Wajah ku

Bercak Cokelat Pada Kulit Wajah

Wajah yang mulus merupakan dambaan bagi siapa saja, baik pria maupun wanita. Kulit wajah yang sehat dan cantik akan memiliki tektur yang lembab, kenyal, dengan warna kulit yang merata dan merona. Pada beberapa orang akan memiliki masalah pada kulit sendiri-sendiri, misalnya berjerawat, kulit bersisik, serta muncul bercak cokelat pada kulit wajah. Tiap jenis kulit biasanya akan memiliki problemnya sendiri-sendiri dan pastinya membutuhkan perawatan yang berbeda jika menginginkan kulit wajah lebih cantik dan sehat. Jadi, beruntunglah bagi mereka yang memiliki wajah normal tanpa masalah berarti, yang berarti hanya melakukan perawatan untuk mempertahankan agar kulit wajah tetap cantik dan sehat.

Bercak Cokelat Pada Kulit Wajah

sponsor: cream perawatan wajah.

Pada orang yang memiliki kulit wajah dengan flek atau bercak cokelat, terkadang begitu mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Bercak cokelat ini biasanya disebut pula dengan hiperpigmentasi dalam istilah medis. Jenis bercak cokelat pada kulit wajah ini bermacam-macam.

  1. Hiperpigmentasi pasca inflamasi

Problem kulit wajah berupa hiperpigmentasi pasca inflamasi biasanya terjadi karena adanya kelainan kulit sebelumnya. Contoh penyebabnya biasanya diakibatkan oleh alergi, jerawat, luka atau infeksi. Warna bercak cokelat akan terlihat semakin jelas dan berwarna semakin tua jika kulit seringkali digaruk dan menyebabkan mengelupas. Orang yang yang memiliki kulit lebih gelap dan sering terpapar radiasi sinar matahari akan lebih mudah mengalami hiperpigmentasi jenis ini.

Sebenarnya, bercak cokelat ini dapat hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun terkadang memerlukan waktu yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Sebagai perawatan untuk mempercepat hilangnya bercak cokelat ini bisa dilakukan dengan menggunakan tabir surya dengan minimal kandungan SPF 30 saat pagi sebelum beraktivitas di luar rumah. selain itu, solusi lainnya bisa pula menggunakan pencuci wajah yang mengandung asam salisilat atau AHA sebagai upaya untuk membantu proses pengelupasan kulit lebih cepat. Alternatif lainnya bisa pula menggunakan serum vitamin C, atau krim khusus dari dokter spesialis serta melakukan pengelupasan kimiawi untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih mulus.

  1. Melasma

Jenis masalah kulit melasma merupakan bercak cokelat yang areanya cukup luas pada wajah. Bercak ini biasanya akan terdapat pada kedua sisi wajah secara simetris, yakni dibagian kanan dan kiri. Melasma akan bisa terjadi di bagian dahi, pipi, batang hidung serta pada dagu.

Sebagai salah satu upaya mengatasi melasma dapat dilakukan dengan cara menggunakan tabis surya yang memiliki kandungan SPF 30 yang penggunaannya diulang setiap 2 jam sekali, apalagi jika sering berada terpapar sinar matahari. Alternatif ampuh yang lainnya yang bisa dilakukan adalah meminta bantuan dokter ahli agar melakukan perawatan berupa pengelupasan kimiawi, laser atau penggunaan krim tertentu sesuai yang diresepkan.

  1. Lentigo senilis

Jenis bercak cokelat pada kulit wajah berupa lentigo senilis biasanya disebabkan faktor penuaan. Bentuk bercak cokelat ini biasanya bulat atau oval. Masalah kulit lentigo senilis biasanya muncul pada meruka yang memasuki usia paruh baya. Jumalh bercak cokelat lentigo senilis akan semakin banyak jika tidak diberikan perawatan yang baik. Untuk mengatasinya maka bisa digunakan tabir sury yang dioleskan secara teratur. lentigo senilis merupak problem kulit yang sifatnya menurun.

1
14%
like
5
71%
love
1
14%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top