain Grafis, Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif

3. Media Promosi

Setelah dua komponen diatas terpenuhi, saatnya lakukan promosi produk melalui media promosi. Bisa melalui online seperti medsos, blog khusus, atau situs marketplace. Anda bisa tawarkan hasil desain lengkap dengan komentar promosi yang menarik. Cara ini akan membantu memperkuat mempromosikan karya desain milik Anda.

Seperti apa saja contoh peluang bisnis desain grafis?

Jika Anda masih sebatas pemula mungkin akan banyak bertanya seperti apa saja jasa yang nantinya akan dibuat. Sebenarnya, banyak peluang bisnis desain yang bisa mendatangkan keuntungan. Namun tentu harus sesuai pasion dan kemampuan. Beberapa peluang yang bisa digunakan seperti:

Bisnis Desain Grafis, Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif

1. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis pada dasarnya bisa menghasilkan semua produk desain dan art. Contoh jasa desain ini bisa berupa desain logo banner, logo website, kartu nama, logo baju, kartu undangan dan keperluan lainnya. Bahkan lukisan dan karikatur pun bisa dijual. Gambar desain juga bisa menjadi pelengkap pajangan di payung, gelas, baju, kartu undangan, dan sebagainya.

Bisnis Desain Grafis, Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif

2. Jasa Desain Interior Rumah

Jika Anda senang mendesain interior rumah bisa memanfaatkan peluang bisnis ini. Pelajari lebih tentang desain interior rumah, apartemen, atau gedung lainnua dan coba buat lalu promosikan secara online. Supaya lebih menyakinkan coba buat portofolip sederhana dan buat testimoni awal.

Bisnis Desain Grafis, Modal Minim Bagi Mereka yang Kreatif

3. Jasa Desain Website

Ingin menyebarkan peluang jasa desain, cobalah menyasar pasar pengguna online seperti para pebisnis yang belom memiliki website pribadi. Selain itu, banyak yang mencari jasa desain website guna meningkatkan trafik sehingga memilih website yang SEO friendly. Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang ini, tak ada salahnya membuka jasa desain website.

Lalu bagaimana tips sukses menjalankan bisnis jasa desain?

bisnis desain grafis bermodal minim

  • Selalu Up To Date. Semakin hari, desain akan tetus berganti. Hal wajib Anda lakukan adalah selalu mencari sesuatu yang up to date dengan mencari desain terbaru. Cari pengamatan tentang tren yang tengah digemari tetutama pasar yang menyasar kaum muda. Pahami agar desain yang Anda hasilkan bisa memuaskan calon konsumen.
  • Sesuaikan Kebutuhan Konsumen. Sesuaikam pula desain denhan kebutuhan para konsumen misalnya jika ingin mendesain rumah, pastinya konsumen suka. Paling penting adalah sesuaikan dengan karakter calon pemilik rumah. Meski Anda tengah mengikuti trend, bukan berarti membuat konsumen suka. Buat desain sesuai dengan kenyamanan dan kepuasan konsumen. Begitu pula dengan desain poster, logo, kartu, dan lainnya.
  • Promosi via Online. Berikutnya selalu lakukan promosi baik offlinr ataupun online. Cara ini berguna untuk menjaring banyak konsumen dan meningkatkan trafik Anda. Banyak hal bisa dilakukan seperti promosi via medsos sambil mengupload karya terbaik Anda sehingga bisa dilihat dan dilirik semua orang. Semakon banyam yang melihat, maka semakin banyak pula peluang mendapatkan pelanggan.
  • Mengikuti Pameran. Jangan lupa rajin ikuti pameran karya desain supaya jasa Anda semakin dikenal orang. Banyak event yang memberikan kesempatan para desainer grafis berkreasi. Bahkan saat ini banyak lomba desain grafis yang menawarkan hadiah besar. Tak ada salahnya mengikuti pameran atau lomba desain agar karya Anda banyak dilihat. Jika beruntung, bisa saja Anda bertemu pebisnis yang menginginkan jasa desainer milik Anda sehingga membantu membuka jalam untuk bekerjasama.

Itu dia profil seputar jasa desain yang bisa Anda lirik untuk dijadikan usaha sampingan. Jika Anda benar-benar tertaik menggeluti bidang ini dari nol, langkah yang harus dilakukan adalah jangan sungkan mencari tentor atau guru yang bisa mengajarkan Anda seputar desain grafis. Gunakan kesempatan memilik jasa desain grafis profesional semuanya ada hanya di Halo Jasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top