Info Kedokteran

Bikin Malu! Hentikan Kebiasaan Tidur Mendengkur Dengan 3 Tips Sederhana Ini

Hentikan Kebiasaan Tidur Mendengkur Dengan 3 Tips Sederhana

Hentikan kebiasaan tidur mendengkur dengan 3 tips sederhana. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa tidur yang mendengkur menjadi sesuatu yang sangat menganggu. Hal tersebut disebabkan karena ketika seseorang sedang mendengkur maka dia akan mengeluarkan suara-suara yang begitu berisik. Apalagi apabila kita telah hidup berumah tangga dengan seseorang. Tentunya kebiasaan mendengkur saat tidur membuat pasangan yang tidur di dekat menjadi sulit untuk bisa mengistirahatkan matanya. Sesuatu yang nantinya akan membuat kita yang memiliki kebiasaan tidur akan mendapatkan protes ketika bangun nantinya. Sehingga tidak heran apabila kemudian mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur ini hanya akan mendapatkan rasa malu ketika bangun pagi nanti. Apalagi apabila harus tidur di tempat orang asing maupun di tempat rekan kerja. Maka sudah hampir bisa dipastikan bahwa hanya akan rasa malu yang didapatkan ketika banyak orang yang tahu tentang kebiasan buruk itu. Dimana selama ini masih banyak yang mempercayai bahwa kebiasan tidur hanya dilakukan oleh para laki-laki. Namun pada kenyataanya, kebiasaan mendengkur juga bisa dialami oleh para wanita. Sehingga Tentunya kebiasaan mendengkur ketika tidur adalah sebuah kebiasaan negatif yang perlu dihilangkan. Dimana kebiasaan mendengkur ini biasanya disebabkan oleh banyak sekali faktor. Salah satu faktor yang paling utama adalah biasanya bobot tubuh. Karena bobot tubuh yang berlebihan membuat lemak menumpuk sehingga pertukaran udara ketika bernafas menjadi terhambat. Sehingga terciptalah suara keras ketika tidur, yang lebih dikenal dengan istilah mendengkur atau ngorok. Namun lepas dari itu semua, para wanita yang memiliki kebiasaan mendengkur ini tentunya tidak ingin terus-terusan dihantui rasa malu karena memiliki kebiasaan buruk ini. Sehingga cara terbaiknya adalah dengan cara menghilangkannya seperti berikut ini:

sponsor: cream perawatan wajah.

  1. Mengubah Posisi Tidur Menjadi Miring

Hentikan Kebiasaan Tidur Mendengkur Dengan 3 Tips Sederhana

Tentunya semua orang yang memiliki kebiasaan mendengkur ketika tidur tidak pernah menyadari dengan kebiasaan mereka tersebut. Karena seringkali mereka mengetahui kebiasaan tersebut dari kerabat maupun anggota keluarga yang mendengarnya langsung. Dimana kebiasaan tersebut mendengkur tersebut tidak bisa dilepaskan dari posisi tidur yang selama ini dilakukan. Ternyata posisi ketika tidur yang selama ini dianggap sebelah mata cukup berpengaruh terhadap kebiasaan mendengkur yang dilakukan oleh seseorang. Dimana salah satu posisi ketika tidur yang paling mudah untuk mengundang kebiasaan mendengkur adalah terlentang. Hal ini bisa terjadi tentunya bukan tanpa alasan. Alasan utamanya adalah ketika telentang jarak antara lidah, langit-langit mulut dan kerongkongan menjadi sangat dekat. Sehingga membuat udara nafas menjadi sulit untuk keluar. Dan sekalinya keluar akan membuat suara yang keras. Untuk bisa mengatasi hal ini maka usahakan ketika tidur maka lakukanlah posisi tidur menyamping. Karena posisi tidur menyamping membuat lidah, langit-langit mulut dan kerongkongan memiliki jarak yang terlalu dekat. Hal ini berguna untuk membuat udara pernafasan bisa keluar masuk tanpa hambatan. Sehingga suara mendengkur ketika tidur bisa terhindari. Dimana hal ini tentunya dilakukan harus secara sering dan disiplin. Yang dalam arti kata lain tidak bisa hanya dilakukan satu kali dan segera berharap langsung berhasil.

  1. Diet Untuk Mengurangi Bobot Tubuh

Hentikan Kebiasaan Tidur Mendengkur Dengan 3 Tips Sederhana

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa salah faktor atau penyebab dari tidur yang mendengkur adalah bobot tubuh yang berlebih. Karena apabila memang lebih diperhatikan bahwa biasanya mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur adalah mereka yang memiliki berat tubuh berlebih. Terutama mereka yang mengalami obesitas. Maka sudah dipastikan memiliki kebiasaan mendengkur yang lebih banyak daripada mereka yang memiliki tubuh proporsional. Karena orang yang memiliki berat badan berlebih juga akan memiliki lemak berlebih di dalam lemaknya. Sesuatu yang sangat mempermudah bagi kebiasaan mendengkur untuk terus datang. Tentu masalah ini hanya bisa diatasi dengan melakukan penurunan berat badan atau diet. Dimana diet ini tentunya harus dilakukan sungguh-sungguh. Mulai dari melakukan olahraga secara teratur, mengurangi makanan berlemak hingga mulai mengonsumsi sayuran maupun buah-buahan. Hal ini tentunya apabila tidak dilandasi dengan niat kuat untuk mengurangi bobot tubuh tentunya sulit untuk bisa terjadi. Apalagi seperti yang diketahui dengan gaya hidup seperti jaman sekarang ini. Yang bisa dibilang, sangat sulit untuk bisa memiliki gaya hidup yang sehat. Selain untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur, ternyata bobot tubuh yang proporsional tentunya memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh.

  1. Tidur Dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Hentikan Kebiasaan Tidur Mendengkur Dengan 3 Tips Sederhana

Masih berhubungan tentang posisi tidur. Karena posisi tidur bisa dibilang memang sangat berpengaruh terhadap kebiasaan mendengkur seseorang. Biasanya kebiasaan mendengkur terjadi karena posisi tubuh yang sejajar. Sehingga membuat udara yang berada di tenggorokan menjadi tertahan. Masalah ini bisa diatasi dengan cara menggunakan bantal untuk membuat posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh. Hal ini berguna untuk membuat pergantian udara saat bernafas ketika tidur menjadi lebih lancar. Sehingga membuat posisi kepala ketika sedang tidur akan lebih tinggi dari biasanya. Hal ini bisa dibilang adalah hal sederhana namun seringkali dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Sesuatu yang mestinya atau patut dicoba oleh mereka yang sudah tidak tahan lagi dengan kebiasaan mendengkur mereka.

Ketiga tips diatas tentunya tidak bisa dibilang sulit. Sehingga sangat disarankan dicoba oleh mereka. Namun tentunya semua tips tersebut tidak dalam sekali waktu bisa menghilangkan kebiasaan mendengkur. Apalagi apabila kebiasaan mendengkur tersebut sudah terjadi selama bertahun-tahun. Segala sesuatunya tentu membutuhkan proses. Tidak terkecuali dalam menghilangkan kebiasaan mendengkur.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top