Info Kedokteran

Bahaya Minum Air Dingin Terlalu Sering

Bahaya Minum Air Dingin Terlalu Sering

Setiap orang sepertinya tidak ada yang tidak suka dengan air dingin. Apalagi ketika kondisi sedang gerah maupun panas. Maka meminum air dingin akan menjadi jawaban terbaiknya. Hal tersebut tidak lepas karena air dingin dapat menghilangkan panas pada tubuh dengan cara yang cepat. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang begitu memfavoritkan air dingin sebagai air minum favorit mereka. Apalagi dari waktu ke waktu makin banyak jenis minuman yang terbuat dengan dari es. Sehingga tentunya hal tersebut semakin memperbesar rasio orang untuk minum air dingin. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa meminum air dingin bukanlah sesuatu yang harus dipusingkan. Namun ternyata air dingin tidak sepenuhnya memiliki manfaat di dalamnya. Karena nyatanya masih banyak juga efek samping be rbahaya dengan terlalu sering minum air dingin. Dimana efek berbahaya ini akan berdampak langsung pada kesehatan. Sesuatu yang akan sangat merugikan apabila dilakukan secara terus menerus. Dimana kerugian dari meminum air dingin terlalu banyak bukan hanya diungkapkan oleh orang-orang biasa namun juga oleh para pakarnya. Sehingga para pakar ini tentunya melakukan berbagai penelitian terlebih dahulu sebelum kemudian menarik kesimpulan tersebut. Berikut ini bahaya minum air dingin terlalu sering.

sponsor: kezia skin expert.

1. Nutrisi Yang Gagal Dihisap Tubuh

Efek samping pertama yang didapatkan dengan meminum air dingin terlalu sering adalah gagalnya nutrisi terserap tubuh secara sempurna. Hal tersebut tidak lepas karena air dingin mampu membuat pembuluh darah menjadi terhambat. Sehingga nutrisi yang terkandung dalam makanan dan sudah berada dalam tubuh menjadi sulit terserap. Kegagalan tersebut disebabkan karena pembuluh darah yang tidak bekerja seperti seharusnya. Tentunya hal tersebut sangat merugikan karena membuat nutrisi yang seharusnya menjadi manfaat dalam tubuh malah tak berguna bahkan menjadi sia-sia. Padahal seperti yang diketahui bahwa nutrisi sangatlah berguna bagi tubuh. Hal tersebut tidak lepas karena tubuh memiliki banyak hal yang hanya bisa dipenuhi dengan kehadiran Nutrisi. Karena hal tersebutlah, nutrisi tentunya harus mendapatkan perhatian khusus oleh semua orang. Tapi sayangnya banyak orang yang melakukan kekeliruan. Yaitu dengan terus memakan atau mengonsumsi banyak makanan maupun minuman yang melimpah nutrisi namun melakukan kesalahan. Dimana kesalahan tersebut biasanya terkesan sepele. Salah satunya adalah dengan terlalu sering mengonsumsi air dingin. Dimana kebiasaan tersebut seperti yang diketahui dapat membuat tubuh kehilangan nutrisi yang seharusnya didapatkan. Para pakar sudah membuktikan hal ini memang benar adanya. Sehingga kenyataan tersebut tentunya membuat semua orang harus mulai mewaspadainya.

2. Iritasi Pada Tenggorokan

Bahaya Minum Air Dingin Terlalu Sering

Hal berikutnya yang menjadi akibat berikutnya karena terlalu sering mengonsumsi air dingin adalah tenggorokan yang terganggu. Hal tersebut bisa terjadi karena air dingin memiliki suhu yang rendah. Sesuatu yang sama sekali tidak baik apabila terus dimasukan ke dalam tubuh. Sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya iritasi pada tenggorokan. Dimana iritasi pada tenggorokan ini seringkali dianggap remeh oleh banyak orang. Karena mereka menganggap bahwa iritasi pada tenggorkan bisa sembuh dengan sendirinya. Pada sebagian kasus, hal tersebut memang masih memungkinkan untuk terjadi. Namun pada sebagian kasus yang lain seperti iritasi pada tenggorkan dikarenakan mengonsumsi air dingin secara berlebihan tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Sesuatu yang kemudian bisa membuat tenggorokan menjadi lecet dan puncaknya adalah penyakit batuk yang menghampiri. Tentunya hal tersebut membuat siapapun harus mulai menjauhi maupun menghindari kebiasaannya mengonsumsi air putih secara berlebihan.

3. Amandel Yang Membesar

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa penyakit amandel terjadi karena amandel yang membengkak dari ukuran normal yang seharusnya. Dimana biasanya pembengkakan ukuran amandel ini memiliki banyak faktor di baliknya. Salah satu faktor yang paling sering terjadi adalah intensitas meminum air dingin yang tinggi. Padahal seperti yang diketahui penyakit amandel sangat menganggu kesehatan seseorang. Salah satu yang paling membuat menganggu adalah amandel membuat pernafasan menjadi terhambat. Sehingga puncaknya adalah orang yang memiliki amandel akan sulit dalam bernafas. sesuatu yang tentunya sangat menganggu kehidupan sehari-hari. Dimana cara untuk menghilangkan amandel hanya bisa dilakukan dengan cara menghilangkannya. Yakni dengan cara operasi untuk mengambil amandel itu sendiri.

4. Pencernaan Yang Terganggu

Bahaya Minum Air Dingin Terlalu Sering

Efek berikutnya yang juga sangat menganggu kesehatan adalah pencernaan yang terganggu. Hal tersebut tidak lepas karena air dingin yang dikonsumsi bisa membuat makanan yang sudah ada di perut menjadi mengeras. Terutama makanan yang mengandung lemak. Sehingga nantinya akan membuat sisa makanan tersebut akan sulit keluar dari pencernaan. Yang efek langsungnya adalah sulitnya pembuangan. Tentunya hal tersebut membuat sistem pencernaan menjadi terhambat dan menimbulkan banyak masalah.

Meminum air dingin memang tidak ada salahnya. Namun tentu dengan intensitas yang tidak boleh berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan memang biasanya hanya akan menimbulkan masalah. Tidak terkecuali masalah kesehatan. Sehingga segala sesuatunya mulai sekarang harus diperhatian kurang maupun lebihnya. Sedangkan air dingin sendiri bisa diganti dengan air biasa. Agar nantinya segala hal yang telah dijelaskan diatas tidak perlu sampai terjadi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top