Tips & Trik Parent

Begini cara tepat untuk mengatasi Anak yang Susah Makan

Salah satu hal yang sering terjadi pada anak-anak diusia balita bahkan hingga anak dibawah umur 10 tahun adalah anak yang susah makan dan mogok makan. Entah apa saja alasan yang mereka berikan untuk bisa berhenti makan dengan secepat dan sesering mungkin. Mulai dari gerakan menutup mulut hingga berteriak “kenyang” adalah cara-cara yang sangat lumrah untuk anak-anak dalam menolak makan.

Sponsored: dr rochelle skin expert

Begini cara tepat untuk mengatasi Anak yang Susah Makan

Alasan yang paling sering diterima oleh anak-anak yang menjadi susah makan dan bahkan hingga berhenti makan adalah ketika mereka mengkonsumsi makanan yang mereka rasa tidak enak dan tidak sesuai dengan keinginan mereka. Orang tua memang terkadang terlalu memaksakan kehendak untuk anak memakan makanan yang menurut mereka sehat namun menurut anak-anak menjadi tidak enak dan kurang enak untuk mereka. Namun, anak susah makan bukan berarti tidak bisa diatasi dengan berbagai cara yang sangat sederhana dan menakjubkan. Dengan beberapa tips yang tepat akan membuat anak-anak tidak berhenti makan dan justru bisa membuat mereka makan dengan lahap.

  • Libatkan keluarga

Untuk membuat si kecil menjadi terbiasa dengan berbagai jenis makanan, makan dengan melibatkan keluarga adalah cara yang paling tepat untuk dilakukan. Paling tidak, lakukan makan bersama dengan keluarga sehari sekali untuk mendapatkan suasana yang lebih akrab dan secara tidak langsung melatih anak untuk membuatnya terbiasa dengan berbagai makanan yang juga dimakan oleh keluarganya. Dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh orangtuanya maka anak-anak itupun akan meniru apa yang orangtua mereka makan, sehingga mereka akan mulai terbiasa dengan berbagai jenis makanan yang akan mereka konsumsi.

Selalu perlihatkan bagaimana anda dan keluarga bisa mengkonsumsi berbagai makanan dengan lahap dan merasa enak. Dengan memperhatikan orang tua ataupun anggota keluarga lainnya pasti anak akan merasa penasaran sehingga mereka akan mencoba apa yang keluarga mereka makan. Oleh karena itulah, pada saat mereka merasa penasaran mereka akan langsung mengkonsumsi makanan yang keluarga mereka konsumsi juga.

  • Situasi makan yang menyenangkan

Untuk membuat anak menjadi lebih nyaman ada baiknya untuk juga menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat makan. Jika anak memang terlihat sangat bosan dengan beragam jenis masakan yang anda buat ada baiknya untuk membuat varian makanan yang berbeda supaya anak merasa tertarik dan penasaran dengan makanan yang akan mereka konsumsi. Misalnya saja wortel yang bisa dipotong menjadi beraneka ragam, pilihan warna yang menarik pada makanan dan tempat makan sesuai dengan kesukaan mereka. Hal ini tentu akan membuat mereka menjadi merasa menyenangkan dan tertarik dengan makanan yang akan mereka konsumsi.

Situasi saat makan pun juga bisa anda lakukan saat mereka bermain ataupun sedang melakukan hal-hal yang mereka sukai. Dengan menyelipkan akvitias makan pada saat melakukan aktivitas yang mereka senangi tentu akan membuat mereka merasa menyenangkan dan tidak akan merasa bosan dengan aktivitas makan. Jangan sampai mereka merasa bosan dengan makanan sebab hal ini bisa membuat mereka tak mau lagi untuk mengkonsumsi makanan mereka.

  • Jangan dipaksakan

Jika mereka sedang merasa benar-benar tidak mau makan dan benar-benar melakukan penolakan ada baiknya untuk sedikit menunda waktu makan mereka. Jangan sampai anda hingga memaksakan mereka untuk mengkonsumsi makanan yang sudah anda siapkan. Misalnya saja anda sampai mencekoki dan memaksa makanan sampai masuk kemulut mereka. Hal ini tentu akan sangat menakutkan bagi mereka dan bahkan mereka jadi semakin takut dan tak mau makan lagi.

Menuruti kemauan mereka hingga mereka benar-benar membutuhkan makan adalah cara yang paling tepat  untuk membuat mereka tidak jera untuk makan. Dengan memaksa hingga membuat mereka menangis tentu justru akan menjadi satu hal yang buruk untuk mereka ingat. Jika sekali saja terjadi hal ini tentu akan meninggalkan rasa takut, malas dan tidak mau lagi untuk makan. Jadi, lebih baik tunggu dan rayu dengan lembut supaya mereka mau makan dan jangan pernah terlalu memaksa.

  • Makan tanpa pamrih

Ada sebagian orangtua dimana anak yang sudah terlalu malas dan tidak mau untuk makan mengeluarkan cara dengan makan diganti dengan hadiah. Misalnya saja apabila anak makan mereka akan menyiapkan hadiah mulai dari cokelat dan berbagai hadiah lainnya. Hal ini tentu harus menjadi cara yang sangat dihindari sebab jika satu kali saja anak merasa terus selalu diiming-imingi justru akan membuat mereka menjadi tidak mau untuk makan melainkan hanya ingin mencari hadiah. Paling tidak, mereka hanya akan makan beberapa sendok saja dan tidak akan mengkonsumsi makanan mereka lagi.

  • Usaha terus dan sabar

Membujuk anak untuk bisa terus makan dengan tepat waktu dan dalam porsi yang banyak memang membutuhkan satu usaha khusus. Anak tak bisa dipaksanakan tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Asalkan sabar dan tlaten maka nafsu makan anak yang hilang pun akan hilang dan mereka menjadi lebih nafsu untuk makan. Jangan bosan untuk terus berusaha dengan cara yang baru dan berinovasi dengan berbagai makanan yang baru akan sangat bermanfaat untuk membuat anak menjadi lebih suka makan.

Berbagai tips diatas adalah cara yang bisa digunakan untuk orangtua yang ingin membuat anak mereka kembali makan dan bisa hidup dengan lebih sehat. Tidak mau makan memang menjadi hal yang sangat lumrah, bahkan penolakan-penolakan untuk berbagai hal kecil seperti mandi hingga minum susu juga terkadang mereka tolak. Dengan melakukan beberapa tips diatas pasti akan langsung membuat anak kembali mau untuk makan dengan lahap.

 

Baca juga: Hal Penting yang harus Di Siapkan untuk Quality Time bersama Keluarga

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top