Info Kedokteran

Berapa Kali Sakit Flu Masih Dianggap Normal?

Berapa Kali Sakit Flu Masih Dianggap Normal?

Sering mengalami penyakit langgana flu dan batuk? Atau pernah menghitung berapa kali Anda mengalami flu dalam sehari? Jika tidak mulailah dari sekarang mengetahui seputar berapa kali sakit flu masih dianggap normal. Tujuan dari masalah ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan dalam tubuh Anda.

Sponsor: pemutih wajah

Flu atau influenza adalah penyakit infeksi akibat virus. Namun sebenarnya virus flu jarang menyerang tubuh manusia. Hanya dengan memberikan antibiotik saja, maka bakteri flu bisa diatasi. Pemberian vaksi atau obat khusus flu bisa membantu melawan infeksi virus. Bahkan menurut penelitian, flu jarang terjadi terlebih jika daya tahan tubuh sangat baik.

Flu biasanya infeksi virus yang lebih banyak menyerang system pernapasan misalnya hidung, tenggorokan dan paru-paru. Gejala yang biasanya dirasakan seperti batuk, pegal, nafas menurun, sakit kepala, sakit tenggorokan dan bahkan demam. Selama virus flu masuk dalam tubuh maka ia akan melakukan amsa inkubasi yang singkat yakni 3 hari sejak awal terkena infeksi. Setelah masa ini juga, virus jadi mudah menular di hari ke 3-7 berikutnya.

Menurut penelitian yang termuat dalam jurnal PLOS Biology yang tengah meneliti virus flu yakni N3H2 atau influenza A menyebut bahwa virus jenis ini sangat berbahaya dan menyebabkan kematian. Sementara dalam keadaan normal dan ideal, orang dewasa usia diatas 30 tahun seharusnya hanya mengalami penyakit flu dua kali dalam 10 tahun sementara dewasa muda dan usia anak-anak lebih sering mengalami flu yakni sekali dalam dua tahun.

Lalu mengapa ada orang yang sering mengalami flu?

Meski dalam penelitian belum menjabarkan alasan pastinya, tetapi ada kesimpulan yang menyebut bahwa usia anak dan remaja justru lebih sering terinfeksi flu akibat banyak terpapar dari orang lain. Tak hanya itu, intensitas flu dapat terjadi sesuai riwayat yang sebelumnya telah dialami misalnya berapa banyak vaksin yang teah diberikan. Atau kadang gejala flu bisa sering dirasakan akibat infeksi virus lain yang menyerupai influenza yang mudah menular.

Bagaimana cara mencegah flu?

Cara pencegahan virus flu agar terhindar dari dampaknya bagi tubuh misalnya mengurangi kontak langsung dengan pengidap flu lainnya, jika sudah terkena maka lakukan istirahat cukup di rumah, menutup mulut dan gidung saat bersin atau batuk. Untuk tahap pencegahan lebih parah mencucu tangan lebih sering dengan air dan sabun. Serta hindari mengucek atau memegang mulut, mata atau hidung sebelum membersihkan tangan.

Apakah ada komplikasi?

Flu biasanya dapat sembuh tanpa komplikasi namun Anda harus tetap berhati-hati sebab system imun penderita akan menurun. Komplikasi yang bisa terjadi pada wanita hamil, orang yang rentan terkena flu, lansia atau bayi prematur. Sejumlah komplikasi yang umum terjadi seperti infeksi paru-paru, makin buruknya gejala flu, peningkatan gula darah pada penderita diabetes dan kelahiran prematur.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top