Parenting Info

Begini 5 Cara Mudah Meningkatkan nafsu makan anak

Masalah utama yang sering mengganggu pada saat masa tumbuh kembang anak adalah menurunnya nafsu makan dari anak. Padahal pada saat-saat masa pertumbuhan, si kecil harus benar-benar mendapatkan asupan berbagai makanan yang tepat dan dalam jumlah yang mencukupi. Jika hal ini tidak bisa dilengkapi tentu akan menimbulkan hal yang kurang baik seperti tidak lancarnya pertumbuhan anak ataupun anak yang menjadi sering sakit.

Sponsored: cream pemutih wajah

Begini 5 Cara Mudah Meningkatkan nafsu makan anak

Meskipun membujuk anak untuk makan bisa menjadi hal yang sulit, namun dengan berbagai cara Meningkatkan nafsu makan anak yang tepat tentu akan membuat anak menjadi bisa lebih meningkatkan nafsu makan yang memang sangat penting untuk si kecil. Ada berbagai factor yang menyebabkan kenapa anak bisa menjadi kurang nafsu untuk makan baik itu dikarenakan anak yang terlalu pemilih dalam memilih makanan ataupun karena anak memang kurang nafsu dengan makanan yang sediakan. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menerapkan beberapa hal berikut ini untuk menjadi cara untuk meningkatkan nafsu makan anak.

  1. Ajak Anak Mengenal Makanan

Masalah utama ketika anak sudah mulai bisa memakan berbagai jenis makanan adalah anak akan bisa memilih manakah makanan yang mereka sukai dan tidak. Indera pengecap yang juga begitu kuat juga akan membuat mereka bisa membedakan makanan mana yang mereka sukai dan tidak. Makanan jenis sayur biasanya menjadi makanan yang tidak disukai oleh anak sehingga mereka akan menjadi mengurangi porsi makan dan mereka akan tidak mau untuk makan lagi. Oleh karena itulah, untuk tidak menimbulkan dan membuat mereka akan terus menerus tidak mau makan sayur-sayuran ada baiknya untuk ibu memberi pengertian tentang berbagai manfaat dari makanan yang mereka tidak sukai. Beri saja cerita-cerita yang menarik pada setiap sayuran yang sudah pasti akan membuat mereka tertarik dan mereka jadi mau untuk mengkonsumsi makanan yang tadinya mereka tidak inginkan.

  1. Makanan Mengandung Vitamin B dan Zinc

Vitamin B dan Zinc menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membuat anak mendapatkan kembali nafsu makan mereka yang hilang. Kedua vitamin ini adalah makanan yang bisa memunculkan kembali nafsu makan mereka yang hilang kemudian kembali lagi dan mendapatkan kembali nafsu makan. Makanan yang mengandung nutrisi ini adalah telur, daging domba, kacang-kacangan, brokoli, lobak, alpukat, jamur dan berbagai bahan lainnya.

  1. Berikan Makanan Berbentuk Unik dan Lucu

Anak akan sangat tertarik dengan makanan yang memiliki tampilan dan juga warna-warna yang lucu. Jika anda ingin membuat anak kembali tertarik dan memiliki nafsu makan yang kembali, anda bisa menggunakan cara ini dalam membuat makanan yang anak konsumsi. Pastikan juga jika makanan yang anda buat mengandung beragam jenis nutrisi yang tentu akan sangat dibutuhkan oleh anak. Dengan begitu maka anda bisa membuat anak tertarik dan bisa membuat anak kembali tertarik dengan makanan yang mereka konsumsi

  1. Selang Seling Makanan

Untuk membuat anak semakin tertarik dengan makanan yang akan mereka konsumsi, anda bisa membuat jadwal tersendiri setiap makanan yang ingin anak konsumsi. Misalnya saja, anak sesehari mengkonsumsi makanan dengan warna hijau, berikutnya warna orange, berikutnya lagi warna putih dan seterusnya. Tentu hal ini akan sangat berguna untuk membuat anak tidak merasa bosan dan mereka pun akan tetap mendapatkan nafsu makan yang tinggi.

Membuat anak kembali memiliki nafsu makan yang tinggi memang bukan perkara yang mudah. Anda harus benar-benar melakukan beberapa cara untuk membuat mereka kembali tertarik dengan segala makanan yang mereka konsumsi. Dengan berbagai cara yang tepat tentu membuat anak makan dengan banyak demi tumbuh kembang bukan hal yang mustahil.

 

Baca juga: Cara mengatasi cacar anak yang tepat dan cepat

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top