Travelling

Beberapa Tujuan Dan Destinasi Wisata Di Tanah Papua

Wisata Di Tanah Papua  – Keeksotisan papun memang sudah tidak diragukan lagi. pulau yang berada pada bagian paling timur dari negara kita ini sudah menjadi perhatian di dalam negeri bahkan hingga mancanegara. Di pulau yang memiliki kekayaan emas dan tambang yang dianggap terbesar di dunia itu memang dikenal dengan kekayaan alamnya yang indah pula. Di papua ada banyak wisata bahari yang unik dan menyajikan petuaalangan yang beragam bagi para wisatawan.

Wisata Di Tanah Papua

Sponsor : perawatan wajah terbaik

Kekayaan alam di papua memang tidak ada tandingannya dari segi keindahan. Budaya masyarakat di sana juga masih alami dan dilestarikan dengan baik oleh masyarakatnya. Sehingga hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke sana dan ingin mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat asli di sana. Dan hal-hal itulah yang membuat papua kian diminati untuk jadi tujuan wisata. Jika anda ingin berlibur ke papua, ada beberapa tempat indah yang bisa anda datangi. Apa saja itu, berikut penjelasannya :

  1. Danau Sentani

Danau sentani ini merupakan danau yang indah dan sangat alami. Danau ini berposisi di bawah lereng pegunungan Cagar Alam Cyclops. Cagar alam ini sendiri memiliki luas sekitar 245.000 ha. Sedangkan danau Sentani mempunyai luas hingga  9.360 ha dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Dan dinobatkan sebagai  danau terluas di Papua. Pada bulan juni, ada banyak wisatawan dan turis dari berbagai daerah yang ramai berkunjung setiap tahunnya. Karena pada bulan juni ini jugalah di  Danau Sentani mengadakan Festival yang didalamnya anda bisa berkeliling danau serta berkunjung ke 21 pulau kecil di sekitaran area danau.

Di sana juga anda bisa menikmati tarian-tarian adat Papua, dan anda bisa melakukannya di atas perahu.  Bisa juga menyaksikan upacara adat seperti penobatan Ondoafi dibarengi dengan menikmati sajian berbagai kuliner khas Papua. Di Danau Sentani yang masih asri, anda bisa melihat spesies ikan tawar yang merupakan endemik danau sentani yaitu ikan gabus danau sentani, ikan pelangi merah, ikan pelangi sentani, dan hiu gergaji. Dan masih ada sekitar 30 spesies ikan tawar lainnya yang hidup di danau sentani.

 

  1. Raja Ampat

Raja ampat adalah sebuah kepulauan yang banyak dikunjungi turis karena keindahannya. Letak dari kepulauan ini adalah berada di Barat Pulau Papua. Di kepulauan Raja Ampat ini ada beberapa Pulau Indah, dan kalau tidak salah jumlahnya bahkan mencapai sekitar 610 pulau. Dari banyak pulau itu, empat di antaranya bernama Pulau Misool, Batanta, Waigeo, Salawati. Pulau-pulau itu termasuk pulau besar. Dan dari ratusan pulau, ada hanya 35 pulau yang berpenghuni.

Tujuan wisata di  raja ampat sendiri, yang paling terkenal adalah wisata Terumbu Karang dan Biota laut. Karena di sana ada begitu banyak biota laut yang beranekaragam. Da banyak penyelam dari seluruh dunia yang datang ke papu hanya untuk menyelam di raja ampat. Di raja ampat, anda dapat melihat dan menikmati keindahan terumbu karang, yang mana 75%nya adalah merupakan populasi dari terumbu karang dunia.

 

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional ini memiliki luas kurang lebih 1.453.500 hektar, yang terletak di Kabupaten Wondama dan Kabupaten Nabire.  Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah kawasan konservasi laut yang terbesar di Indonesia. Dengan wilayah yang luas, Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki berbagai jenis binatang laut yag sangat beragam dan luar biasa.di Taman Nasional Teluk Cendrawasih diperkirakan memiliki 206 jenis ikan dan 196 jenis moluska.

Ada wisata menyelam di Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang mana anda akan bisa menikmati keindahan bawah lautnya, dan berinteraksi dengan berbagai makhluk hidup di dalamnya. pulau Mioswaar, pulau Yoop, dan pulau Numfor adalah sedikit dari beberapa pulau kecil di sekitar Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Jadi jika anda datang ke papua, jangan lupa untuk mengunjungi kawasa taman nasional ini.

  1. Pantai Patawana

Pantai ini begitu indah karena memilliki pasir putih yang luas dan air lautnya jernih dan bersih. Pantai Patawana bisa ditemukan di Desa Kotam, Distrik Fak Fak Timur, Kabupaten Fak Fak, Provinsi Papua Barat. Di sepanjang bibir pantainya, ada barisan pohon kelapa yag sangat banyak, dan membuat para wisatawan ingin mengunjunginya. Kawasan pantai ini memiiki eksosistem yang masih asri dan terjaga. Anda masih bisa menemukan dan melihat banyaknya burung liar yang beterbangan di sekitar kawasan pantai. Terumbu karang dan berbagai jenis ikan di dalam lautnya juga masih terjaga dengan baik. Sehingga dengan adanya terumbu karang yang indah itu, maka anda bisa melakukan kegatan snorkeling ataupun diving di sekitar kawasan dari pantai ini.

  1. Taman Nasional Lorentz

Taman nasional ini dinamakan lorentz karena memang ditemukan oleh Hendrikus Albertus Lorentz, yang merupakan penjelajah asal Belanda. Dia menemukan taman nasional itu saat melakukan perjalanan ekspedisi pada tahun 1909. Dan sebagai penghormata, maka Taman Nasional ini diberi nama Taman Nasional Lorentz. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 2,4 juta hektar, dengan luas kawasan sebesar itu, maka  taman nasional ini menjadi Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman Nasional Lorentz ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Warisan Dunia.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top