Gaya Hidup

Bahaya Tidur Dengan Ponsel

Ponsel pintar atau biasa disebut dengan nama lain smartphone ini pasti sudah banyak  yang memilikinya. Selain daripada itu, barang ini seolah olah telah menjadi partner setia yang selalu menemani aktivitas di dalam kehidupan kita sehari hari bahkan telah menjadi primadona di kalangan para remaja era sekarang. Barang ini pun telah menemani kehidupan kita, mulai dari bangun dari tidur, pagi hingga saat makan pun biasanya kita juga bersama dengan ponsel kita, bahkan juga saat kita akan melakukan istirahat malam atau tidur, gadget satu ini sering ada di dekat kita. Tanpa disadari, ponsel ini telah menjadi sahabat karib kita yang tak akan sekali pun lepas dari genggaman tangan.

Tak hanya itu, kita pun bisa dibuat khawatir jikalau ponsel tersebut tertinggal di rumah atau dimanapun, dan kemana pun pergi, ponsel harus selalu menemani. Akhirnya, smartphone ini telah menjadi salah satu kebutuhan essensial di kalangan masyarakat modern saat ini. Saking pentingnya, smartphone tidak bisa jauh-jauh dari pemiliknya, baik untuk kebutuhan mengirim dan menerima pesan, membantu pekerjaan atau aktivitas di sosial media, serta kebutuhan aplikasi lainnya seperti alarm, kalender, kalkulator, dan lainnya. Imbas negatif berikutnya adalah pola aktivitas tidur bersama ponsel dengan jarak yang cukup dekat bahkan sangat dekat sekali.

Bahaya Tidur Dengan Ponsel

Bahaya tidur dengan ponsel akan senantiasa mengintai para pengguna setianya. Ternyata kebiasaan seperti ini akan dapat merugikan diri kita sendiri terutama berhubungan dengan kesehatan tubuh. Terdapat hasil riset bahwa sinyal yang dipancarkan oleh sebuah smartphone, dapat mempengaruhi fungsi dari organ dalam tubuh, dan jika kita sering terkena paparan sinyal radiasi tersebut dengan intensitas yang sering maka dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa diakibatkan apabila kita sering terpapar oleh radiasi ponsel :

  • Pusing kepala

Radiasi yang dipancarkan oleh sebuah ponsel tersebut sudah tidak bisa dianggap remeh. Dalam taraf yang ringan gelombang rF yang timbul dari sebuah perangkat ponsel ini akan membuat kita cukup pening, pusing, lemah lesu bahkan menyebabkan sakit kepala .

  • Kelelahan

Bahaya dari paparan radiasi ponsel ini adalah kelelahan. Hal ini masih ada sangkut pautnya dengan kualitas tidur yang rendah, contohnya di saat organ otak mempunyai respon untuk mengistirahatkan tubuh, akan tetapi kita memaksakan untuk tetap bermain ponsel, maka keesokannya pasti memiliki kegiatan yang sama dengan sekarang. Kebiasaan ini menyebabkan lama kelamaan tubuh kita akan merasa kelelahan.

  • Gangguan metabolisme

Dampak dari radiasi ponsel sendiri pun juga membuat proses dari metabolisme yang terdapat di dalam tubuh kita akan kurang maksimal. Saat tidur pun tubuh akan melakukan kegiatan metabolisme. Jika tubuh mendapatkan radiasi smartphone, maka proses ini akan mempengaruhi tubuh yang beristirahat. Adanya radiasi ponsel dengan volume yang banyak, menyebabkan metabolisme tubuh akan menggalami gangguan.

  • Mata lelah

Meskipun terlihat sebagai kegiatan yang biasa saja, menggunakan smartphone terlalu lama berhubungan dengan kerja otot mata. Mungkin aktivitas ini biasa terjadi ketika kita berada di atas ranjang tidur, saat beranjak beristirahat tetap mengutak-atik smartphone, dan posisi ponsel berada tepat persis di atas kepala akan membuat mata lelah. Efek jangka panjang adalah menimbulkan cacat mata, misalnya mata minus, presbiopi.

  • Tidur tak berkualitas

Walaupun tidur dengan jangka waktu yang lama, tak menjamin kesehatan jika tidur tidak berkualitas. Maksudnya, tidur dengan lelap dan pada saat bangun dapat mengobati rasa lelah. Smartphone yang menyala dekat dengan penggunanya menyebabkan tubuh mudah terjaga, baik karena adanya notifikasi, atau radiasi layar.

  • Tumor otak

Radiasi ponsel dapat memicu pertumbuhan dari sel neoplasma yang berakibatkan regenerasi sel yang berjalan tidak pada mestinya. Meskipun sejatinya tumor otak itu menyerang orang dewasa yang masih produktif, namun hal ini pun juga dapat menyerang anak anak jika kita tidak mengantisipasinya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top