Olahraga

Bebas Keriput Dengan Olahraga Sederhana Ini

Ternyata ada cara yang bisa buat wajah bebas keriput dengan olahraga sederhana yoga. Yoga adalah jenis olahraga yang masuk dalam kategori senam kesehatan. Yoga bukanlah olahraga asli yang berasal dari Indonesia akan tetapi berasal dari India. Di negeri asalnya yoga sudah sangat populer dan dapat dilakukan oleh siapa dan kapan saja.

Sponsor: pemutih wajah

Layaknya olahraga Thai Chi, yoga adalah gerakan sederhana yang dilakukan untuk melemaskan otot serta membentuk kelenturan tubuh. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam yoga akan membuat otot menjadi lebih lentur dan juga menyehatkan tulang dan persendian. Selain bermanfaat bagi kesehatan beberapa gerakan pada yoga juga dipercaya dapat membuat Anda menjadi awet muda yang akan menumpas kerutan di wajah.

Cara melakukan gerakan yoga untuk menghilangkan kerutan

Bebas Keriput Dengan Olahraga Sederhana Ini

1. Menjauhkan Bahu Dari Telinga

Pose pertama yang dapat Anda lakukan ketika melakukan yoga agar awet muda adalah dengan menjauhkan bahu dari telinga. Gerakan ini sangat efektif membuat badan lebih segar karena mampu mengatur otot lebih rileks terutama otot bagian kepala, lehel dan membantu merangsang otot wajah. Gerakan ini juga melatih otot bahu ke wajah supaya tidak kaku.

Cara melakukan:

Caranya adalah dengan memutar-mutar bahu ke depan dan ke belakang menjauhi telinga. Cara tersebut sangatlah bermanfaat membuat otot-otot yang menyambung dari bahu ke wajah menjadi tidak kaku. Otot yang kaku pada wajah dapat membuat wajah menjadi cepat mengalami keriput atau penuaan dini. Selain itu otot yang mengencang juga dapat menghasilkan lipatan-lipatan pada wajah sehingga membuat Anda terlihat menjadi lebih tua. Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang dan rutin agar otot penghubung wajah dan bahu tidak mengencang.

Bebas Keriput Dengan Olahraga Sederhana Ini

2. Yoga Wajah (Facial Massage)

Facial massage dapat merangsang saraf, aliran darah dan kolagen pada kulit wajah. Melakukan pemijatan pada wajah atau dikenal dengan istilah facial massage adalah kegiatan memijit-mijit permukaan wajah. Hal ini bertujuan untuk mengencangkan permukaan kulit pada wajah. Kulit wajah yang kendur dapat menyebabkan berbagai masalah pada wajah seperti keriput, munculnya garis-garis halus, hingga munculnya lipatan pada wajah. Selain dapat mengencangkan kulit wajah, ternyata facial yoga atau yoga wajah ini juga dapat juga mencerahkan kulit, membuatnya lebih cerah, sekaligus membuatnya tampak lebih muda.

Cara melakukan:

Gerakan yoga pada wajah ini bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya dengan memijit-mijit lembut seluruh bagian wajah diikuti dengan menarik pipi dan alis. Manfaatnya akan membuat kulit tetap kencang. Gerakan facial yoga lainnya yaitu dengan gaya wajah terkejut, caranya buka mata lebar dan tahan beberapa detik. Kedua gaya pipi kodok mengambil angin dalam mulut dan biarkan pipi mengembung, lanjutkan dengan buang nafas perlahan. Ketiga gaya burung gagak, yaitu dengan mengedipkan mata sebanyak mungkin. Keempat gaya wajah boneka, yaitu dengan gerakan senyum selebar mungkin selama 2 menit dan diikuti dengan memijat lipatan senyum antara pipi dan hidung.

Bebas Keriput Dengan Olahraga Sederhana Ini

3. Menjulurkan Lidah (Lion Breath)

Menjulurkan lidah merupakan salah satu gerakan yoga yang bermanfaat untuk membuat Anda menjadi awet muda. Walaupun terlihat seperti permainan anak kecil dan terlihat sepele menjulurkan lidah sangatlah bermanfaat bagi kesehatan wajah. Gerakan ini memberikan sedikit rasa tegang di area wajah karena harus memaksa lidah keluar yang membuat otot wajah menjadi lebih kencang karena tarikan.

Cara melakukan:

Cara melakukannya gerakan lion breath adalah dengan menjulurkan lidah semaksimal mungkin dan menahannya hingga 5-7 detik lamanya. Dengan menjulurkan lidah akan membuat otot dan kulit pada wajah tertarik ke bawah, sehingga jika rutin dilakukan maka wajah yang kencang bukanlah hal yang mustahil lagi.

Bebas Keriput Dengan Olahraga Sederhana Ini

4. Latihan Pernafasan (Sheetali Pranayama)

Latihan pranayama dalah salah satu bentuk latihan mengendalikan pernapasan yang sudah lama dipakai sejak dulu. Menurut penelitian, latihan ini dapat meringankan penyakit asma, mampu mengatasi stres dan kecemasan. Latihan pernafasan juga mampu membuat wajah awet muda, dikarenakan latihan pernafasan yang rutin dilakukan dapat menstabilkan dan mengontrol sistem saraf otonom yaitu saraf yang terdapat pada wajah. Jika saraf pada wajah terkontrol maka resiko mengalami penuaan dini dapat diminimalisir.

Cara melakukan:

  • Pernafasan melalui sela-sela gigi. Latihan pernafasan ini dapat dimulai dengan mengambil nafas melalui sela-sela gigi. Cara melakukan hal ini adalah dengan mulut yang terbuka seperti sedang tersenyum dan merapatkan gigi setelah itu Anda dapat menarik nafas melalui mulut. Kondisi gigi yang saling merapat dan tidak ada ruang yang terbuka maka secara otomatis udara yang masuk kedalam tubuh akan melewati sela-sela gigi.

Bebas Keriput Dengan Olahraga Sederhana Ini

  • Bhastrika Pranayama atau pernapasan Bellows dengan cara tariklah napas dalam-dalam melalui lubang hidung sambil merasakan diafragma bergerak ke bawah, dan biarkan paru-paru dan perut mengembang hingga tulang selangka bergerak naik. Kemudian buang nafas cepat melalui lubang hidung dan ulangi beberapa kali.

Bebas Keriput Dengan Olahraga Sederhana Ini

  • Anuloma Viloma Pranayama disebut juga pernafasan menggunakan lubang hidung secara bergantian. Caranya dengan tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari, sambil menarik nafas dan hembuskan kembali. Ulangi langkah yang sama pada lubang hidung yang satunya.

Bebas Keriput Dengan Olahraga Sederhana Ini

  • Bahya Pranayama atau pernafasan luar adalah teknik bernafas dengan mangambil udara melalui hidung dan membuangnya secara kuat. Lanjutkan dengan menyentuh dagu ke dada sambil menarik masuk udara dan tekan. Kemudian angkat dagu dan tarik udara lagi dan hembuskan.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top