Makanan Kesehatan

Benarkan Kopi Tidak Baik untuk Kesehatan?

Hampir dari kita semua menggemari kopi. Minuman yang kerap menjadi kudapan di pagi hari, guna menambah energy semangat sebelum beraktivitas seharian. Kopi juga sering diminum bagi yang sedang lembur karena di percaya dapat menghilangkan rasa ngantuk. Selain rasa yang unik—komposisi pahit dan manis—minuman hitam ini berguna pula menstimulus hormone dopamine. Tetapi benarkan di balik kegunaannya kopi tidak baik untuk kesehatan?

kopi tidak baik untuk kesehatan

Sponsor: kezia skin expert

Bagi orang yang sudah terbiasa minum kopi, pendapat tersebut menjadi sedikit masalah. Sebab tanpa kopi hidupnya akan kurang bersemangat. Kali ini kami akan coba mengulas kebenarannya. Apakah betul kopi berbahaya bagi tubuh. Sebelumnya mari kita simak kandungan-kandungan dalam kopi:

  1. Kafein

Senyawa kafein acap terdengar di telinga. Kopi memang identic dengan kafein. Kafein pula yang membikin kita sulit lepas dari kopi.

  1. Ethyphenol

Barangkali kita asing dengan zat ini. Peran ethyphenol di kopi yakni memberikan aroma khusus. Mirip dengan tar—dalam kandungan rokok.

  1. Quinic acid

Quinic acid memberi rasa asam pada kopi. Bisa saja dalam masing-masing kopi memiliki kadar quinic acid berbeda, sehingga rasa asam di tiap kopi pun berbeda. Dalam bidang kedokteran zat ini digunakan sebagai bahan obat flu.

  1. Dicaffeoylquinic Acid

Zat ini berfungsi sebagai zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Namun kadar oksidan dalam biji kopi tidak sebanyak tanaman obat lainnya. Kendati begitu minum kopi adalah suplayer anti oksidan yang paling banyak di konsumsi orang didunia

  1. Acetylmethylcarbinol

Zat ini adalah zat yang memberi rasa gurih kopi. Acetylmethylcarbinol banyak di temukan di mentega.

  1. Putrescin

Zat putrescin dihasilkan dari pembusukan bakteri E. COLI.

  1. Trigonelline

Zat ini berfungsi melindungi gigi, menjadi kuat dan tidak mudah berlubang, meski kopi menyabakan gigi menjadi hitam.

  1. Niacin

Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh. Senyawa niacin dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh—jika dosis kopi berlebihan

Dari kandungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa kopi sesungguhya terdapat kebaikan, pun bahaya kopi bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat minum kopi di antaranya

Sejumlah efek positif konsumsi kopi antara lain mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe-2.

  1. Mencegah terjadinya batu ginjal

Menurut para ahli yang telah melakukan penelitian terhadap kopi mengungkapkan bahwa seorang wanita yang konsumsi kopi 2-3 cangkir dalam sehari, secara tidak langsung bisa mengurangi 25% resiko terkedan batu ginjal. Hasil penelitian ini pula diperkuat oleh para ahli besar di dunia.

  1. Menurunkan resiko diabetes

Apabila anda mengkonsumsi kopi setiap hari, berarti anda turut menurunkan resiko terserang penyakit diabetes tipe 2.  Hal ini dasari sebab kandungan  asam klorogenik di dalam kopi mempunyai peran sebagai penyerap kadar gula pada sistem penceranaan tubuh. Zat tersebut pula berfungsi membantu proses pembentukan GLP-1, yang mana GLP-1 mampu meningkatkan insulin dalam tubuh.

  1. Mencegah kanker

Pasalnya menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, anda bisa mengurangi risiko terserang penyakit kanker dengan meminum 2-3 cangkir kopi dalam sehari. Adapun penyakit kanker yang dapat terminimalisir adalah kanker usus besar, kanker hati, serta kanker yang sering menyerang wanita.

  1. Mencegah penyakit jantung dan strok

Berdasarkan studi penelitian yang telah dilakukan kepada 83.000 wanita, bahwa wanita yang berusia 24 tahun keatas dapat meminimalisir terkena penyakit strok dan jantung hingga 19% dengan minum kopi sebanyak 2-3 cangkir secara rutin per hari.

  1. Melindungi hati dari sirosis

Kopi juga dapat melindungi hati dari sirosis, terutama pada serangan sirosis yang dikarenakan oleh kecanduan minuman keras.

Bahaya kopi bagi kesehatan                                              

  1. Meningkatkan asam lambung

Kopi memiliki tingkat keasaman yang lumayan tinggi. Maka sebabnya bila orang menimun kopi dengan dosis yang berlebihan, dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh kita. Selain itu orang tersebut akan sering mengalami kegelisahan

  1. Tekanan darah

Ternyata kandungan kafein di kopi juga dapat berdampak buruk, seperti adanya peningkatan denyut jantung yang memicu mengingkatnya tekanan darah pada sistem kardiovaskuler tubuh. Di samping itu jika dosis kafein berlebihan akibatnya pun tidak baik dalam tubuh kita. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Akan lebih baiknya imbangi kopi dengan banyak minum air putih.

  1. Menyebabkan insomia (susah tidur)

Dengan meminum secangkir kopi memang bisa mengusir rasa kantuk. Tetapi bila anda kerap mengonsumsi kopi, berhati-hatilah anda akan kesulitan dalam tidur

  1. Membuat gigi menjadi hitam

Terlalu sering minum kopi  tidak baik untuk gigi. Kopi dapat menyebabkan gigi kuning.

  1. Membuat bibir hitam

Kafein bisa menyebabkan bibir menghitam.

Bahwa kopi terdapat kebaikan dan dampak negative. Dampak negative terjadi jika konsumsi secara berlebihn. Selama kita masih konsumsi dalam batas wajar, minim terjadinya dampak negative tersebut. Coba perhatikan tubuh anda. Kalau anda sering merasa gelisah, berarti anda wajib mengatur banyaknya asupan minuman kopi harian. Seperti dilansir dari antaranews, bahwaahli kesehatan memberi rekomendasi hanya 400 miligram kafein per harinya. Itu setara dengan empat cangkir kopi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top