Olahraga

Bentuk Tubuh Dan Jenis Olahraga Yang Sesuai

Menginginkan berat badan tetap seimbang, proposional dan ideal adalah keinginan setiap wanita tiada tara. Menurunkan berat badan juga harus dilakuan

Menginginkan berat badan tetap seimbang, proposional dan ideal adalah keinginan setiap wanita. Menurunkan berat badan juga harus dilakuan dengan cara yang menyenangkan antara diet dan olahraga. Meski begitu, melakukan kedua program tersebut tidak sembarangan dilakukan, terlebih bagi orang yang memiliki bentuk tubuh. Yah ternyata ada kaitannya dengan bentuk tubuh dan jenis olahraga yang sesuai.

Sponsor: perawatan wajah

Seseorang dilahirkan dengan bentuk tubuh yang berbeda. Selain faktor genetik, perubahan bentuk tubuh juga diakibatkan karena polah hidup. Secara umum kita mengenal empat macam bentuk tubuh yaitu bentuk tubuh pir, apel, kacang dan hourglass atau bentuk V. Kaitannya dengan olahraga, ada faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih latihan sesuai bentuk tubuh. Berbedanya antara jumlah dan pola distribusi sel-sel, membuat mengapa masih banyak orang yang gagal menurunkan berat badan padahal olahraga yang ia lakukan sama dengan orang lain. Artinya tidak semua olahraga yang sama dapat membuat keberhaslan menurunkan berat badan pada setiap orang.

Kebanyakan wanita, umumnya memiliki dua jenis bentuk tubuh yang terbagi menjadi 2 yaitu upper body dan lower body. Upper body sering disebut bentuk tubuh apel atau tubuh bagian atas lebih besar. Kebalikan dari upper body, lower body adalah bentuk tubuh pir yang tubuh bagian bawahnya jauh lebih besar. Akibat dari berbedanya bentuk tubuh seseorang, maka menentukan jenis olahraga dapat membantu mengurangi jumlah lemak tubuh. Dan berikut jenis olahraga tepat yang bisa dilakukan bagi Anda pemilik bentuk tubuh berikut:

Bentuk Tubuh Dan Jenis Olahraga Yang Sesuai

1. Bentuk Tubuh Apel

Anda yang memiliki betuk tubuh apel cenderung memiliki tubuh bagian tengah seperti perut dan dada yang lebih lebar dibanding lengan dan kaki. Selain itu, mereka memiliki penumpukan lemak lebih banyak di bagian pinggang, yang membuat area tersebut lebih lebar. Bentuk olahraga yang tepat yaitu campuran antara kardio dan latihan lain seperti aerobik. Olahraga tersebut dapat membantu membakar lemak ldan membentuk tubuh langsing. Anda juga bisa memasukkan latihan lain seperti jogging, lari, dan climbing. Sedangkan untuk membentuk otot tubuh bagian bawah, bisa mencoba senam pilates dan latihan jongkok.

Bentuk Tubuh Dan Jenis Olahraga Yang Sesuai

2. Bentuk Tubuh Pir

Anda yang memiliki bentuk tubuh ini cenderung memiliki bentuk tubuh bagian bawah lebih lebar. Bagian paling terlihat yaitu pinggul, pinggang, bokong dan paha dimana banyak lemak menumpuk di area tersebut. Untuk mendapatkan postur tubuh lebih langsing, pastikan untuk membagi waktu olahraga 75% untuk tubuh bagian bawah, dan 25% untuk tubuh bagian atas. Anda pun bisa fokus pada latihan kardio, kekuatan dan bergerak. Beberapa bentuk latihan yang bisa membantu mengurangi penumpukan lemak di area tersebut adalah olahraga bersepeda, berjongkok, atau menekik lutut. Sementara latihan yang tepat untuk membentu tubuh bagian atas yakni push up atau latihan yang fokus untuk bahu dan, dada dan punggung lebih proposional.

Bentuk Tubuh Dan Jenis Olahraga Yang Sesuai3

3. Bentuk Tubuh Kacang (Angk 8)

Berbeda dari kedua bentuk tubuh diatas, bentuk tubuh ini memiliki pinggang yang ramping. Kedua bagian tubuhnya, atas dan bawah lebih lebar dimana lebah bahu hampir sama dengan pinggul sementara perut dan pinggangnya rata. Bagi sebagian orang, bentuk tubuh ini dianggap lebih ideal dan paling banyak diinginkan oleh wanita. Meski ideal, menjaga postur tubuh agar lebih langsing juga membutuhkan jenis olahraga yang fokur pada semua bagian tubuh. Bentuk latihan kardio, sepeda statis, berenang, jogging, lompat tali atau menekan bahu adalah olahraga yang ideal. Anda pun harus meningkatkan latihan yang dapat membangun kekuatan dan komposisi tubuh sekaligus fokus juga pada pembakaran kalori agar stamina, daya tahan tubuh dan kesehatan dapat meningkat secara menyeluruh.

Bentuk Tubuh Dan Jenis Olahraga Yang Sesuai

4. Bentuk Tubuh Hourglass (Jam Pasir)

Bentuk tubuh ini mirip dengan sosok jam pasir yang memiliki lengkungan di bagian atas dan bawahnya lebih kecil, atau menyerupai huruf V yang mengerucut ke bawah. Umumnya, orang dengan postur tubuh ini memiliki ukuran bahu yaitu 2-3 inchi lebih lebar dibanding pinggul. Postit ini kebanyakan dimiliki oleh kaum pria dimana menjadi salah satu postir yang dianggap ideal. Namun postir ini pun kadang kerap juga dimiliki wanita meski tidak terlalu banyak. Olahraga yang cocok bagi Anda pemilik tubuh ini yaitu dengan melakukan bentuk latihan kardio untuk membentuk pinggal lebih kecil ditambah juga latihan yang menekankan area kaki seperti jongkok dan menekuk lutut. Olahraga ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mempertahankan postur tubuh dan membakar lemak. Tambahkan juga latihan beban yang mampu membentu area punggung dan dada lebih ideal.

Bentuk Tubuh Dan Jenis Olahraga Yang Sesuai

5. Bentuk Tubuh Lurus 

Satu lagi bentuk tubuh wanita yang membuat Anda juga harus pandai memilih jenis olahraga agar dapat menjaga tubuh tetap proposional. Bentuk tubun kurus biasanya memiliki lemak yang rata-rata menyebar di area tubuhnya. Bentuk tubuh ini cenderung mirip pisang atau penggaris. Meski tidak membuat tubuhnya cukup berisi, namun tidak menutup kemungkinan mereka yang gagal melakukan olahraga teratur dapat juga membuat tubuhnya melebar. Meski tak memerlukan olahraga berat, untuk tetap mempertahankan tubuh ideal dan tetap adalah dengan melakukan jenis olahraga yang bisa membantu seperti latihan sit-up, squat atau yoga dasar.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top