Manfaat Tanaman

Berbuka Dengan Kangkung Merah, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Berbuka Dengan Kangkung Merah, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Jika selama ini kita hanya mengenal dan sering menggunakan kangkung hijau untuk menu, ternyata berbuka dengan kankung merah bermanfaat untuk kesehatan loh. Kangkung merah atau Ipomoea aquatica forsk jenis tanaman sayur yang banyak tumbuh di Indonesia. Selain kangsung merah, tanaman ini juga memiliki beberapa kelompok lainnya. Untuk khasiatnya, kangkung adalah salah satu tanaman yang sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai nutrisi untuk kebutuhan tubuh.

Sponsor: cream pemutih wajah

Kangkung merah kali ini masuk dalam kelompok Rubra yang bercirikan daun dan bunganya berwarna semu merah dan ungu dan daunnya lebar. Kangkung jenis ini memang jarang ditemui di Indonesia. Tetapi jika anda beruntung, kangkung ini bisa dibeli di supermarket atau pasar mall.

Kangkung merah memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi hal iti dibuktikan dari warna daunnya. Sayuran yang berwarna umumnya memang memiliki senyawa antioksidan lebh besar dibanding sayuran hijau karena adanya pigmen merah yang mengandung flavonoid untuk antikanker. Warna merah lada kankung ini berasal dari antosianin yakni unsur antioksidan kuat yang bisa mencegah gangguan pada otak, pencegah kanker dan penyakit kardiovaskular.

Kankung merah kaya akan zat besi yang sangat baik untuk proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Ahlasil, tubuh jadi bebas dari risiko anemia dan mampu meningkatkan produksi zat besi yang berkurang, cocok untuk yang sedang menjalankan puasa.

Kangkung merah adalah sumber vitamin B kompleks yang mampu membantu menjaga kestabilan dan kekuatan imun terlebih jika Anda tengah memiliki masalah pada imun yang rusak. Selain itu, kankung inj mampu menjaga kepadatan tulang dan gigi akibat dari kandungan mineral betupa fosfor. Bagi wanita yang tengah mengalami nyeri saat haid, juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi tanaman ini dengan cara menghaluskan lalu tambahkan dengan madu.

Selama puasa, kebanyakan dari kita sering mengalami gangguan tidur salah satunya insomnia. Gangguan tidur semacam ini seringkali terjadi pada mereka yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Jika terlalu sering disepelekan, bisa berdampak pada tubuh, konsentrasi, dan aktifitas. Untuk mengatasinya, kangkung merah bisa jadi alternatif untuk mengatasi gangguan insomnia. Caranya dengan mengkonsumsinya. Berkat sifat sedati inilah, maka kangkung bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Tak hanya beberapa manfaat kankung merah diatas, manfaat lainnya yakni mampu menurunkan kolesterol yang bisa memicu masalah lain seperti penyakit jantung dan stroke, melancarkan proses detoksifikasi, baik untuk tukak lambung dan bahan alami untuk mengatasi rambut ketombe. Caranya dengan membuat masker kangkung yang sudah dihaluskan. Jika perlu tambahkan madu untuk melembabkan rambut. Oles masker kangdung tersebut ke bagian rambut, tunggu dan bilas rambut hingga bersih.

Demikian beberapa manfaat luar biasa kankung merah yang bisa Anda hidangkan untuk menu di hari puasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top