Olahraga

Berbagai Persiapan Fisik Sebelum Berkendara Jarak Jauh

berbagai persiapan fisik sebelum berkendara jarak jauh

Melakukan perjalanan jauh dengan berkendara bisa membuat tubuh terasa kurang fit dan lemas. Sebab berkendara jarak jauh memang membutuhkan stamina yang baik supaya terhindar dari gangguan perjalanan. Melakukan perjalanan jauh membutuhkan waktu berjam-jam sehingga tidak boleh kita anggap remeh.

Sponsor: halojasa

Pentingnya menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit cara menuju berkendara yang lebih aman dan optimal. Selain itu, Anda bisa merasakan kenyamanan dan keselamatan, karena dua hal ini adalah faktor penting kelancaran berkendara. Jadi apa langkah persiapan menuju tubuh fit dan bugar sebelum melakukan perjalanan jauh? Ini dia berbagai persiapan fisik sebelum berkendara jarak jauh wajib diperhatikan.

1. Makanlah dengan sehat

Berbagai Persiapan Fisik Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Makanan merupakan sumber pembangun energi tubuh. Kebanyakan dari pengendara sering lupa untuk tidak memilih makanan fast food. Meski fast food lebih praktis dan cepat disajikan bukan berarti baik untuk tubuh. Daripada Anda memilih fast food selama diperjalanan tidak salahnya menyiapakan makanan dari rumah. Selai itu memasak sendiri jauh lebih higienis dan bebas bahan tambahan lain seperti pengawet, pewarna atau penyedap yang berlebihan. Langkah jitu yang dilakukan saat membawa makanan langsung dari rumah adalah:

Bungkus makanan Anda dengan cara yang baik supaya makanan tetap aman dan segar. Anda juga bisa menyiapkan makanan atau minuman ringan didalam kendaraan. Menurut Heidi Reichenberger Mclndoo, MS, RD, konsultan nutrisi Boston menyebut jika membawa air putih, minuman bervitamin, buah kering dan segar, kacang-kacangan dan cheese stick dapat membantu memenuhi nutrisi selama perjalanan. Terpenting adalah pastikan produk makanan yang dibawa dalam keadaan bersih dan simpan didalam box pendingin supaya tetap segar dan tahan lama. Jangan lupa untuk mengunyah makanan secara teratur baik makanan ringan ataupun berat. Dan selama melakukan perjalanan usahakan tidak makan secara berlebihan.

2. Memperhatikan kenyamanan berkendara

Berbagai Persiapan Fisik Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Jika diperhatikan, duduk didalam mobil atau kendaraan secara berjam-jam dapat menyebabkan nyeri dan otot kaku. Sehingga yang harus diperhatikan adalah kenyamanan saat berkendara. Tips yang bisa membantu Anda terhindar dari rasa sakit di tubuh selama perjalanan panjang diantaranya dengan memperhatikan postur tubuh senyaman mungkin. Jika Anda sedang duduk di belakang supir, bisa stel kursi supaya tubuh Anda tidak perlu meregang saat menyentuh kemudi.

Pilihan berikutnya adalah memindahkan kursi dengan memposisikan kursi sejauh 100 derajat supaya punggung tidak membungkuk. Patikan juga punggung bagian bawah Anda nyaman dan rileks dengan cara meletakkan bantaral kecil atau handung gulung. Dan pastikan Anda beristirahat dengan teratur meski berada di dalam perjalanan jauh. Menurut banyak ahli, istirahalah selama 20-30 menit tiap sebelum memulai perjalanan kembali. Langkah ini sangat penting terutama mereka yang memiliki gangguan punggung kronis atau masalah lainnya akibat duduk terlalu lama. Mengambil waktu istirahat juga sangat penting supaya terhindar dari masalah trombosis vena dalam  (DVT) atau penggumpalan darah di pembuluh darah seperti di kaki.

3. Menjaga tubuh agar tidak tertidur

Berbagai Persiapan Fisik Sebelum Berkendara Jarak Jauh

Mengantuk selama berkendara merupakan faktor utama kecelakaan. Hal ini menjadi salah satu masalah keamanan paling sering dan paling banyak diabaikan oleh pengguna kendaraan yang melakukan perjalanan jauh. Banyak driver atau pengemudi yang tidak memperhatikan kondisi fisik sehingga mudah merasa ngantuk. Menurut survei dari badan National Sleep Foundation, banyak masyarakat yang menyadari akan bahaya mabuk ketika mengemudi. Sayangnya, banyak pula masyarakat kurang menyadari akan bahaya mengantuk selama mengemudi. Mengantuk saat mengemudi adalah sumber bencana, diaman ngantuk dapat menimbulkan reaksi waktu yang lambat ketimbah mereka yang mengemudi dengan kondisi terjaga.

Terutama di malam hari, langkah agar Anda senantiasa terhidar dari bahaya ngantuk saat mengemudi yakni dengan melakukan istirahan dengan cukup. Patikan Anda mendapat waktu tidur lebih banyak sebelum memulai perjalanan. Patikan pula Anda tidak melewatkan waktu tidur malam dengan cara yang lebih baik. Perhatikan kondisi tubuh supaya tidak merasa ngantuk saat perjalanan. Jika Anda merasakan tubuh sudah mulai ngantuk atau kurang bersemangat, sebaiknya pindahkan mobil ke tepian dan istirahatlah sejenak.

4. Kelola dan menghindari stres

berbagai persiapan fisik sebelum berkendara jarak jauh

Selama mengemudi, usahakan menjaga fikiran tetap fress caranya dengan mengelolanya. Mengemudi bukan perkara mudah dan menyenangkan, ada kalanya mengemudi kendaraan di jalanan yang padat dan jauh bisa membuat menguras fikiran. Beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya tetap bisa menjaga kesehatan mental yaitu dengan merencanakan perjalanan lebih awal atau jauh jauh hari. Cara ini akan membantu Anda terbebas dari risiko macet selama berjam-jam.

Gunakanlah metode santai meski Anda tengah berada di tengah-tengah kerumuna kendaraan karena padatnya lalu lintas. Cobalah untuk tetap fokus dengan mengambil napas dalam dan perlahan. Jika perlu putarlah musik yang bisa membuat Anda santai. Musik akan membuat pikiran lebih nyaman selama berada di perjalanan. Namun perlu diingat jika Anda harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi di perjalanan misalnya jika tiba-tiba kendarana mogok, rusak, kempes dan sebagainya. Agar perjalanan tetap aman, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

Rencanakan perjalanan anda dengan mempersiapkan fisik yang lebih prima. Caranya bisa dengan mengunjungi tempat-tempat kebugaran jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga sendiri. Silahkan cari informasi untuk menemukan jasa trainer kebugaran.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top