Kulit ku

Bahaya Polusi Dan Sinar UV

Bahaya Polusi Dan Sinar Uv

Polusi merupakan hal yang sering kali kita jumpai. Bukan hanya mengganggu pernapasan dan membuat mata menjadi perih, polusi juga sangat tidak baik bagi kesehatan apalagi bagi kulit. Kulit kita seringkali terkena berbagai macam asap kendaraan bermotor sperti bus, motor, mobil dan juga sengatan sinar matahari. Belum lagi paparan sinar UV yang pasti sangat berbahaya bagi tubuh. Sinar UV terbagi menjadi dua macam yaitu UVA dan UVB. Sinar UVA menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kulit. Kulit akan menjadi keriput,menua,dan dapat mingkagkan resiko kanker kulit. Sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar, katarak dan juga dapat menyebabkan kanker kulit. Meskipun begitu sinar UVB dapat membantu kita mendapatkan sinar D. Selain berbahaya bagi kulit berbagai macam polusi dan sinar UV ini juga sangat mengganggu kesehatan juga membuat nafas menjadi sesak. Polusi juga meningkatkan radikal bebas di udara yang dapat menghilangkan oksigen pada sel-sel kulit. Radikal bebas dan sinar UV juga dapat membuat kulit wajah kurang elastis kusam, kasar, dan menyebabkan munculnya kerutan. Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan agar terhindar dari bahaya polusi dan sinar UV.

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Bersihkan Wajah

Setelah seharian beraktifitas di luar rumah, sesampainya dirumah pastikan anda membersihkan wajah anda secara menyeluruh. Bersihkan wajah anda dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Gunakan pembersih wajah yang dapat mengangkat polutan dari pori-pori wajah. Gunakan pembersih wajah yang mengandung karbon aktif yang dapat menyerap racun dan kotoran dari wajah. Karbon aktif juga dapat mengangkat logam berat, racun, gas, dan zat kimia lainnya. Dengan ini maka dapat mengurangi penyumbatan pori-pori dan mengurangi masalah jerawat yang mungkin akan muncul.

  1. Gunakan Sunscreen

Polusi udara dan cahaya sinar UV dapat menambah parah dampak buruk radiasi sinar UV. Untuk mengurangi dampak buruknya anda dapat menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 30. Sehingga dapag menghalangi penyerapan sinar UV pada kulit. Terlebih lagi saat anda akan pergi berlibur ke tempat yang berhububgan dengan sinar matahari secara langsung seperti pantai.

  1. Minum Air Putih

Melindungi wajah dari polusi juga dapat menggunakan air putih. Air putih dapat menjaga kelembaban kulit anda dan kekencangan kulit anda. Mengkonsumsi air putih juga dapat memghindarkan anda dari dehidrasi akibat panas teriknya. Tubuh kita memerlukan 8 gelas atau sama dengan satu liter air sehari. Jadi seringlah minumlah air putih supaya wajah anda tetap sehat dan juga tubuh anda tetap segar.

  1. Menggunakan Lip Balm

Selain wajah yang harus anda perhatikan juga adalah bibir anda. Karena banyaknya polusi bibir anda akan menjadi lebih kering. Untuk mengatasinya sediakanlah lip balm di tas anda agar anda dapat menggunakannya setial kali bibir anda kering. Anda jhga harus memilih lip balm yang sesuai untuk bibir anda,sehingga bibir anda tidak mengalami iritasi dan menjadi lebih kering.

  1. Gunakan Face Mist

Saat anda beraktifitas di luar ruangan tentu wajah anda akan mudah sekali lesu dan kurang fresh. Untuk mengembalikan kesegaran wajah anda gunakanlah face mist. Semprotkan face mist pada wajah setiap kali diperlukan. Sehingga anda tidak perlu repot-repot mencuci wajah kemudian mengenakan make up kembali agar wajah anda kembali segar. Cukup gunakan face mist.

  1. Lindungi Kulit Anda Dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Selain melindungi kulit anda dengan sunscreen anda juga dapat melindungi kulit anda dengan menggunakan pakaian yang berlengan panjang, celana panjang, dan juga topi. Sehingga kulit anda mendapatkan perlindungan yang lebih baik dari luar maupun dari dalam.

  1. Gunakan Kacamata Hitam

Selain kulit dan bibir, mata anda juga dapat terkena dampak buruk polusi dan sinar UV. Untuk menghindarinya anda dapat menggunakan kacamata yang berwarna hitam. Menggunakan kacamata hitam selain dapat melindungi mata anda juga dapat membuat penampilan anda lebih keren.

  1. Gunakan Masker Atau Penutup Wajah

Bagi anda yang bekerja di luar ruangan ataupun bagi anda yang berkendara akan lebih baik jika anda menggunakan masker pelindung wajah. Menggunakan masker penutup wajah dapat membuat wajah anda lebih terlindungi dari terpaan polusi dan paparan sinar matahari.

  1. Gunakan Pelembab Wajah

Selain menggunakan sunscreen anda juga dapat menggunakan pelembab wajah untuk melindungi wajah anda dari polusi. Karena sifat polusi yang dapat membuat wajah menjadi kusam dan kering,memakaj pelembab wajah sangatlah membantu menjaga agar wajah anda tidak mengalami kekeringan. Gunakanlah pelembab wajah yang sesuai untuk wajah anda agar dapat melindungi wajah anda dengab sempurna.

  1. Gunakan Body Lotion

Hal lain yang dapat menjaga aga kulit anda terhindar dari dampak polusi dan sinar uv adalah body lotion. Body lotion dapat menghindarkan kulit anda dari kotoran yang mungkin menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori anda. Hal ini tentu akan mengakibatkan muncjlnya beragam masalah pada kulit. Gunakan juga body lotion yang mengandung minimal SPF 15. Jika perlu anda dapat menggunakan body lotion yang mengandung SPF 30.

Nah, itulah beberapa bahaya polusi dan sinar uv bagi kulit. Rawatlah kulit anda dengan baik agar tetap sehat dan bersinar. Dengan merawat kulit anda dengan baik anda juga dapat terhindar dari berbagai macam masalah yang akan muncul karena polusi dan sinar UV tentunya. Oke sekian dulu ya, see you.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top