Tips dan Trik

Biasakan Membaca Sejak Dini

Biasakan Membaca Sejak Dini

Aktivitas membaca merupakan suatu proses untuk mengenal, menganalisa, serta mengintepretasikan rangkaian pesan tertulis melalui sebuah media tulisan. Seiring dengan semakin berkembangnya kecanggihan jaman, saat ini media tulisan juga memiliki ragam yang cukup banyak, baik menggunakan media secara offline maupun online. beberapa contoh media offline yang sudah awam dikenal antara lain buku, koran, majalah, tabloid dan lainnya. Sedangkan untuk media tulisan online berupa koran atau majalah online dalam website, jurnal online, dan lainnya. jika sudah biasakan membaca sejak dini, maka akan memberikan banyak manfaat, di samping untuk menambah pengetahuan yang dimiliki, ada sisi baik dalam hal kesehatan pula, di antaranya dapat menstimulasi mental, dapat mengurangi stress, dapat meningkatkan kualitas memori, mampu meningkatkan konsentrasi, melatih otak untuk berfikir dan menganalisa secara kritis, mampu mencegah otak mengalami penurunan fungsi kognitif, serta juga mengurangi resiko penyakit Alzheimer.

sponsor: kezia skin expert.

Membudayakan kebiasaan untuk mau membaca harus dimulai ditanamkan dari sejak kecil, tentu saja dengan membiasakan membaca hal-hal yang positif sesuai dengan perkembangan umur dan cara berfikir anak. Sebagai orang tua yang memiliki buah hati, berkewajiban dalam mendampingi anak-anaknya tentang hal apa saja yang dibaca mereka. Dengan demikian, orang tua bisa memonitor dan mengontrol informasi apa saja yang diserap oleh anaknya melalui media bacaannya. Orang tua bisa memberikan fasilitas untuk membudayakan kebiasaan membaca kepada putra-putrinya dengan banyak cara. Salah satu contoh sebagai usaha awal yang bisa dilakukan adalah dengan membelikan buku-buku murah sesuai dengan umur anak. Buku tersebut tidak harus baru, namun masih layak dibaca. Tahap berikutnya, orang tua mendampingi mereka saat membaca di rumah, dengan memberikan waktu khusus jam membaca. Jatah durasi waktu membaca ini tidak harus berlama-lama, yang penting bisa rutin dilakukan. Misalnya, bisa mulai membiasakan membaca  dengan waktu 1 hingga 2 jam per hari, dan dalam satu minggu bisa dilakukan 3 sampai 5 hari saja. Selain dengan usaha membeli buku sendiri, orang tua juga bisa mengajak anak berkunjung ke perpustakaan umum yang terdekat. Cara ini bisa menjadi usaha yang hemat sekaligus memberikan pengalaman baru kepada anak untuk gemar berinteraksi dengan bahan bacaaannya. Berkunjung ke perpustakaan bisa sebagai salah satu usaha rekreatif untuk mendidik anak gemar membaca.

Jika di rumah sudah banyak terkumpul buku-buku yang telah dibaca, orang tua bisa mengajak anak untuk mau mengumpulkan dan menata buku yang dimilikinya. Anak-anak harus diajari untuk menghargai buku yang telah dimilikinya, dengan cara merawatnya, agar suatu hari nanti bisa dimanfaatkan kembali. Untuk lebih mendukung budaya membaca mulai dari rumah, orang tua juga bisa menuangkan idenya untuk menyediakan suatu ruangan khusus untuk menempatkan buku-buku, majalah, tabloid atau koran. Ruangan ini dapat dimanfaatkan nantinya sebagai perpustakaan pribadi di rumah. Ruangan hendaknya diciptakan suasana yang nyaman sehingga membaca bisa lebih fokus dan tidak membosankan ketika melihat buku. Selain membaca, anak-anak bisa diajak untuk melakukan banyak kegiatan yang berkaitan dengan buku, seperti menggambar dan mewarnai, pastinya kegiatan tersebut disesuaikan dengan pola pikir dan perkembangan usianya. Kebiasaan membaca dari sejak dini ini akan bisa terbawa ketika anak telah beranjak besar, dengan sendirinya dia akan mencintai membaca sebagai suatu kebiasaan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top