Gosip

Benarkah Smartphone Bikin Kecerdasan Kita Berkurang?

Benarkah Smartphone Bikin Kecerdasan Kita Berkurang?

Benarkah smartphone bikin kecerdasan kita berkurang? Mungkin Anda akan banyak bertanya atau bahkan terkejut jika mengetahui bahwa smartphone bisa membuat kecerdasan menurun. Namun apakah benar seperti ini?

Sponsor: pemutih wajah

Sangat sulit memang menghindari penggunaan smartphone atau telpon pintar di era modern saat ini. Begitu banyak hal yang mesti dilakukan sambil menggunakan gadget. Karena sesuai perkembangannya, handphone pintar itu memberikan banyak kemudahan untuk menunjang hidup, mendapatkan banyak informasi dan lain sebagainya.

Meskipun begitu, smartphone juga banyak dikaitkan dengan kesehatan manusia. Seperti menurunkan kemampuan penglihatan, kram otot karena terlalu sering menggunakan gadget, atau bahkan menyebabkan gangguan pada organ lainnya. Bahkan ada yang menyebut bahwa sinyal atau radiasi smartphone bisa mengganggu kemampuan pendengaran dan otak. Penelitian lain menyebut bahwa smartphone mampu mempengaruhi kinerja otak, membuat orang cenderung malas hingga mengurangi kecerdasan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Gordon Pennycook yang bekerja di Departemen Psikologi Universitas of Waterloo Kanada menyebut bahwa ada hubungan pemakaian smartphone dengan penurunan kecerdasan otak. Ungkapan Gordon menyebut bahwa benarkah smartphone memang berang mampu mengurangi kecerdasan atau tidak memang masih dipertanyakan dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sementara studi yang dipublis oleh jurnal Computers in Human Behaviour menjelaskan jika para peneliti telah melakukan penelaian terhadap gaya berfikir dari 660 pengguna gadget tersebut. Kemudian dari studi dapat dibandingkan antara pemikiran analitis dan intuitif. Mereka yang memiliki intuitif menunjukkan bahwa lebih senang menggunakan insting serta naluri saat membuat keputusan sedangkan para pemikir analitis lebih banyak menggunakan gagasan serta ide untuk memecahkan masalah.

Dari hasil terungkap bahwa para pemikir intuitif, akan sering memakai smartphone untuk mencari beragam informasi melalui mesin pencari. Para intuitif tersebut akan lebih aktih dan memilih samartphone untuk mendapatkan informasi ketimbang mengingat memori apa yang ada dalam otak mereka. Artinya mereka lebih senang mencari informasi tanpa harus repot-repot mengingat kembali.

Sama dengan penulis sekaligus peneliti bernama Nathaniel Barr yang menyebut bahwasanya manusia lebih senang menghindari cara untuk berusaha menyelesaikan masalah melalui cara berfikir dan lebih senang menggunakan smartphone. Alhasil apa yang didapat adalah rasa malas untuk berfikir dalam menyelesaikan masalah justru akan berdampak serius pada otak terutama mereka yang bertambahnya usia.

Banyak orang masa kini yang sulit melepaskan smartphone dari genggaman sehingga membuatnya jadi ketergantungan. Dan ketergantungan yang berlebihan justru membuat kecerdasan jadi menurun. Bagi Barr, kepercayaan masyarakat terhadap teknologi smartphone juga perangkat lainnya akan terus meningkat sepanjang waktu. Inilah salah hal yang sulit membuat masyarakat modern lepas dari perangkat tersebut.

Namun paling utama adalah bijak dalam menggunakan perangkat teknologi terutama telpon pintar yang perkembangannya tak akan pernah berakhir. Mulailah temukan jawaban baru dengan mengingat kembali melalui otak ketimbang mencari jalan pintas dari gadget. Karena cara inilah mampu meningkatkan kemampuan otak jadi lebih efektif.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top