Gosip

Benarkah Lupa Sahur Bisa Bikin Tubuh Lemas?

Benarkah lupa sahur bikin tubub lemas? Banyak dari kita yang sering begadang larut malam sehingga di pagi harinya telat bangun untuk sahur. Namun meski gara-gara tidak sahur, bukan jadi alasan untuk tidak melanjutkan ibadah puasa. Nyatanya, para ahli mengungkap bahwa masih ada cara yang bisa dilakukan agar menjaga tubuh tetap semangat meski lupa sarapan sahur.

Sponsor: pemutih wajah

Benarkah Lupa Sahur Bisa Bikin Tubuh Lemas

  1. Carilah sinar matahari atau nyalakan lampu

Mengapa harus mencari sinar matahari atau lampu? Ternyata menurut sejumlah penelitian, mendapatkan cahaya terang seperti sinar matahari bisa memberikan sinyal alami untuk tubuh supaya tetap terjaga. Tubuh pun bisa bekerja mengikuti jam biologis. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuka tirai atau jendela rumah dan biarkan cahaya masuk kedalam rumah Anda. Berjemurlah sejenak di bawah sinar matahari pagi dan nikmati kehangatan sinar masuk ke dalam tubuh Anda. Carilah lokasi dimana sinar cahaya dapat mengenai tubuh Anda, namun jika cuaca sedang mendung maka nyalakan lampu yang cukup terang.

Benarkah Lupa Sahur Bisa Bikin Tubuh Lemas

  1. Mandilah dengan air dingin

Tetnyata mandi dengan air dingin bisa jadi solusi meningkatkan aktivitas tubuh untuk melawan rasa lemas. Menurut studi jurnal Behavioral and  Brain Function, daru Inggris terungkap bahwa mandi dengan air dingin selama tiga menit bisa membuat tubuh melawan rasa lemas dan lesu. Cara ini bisa Anda gunakan saat sedang menjalankan puasa yang lupa makan sahur. Siapkan air dengan suhu 20 derajat Celsius dan bilaskan ke seluruh badan. Mandi dengan air dingin juga membantu menenangkan pikiran, menyegarkan wajah, dan membuat tubuh bebas lesu. Anda bisa mandi dengan air dingin namun bukan air yang sangat dingin.

Benarkah Lupa Sahur Bisa Bikin Tubuh Lemas

  1. Selingi pekerjaan dengan aktivitas fisik

Beberapa orang memang bisa merasakan lesu jika tidak mendapatkan cukup pasokan makanan menjelang waktu puasa. Bahkan jika tidak sahur, bisa mempengaruhi pada semangat kerja. Jadi usahakan untuk menyelingi pekerjaan Anda dengan aktifitas lainnya, seperti jalan-jalan disekitar kantor setelah duduk di kantor selama dua jam. Menurut penelitian dari University of  Georgia, memilih waktu olahraga ringan dapat membuat tubuh lebih bertenaga karena aliran darah lancar. Olahraga ringan di kala puasa, juga mencegah perasaan lapar akibat Anda lupa sahur.

Benarkah Lupa Sahur Bisa Bikin Tubuh Lemas

  1. Tidurlah siang  sebentar saja

Selama puasa, banyak aktifitas berat yang memang sengaja kita tinggalkan atau kurangi. Namun jika pekerjaan Anda menguras cukup banyak energi, maka sebaiknya luangkan waktu beristirahat sejenak. Cara ini bisa membantu mengembalikan tingkat konsentrasi bagi mereka yang lupa makan sahur. Mulailah dengan tidur siang sejenak selama 25 menit. Usahakan tidak lebih dari waktu tersebut sebab bisa menganggu jam biologis  tubuh yang akibatnya justru membuat kita lebih lesu. Untuk mencegah tidur berlebihan, bisa dengab memasang jam alarm supaya Anda tidak kebablasan tidur.

Benarkah Lupa Sahur Bisa Bikin Tubuh Lemas?

  1. Lakukan peregangan ringan kapanpun itu

Selama Anda melakukan pekerjaan yang menguras waktu seperti duduk lama di depan komputer sepanjang hari bisa membuat tubuh jadi malas bergerak. Alhasil tenagapun jadi berkurang. Oleg sebab itu, pilih alternative sederhana seperti peregangan ringan. Anda bisa lakukan peregangan ringan sambil duduk seperti memutar badan, memutar-mutar tangan dan kaki, memutar kepala dab sebagainya. Manfaat peregangan juga baik untuk mencegah otot kram dan kaku, serta terhindar dari cidera.

Benarkah Lupa Sahur Bisa Bikin Tubuh Lemas?

  1. Mendengarkan lagu favorit

Benar memang musik mampu membuat suasana hati jadi lebih tenang bahkan bergairah. Ketika perut Anda kemungkinan mulai keroncongan dan terasa lapar, maka usir perasaan itu dengan mendengarkan lagu-lagu yang Anda sukai. Lagu bisa membantu menengakan pikiran seperti yang dimuat dalam Journal of Music Therapy  bahwa memutar musik bisa membantu pikiran menjdi lebih  fokus, terjaga dan segar. Semakin baik fokus pikiran maka semakin bertenaga tubuh Anda.

Benarkah Lupa Sahur Bisa Bikin Tubuh Lemas?

  1. Carilah segala macam kegiatan yang menyenangkan

Selama puasa bukan berarti kita tak bisa lakukan kegiatan menarik dan menyenangkan. Terlebih pada jam-jam rawan lapar sebaiknya pilih kegiatan yang Anda senangi. Gunakan waktu luang atau waktu pulang kerja untuk bertemu dengan teman-teman. Cara ini dinilai efekti menghindarkan diri dari rasa lapar dan lesu karena sahur. Banyak aktifitas seru bersama teman yang bisa dilakukan seperti nonton film, jalan-jalan, pergi ke mal atau sekedar duduk di taman sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Demikian yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa lesu karena tidak makan sahur atau lupa sarapan sahur. Paling penting adalah pilih makanan sehat untuk buka puasa. Karena selama seharian Anda tidak dan minum, secara otomatis bisa membuat asupan energi berkurang banyak dan tubuh jadi kelelahan. Jadi sebagai andalannya, pilih menu berbuka dengan buah segar kaya fruktosa. Fruktosa akan membantu menggantikan total energi yang terkuras.

Jangan lupa untuk menghindari makanan yang kurang sehat dan sulit dicerna tubuh seperti gorengan dan makanan pedas. Dan ternyata memenuhi asupan berbuka dengan nutrisi yang baik juga bisa memberikan cadangan nutrisi untuk esok hari. Artinya, jika tiba-tiba Anda lupa sahur, maka cadangan energi yang masih tersimpan waktu berbuka bisa membantu tubuh aktif bergerak. Jadi apakah tidak sahur bisa membuat tubuh lemas, jawabannya tidak jika kita tahu cara menyiasatinya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top