Berikut Ini Pilihan 5 Menu MPASI yang mudah dan menyehatkan

Makanan pengganti ASI atau MPASI adalah salah satu makanan yang sebaiknya mulai bunda siapkan sejak dini. Makanan ini akan menjadi makanan yang memberikan tenaga berlebih dan ekstra ketika bayi tidak lagi mengkonsumsi ASI. Biasanya sih bunda akan merasa ribet dan terlalu menanggapi dengan berat ketika harus menyiapkan makanan pengganti ASI ini, bahkan banyak bunda yang juga mengeluhkan jika pembuatan MPASI terlalu ribet dan kebingungan untuk mencari bahan seperti apa yang cocok untuk mereka gunakan.

Sponsored: pemutih wajah

Berikut Ini Pilihan 5 Menu MPASI yang mudah dan menyehatkan

Padahal bunda, sebenarnya menu MPASI bisa anda dapatkan dengan sangat mudah dan tentunya dengan bahan-bahan yang mudah pula. Menu MPASI yang mudah dan menyehatkan bisa bunda buat sendiri saat dirumah. Dengan membuat berbagai makanan yang menyehatkan untuk bayi sebagai pengganti ASI ini tentu akan membuat anak menjadi lebih sehat. Dengan membuatnya sendiri, bunda juga bisa mengontrol dengan baik gula dan garam yang terkandung dan yang dikonsumsi oleh anak. Sehingga bunda tak perlu khawatir jika buah hati akan kelebihan asupan gula ataupun garam. Dengan membuat berbagai makanan MPASI berikut ini selain sehat, bunda juga bisa lebih hemat dalam pengeluaran.

  • Beras Merah

Jika ingin memberikan buah hati berupa nasi, ada baiknya untuk memberikan beras merah sebagai makanan pengganti ASI. Beras merah memiliki berbagai kandungan yang sangat baik dan menyehatkan untuk anak. Beras ini memiliki kandungan serat dan juga protein yang cukup dimana mampu memberikan tenaga dan energy yang cukup untuk anak. Cara pembuatan MPASI dengan menggunakan beras merah juga sangat mudah lho bunda sehingga bunda bisa langsung membuatnya dengan cepat dan bisa langsung dikonsumsi buah hati. Caranya adalah hanya tinggal menghaluskan beras merah yang bisa bunda lakukan dengan cara diblender ataupun dengan cara ditumbuk manual. Setelah itu tambahkan air mendidih dan campurkan hingga merata. MPASI yang menyehatkan pun siap untuk dikonsumsi untuk anak. Beras merah ini juga bisa digunakan tidak hanya untuk sekali waktu saja lho, bahkan juga bisa disimpan kemudian dikonsumsi lagi asalkan diletakkan ditempat yang tertutup dan kedap udara.

  • Mangga dan Pisang

Buah adalah salah satu jenis MPASI yang sangat mudah untuk didapat dan juga bisa memberikan efek yang sangat menyehatkan untuk kesehatan buah hati. Jenis buah yang sangat dianjurkan untuk menjadi makanan MPASI bagi anak adalah mangga dan pisang. Selain karena memang sangat mudah untuk didapatkan, kedua buah-buahan ini juga bisa memberikan efek yang terbaik untuk tubuh. Buah ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan juga Vitamin B6, serat dan bahkan potassium dimana semua kandungan ini akan sangat baik untuk menjaga kesehatan bayi. Cara untuk membuat MPASI dari kedua bahan ini cukuplah mudah, yaitu tinggal campurkan kedua buah ini kemudian blender hingga menjadi halus. Menu ini menjadi menu yang sangat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Apel dan Pir

Apel dan pir juga bisa menjadi menu makan MPASI yang akan sangat membantu untuk mendapatkan kondisi tubuh pada anak yang terbaik. Kedua buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dimana kandungan ini akan menjadi antioksidan dan menjaga kekebalan tubuh. Selain vitamin C, pir dan apel juga mengandung kandungan serat yang lumayan tinggi juga dimana serat ini bisa menjadi kandungan yang memperlancar pencernaan dalam tubuh. Namun, jika dibandingkan dengan pisang dan mangga, dua buah ini memiliki tekstur yang lebih kasar sehingga haruslah dilembutkan dengan lebih baik lagi.

  • Kentang

Salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan cocok untuk dikonsumsi oleh balita adalah kentang. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut yang akan dengan mudah bisa dikonsumsi dan langsung dicerna oleh buah hati. Kentang juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan berbagai bahan sayuran lainnya seperti brokoli, wortel ataupun bayam dimana bahan-bahan ini akan memberikan kandungan nutrisi yang lebih komplit. Berbagai nutrisi yang didapatkan dari campuran bahan ini adalah zat besi, kalsium, kalium dan juga vitamin yang tentunya akan sangat membantu dalam menjaga kondisi tubuh ataupun kesehatan dari buah hati.

  • Daging Sapi

Kalau ingin membuat anak mendapatkan asupan tambahan, anda bisa menggunakan daging sapi menjadi bahan makanan yang juga akan menyajikan aneka kandungan untuk tubuh buah hati. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan berbagai sayur-sayuran seperti wortel, seledri dan juga kentang. Dengan kandungan ini bunda akan bisa memberikan makanan MPASI yang lebih beragam warnanya dan juga citarasanya sehingga buah hati tidak merasa bosan. Cara mengolahnya juga cukup mudah kok bunda, tinggal rebus terlebih dahulu daging sapi dan juga sayuran kemudian tunggu hingga tekstur menjadi lebih halus. Dengan hal ini anda akan mendapatkan hasil terbaik untuk MPASI untuk buah hati.

Dengan memilih asupan makanan yang tepat untuk anak sudah pasti akan membuat anda benar-benar mendapatkan asupan yang baik dan cukup untuk anak. MPASI adalah pengganti ASI yang akan melatih anak dan juga memperkenalkan anak pada makanan untuk mereka konsumsi kemudian, sehingga memilih jenis makanan yang tepat sangat dibutuhkan untuk membuat anak menjadi semakin sehat. 5 Jenis makanan diatas adalah MPASI terbaik yang bisa dibuat dengan mudah, menyehatkan dan ramah dikantong.

 

Baca juga: Tips Sederhana Untuk Membuat Bayi Tak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
1
25%
wow
1
25%
sad
2
50%
angry

Comments

comments

To Top