Rambut ku

Beberapa Penyebab Rambut Rusak

Beberapa Penyebab Rambut Rusak

Salah satu masalah yang sering dialami wanita adalah masalah rambut rusak. Sebagai wanita kita dituntut untuk selalu berpenampilan dengan baik dari atas sampai bawah, tanpa terkecuali rambut. Rambut yang rusak akan sangat mengganggu anda dan membuat penampilan anda kurang maksimal. Sebenarnya,tanpa anda sadari hal-hal yang sering anda lakuakan pada rambut malah justru membuat rambut anda rusak. Berikut ini beberapa beberapa penyebab rambut rusak :

sponsor: kezia skin expert.

  1. Menyisir Rambut Saat Basah.

Rambut yang basah 3 kali lebih rentak mengalami kerusakan. Menyisir rambut daat basah dapat membuat rambut anda mengalami kerontokan. Penggunaan sisir rambut yang salah juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Apabila anda mengalami hal ini cobalah untuk memakai sisir rambut yang memiliki gigi renggang. Atau anda juga bisa menyisir rambut dengan jari-jari anda saja.

  1. Mengeringkan Rambut Dengan Menggunakan Handuk.

Anda mungkin seringkali mengeringkan rambut anda yang basah dengan cara menggosok-gosokan handuk pada rambut anda. Namun hal ini justru dapat merusak rambut anda,karena terjadinya gesekan antara rambut dan handuk anda. Akan lebih baik jika anda membiarkan rambut anda kering dengan sendirinya jntuk menghindari kerusakan pada rambut.

  1. Terlalu Sering Keramas.

Terlalu sering keramas apalagi sampai setiap hari dapat membuat kulit kepala dan rambut anda menjadi kering. Apabila anda mengalami masalah rambut berminyak saat anda tidak keramas anda dapat mengaplikasikan shampo pada kulit kepala anda. Pengaplikasian shampo pada kulit kepala juga dapat membuat kulit kepala lebih sehat dan dapat menstimulasi akar rambut. Jika anda menginginkan rambut yang bervolume anda bisa menggunakan kondisioner pada batang rambut anda agar rambut terlihat lebih bervolume.

  1. Sering Menggunakan Alat Yang Menghasilkan Udara Panas.

Penggunaan alat yang menghasilkan udara panas dalam penataan rambut dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut. Contohnya hair dryer,jika anda menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut,pakailah dengan jarak 5 inci dari rambut. Hal ini dilakukan agar panasnya tidak membakar rambut anda dengan cepat. Jika anda sangat membutuhkan alat tersebut dalam menata rambut,gunakanlah dengan suhu yang paling rendah untuk mengurangi akibat pemakaiannya pada rambut. Dalam menggunakan hair dryer pastikan anda mengeringkan rambut anda secara sempurna,karena rambut yang setengah basah masih dapat berubah menjadi bentuk lainnya atau menjadi keriting.

  1. Menguncir Rambut

Menguncir rambut terlalu sering terutama apabila anda menguncir kuda rambut anda maka dapat mengakibatkan akar rambut tertarik,apalagi saat anda mengikatnya terlalu kencang sehingga menimbulkan rasa sakit. Terlebih saat anda menguncir rambut anda saat tidur. Apabila dilakukan terus menerus maka rambut anda akan mudah sekali mengalami kerontokan,dan akan merusak rambut anda.

  1. Menggunakan Hair Spray.

Menggunakan hair spray pada rambut yang belum ditata dengan hair dryer atau catokan dapat membuat rambut anda rusak dan mengering. Hal ini juga dapat mengakibatkan kritingan atau catokanmu tidak jadi. Maka dari itu gunakanlah hair dryer atau catokan atau pengriting rambut anda terlebih dahulu barulah anda bisa menggunakan hair spray.

  1. Sering Menggonta-ganti Warna Rambut.

Pewarna rambut mengandung zat kimia yang sangat berbahaya bagi rambut. Jika anda ingin mewarnai rambut akan lebih baik jika anda melakukan konsultasi dengan ahlinya dan sering-seringlah melakukan perawatan rambut.

  1. Membiarkan Rambut Bercabang.

Rambut yang bercabang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Rambut yang bercabang juga dapat mengurangi keindahan rambut anda. Untuk mengatasinya anda bisa pergi ke salon untuk melakukan perawatan,atau anda juga bisa memotong ujung-ujung rambut anda yang bercabang tersebut. Sehingga penampilan rambut anda akan senantiasa maksimal.

  1. Tidak Menggunakan Kondisioner.

Kondisioner merupakan salah satu komponen yang penting dalam merawat rambut. Shampo yang anda gunakan hanya dapat membersihkan rambut anda,tidak untuk menghaluskan rambut. Menggunakan kondisioner dapat membatu menjaga kelembutan,kelembaban,dan memudahkan dalam penataan rambut. Pastikan anda memilih kondisioner yang fepat dan sesuai dengan kondisi rambut anda,agar hasil yang anda harapkan dapat anda capai dan anda dapat mencegah kerusakan pada rambut anda.

  1. Tidak Memotong Rambut Secara Rutin.

Memotong rambut secara rutin dapat membantu mengurangi resiko kerusakan rambut. Tudak harus melakukan perubahan keseluruhan rambut anda,namun anda juga bisa hanya mengubah arah poni anda saja. Memotong rambut secara rutin juga dapat membuat penampilan anda selalu terlihat lebih fresh dan selalu tampil baru.

  1. Tidak Mengoleskan Vitamin Pada Rambut.

Tidak mengoleskan vitamin pada rambut juga merupakan salah satu hal yang dapat merusak rambut anda. Karena bukan hanya tubuh kita yang memerlukan vitamin tapi rambut kita juga memerlukannya. Vitamin rambut dapat menghaluskan rambut anda dan membuatnya mudah ditata. Anda tentu tidak mau merasa kesal karena rambut anda sangat susah ditata. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengoleskan vitamin pada rambut anda. Ini juga dapat menghemat waktu anda agar anda tidak terfokus untuk menata rambut saja.

Nah itulah beberapa penyebab rambut rusak. Selalu rawatlah rambut anda dengan baik agar penampilan anda dapat selalu terlihat maksimal. Dan jangan terlalu stres dalam memikirkan masalah karena itu dapat memicu pertumbuhan uban pada rambut. Tentu anda tidak mau teman-teman atau saudara anda menyebut anda sudah tua karena adanya uban pada rambut anda. Hal itu dapat mengurangi rasa percaya diri anda tentunya. Baiklah,sampai disini pembahasan mengenai penyebab rambut rusak. Nantikan pembahasan selanjutnya ya..

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top