Motivation

Biar Gak Mengalami Kegagalan Dalam Berwirausaha

Biar Gak Mengalami Kegagalan Dalam Berwirausaha

Siapa bilang berwirausaha itu sulit. Jika kamu berkata demikian, artinya kamu tidak memiliki keseriusan dalam menggapai tujuan dan cita-cita. Ibarat memilih jadi pekerja yang bekerja di perusahaan, wirausaha juga butuh tekat kuat agar mampu diraih. Karena ada banyak peluang yang bisa dilakukan, berikut cara yang bisa dilakukan biar gak mengalami kegagalan dalam beriwirausaha dengan mencoba hindari kesalahan berikut:

Sponsor: produk pemutih wajah

1. Konsep Tidak Jelas

Banyak yang mengira bahwa berwirausaha itu mudah, dengan modal ide minim dan langsung terjun tanpa persiapan matang. Lalu apa yang terjadi, ujungnya akan muncul konsep usaha yang tidak jelas. Memperbaiki kesalahan sedikit demi sedikit saat masalah datang justru bisa membuat tujuan karir kamu tidak jelas. Bahkan lebih buruknya, kamu jadi sulit mengenal target pasar dan hanya meraba berdasarkan peruntungan semata. Jadi yang kamu butuhkan adalah proses panjang demi terlaksananya perbaikan, bangun konsep yang jelas dan jika butuh perbaikan maka lakukan hanya untuk penyempurna saja.

2. Kurang Modal

Banyak keuntungan menggiurkan bisa kita dapat dengan berwirausaha. Ditambah selalu ada keuntungan lain seperti waktu fleksibel dan tak harus taat pada atasan. Meski begitu, sangat penting untuk tidak gegabah membuat keputusan saat memulai karir usaha. Terlebih jika modal yang dimiliki tidak cukup. Meski tak ada salahnya berjuang dari nol, namun tergesa-gesa mengambil tindakan dengan memutuskan modal terbatas justru bukan pilihan tepat dan bahkan bisa menghancurkan. Jadi, supaya usaha tak sia-sia maka perhitungkan dengan matang jika menggunakan modal untuk usaha.

3. Salah Memilih Lokasi

Memilih lokasi untuk usaha ternyata sangat penting. Kebanyakan, lokasi bisa mempengaruhi pendapatan kamu sebagai wirausaha. Meskipun barang yang maku jual berkualitas, belum tentu laku jika tempat yang dipilih tidak strategis. Pastikan kamu mampu membaca lokasi mana yang strategis untuk dijadikan tempat usaha meski kadan harga sewanya cukup mahal. Dan paling utama adalah memilih lokasi yang sesuai dengan target pasar, lokasi dan harga barang yang sesuai.

4. Tidak Membangun Company Profile dan Company Culture yang jelas

Satu kesalahan yang bisa usaha baru tak bertahan lama adalah tidak jelas dalam membangu sebuah company profile. Salah satunya dengan menciptakan karyawan untuk membantu usaha. Meski cukup susah mengatasi karyawan, setidaknya kamu bisa mulai membangun company profile dan cultur sesuai identitas dan karakter usaha yang kamu geluti. Buat karyawan kamu sebagai bagian dari jati diri usaha dari perusahaan sementara kultur bisa menjelaskan bagaiaman cara kamu dan karyawan bekerja. Buat kedua hal tersebut dengan sangat jelas. Buat karyawan kamu memiliki rasa memiliki terhadap perusahaan dan pekerjaan yang ia lakukan.

Sekian beberapa kondisi ideal membangun sebuah tujuan melalui usaha mandiri. Meski menjadi usahawan bukan perkara mudah, namun jika kamu tekun maka apa pun yang kamu harapkan dapat terwujut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top