Tubuh ku

Bahaya Kurang Tidur Bagi Wanita

Bahaya Kurang Tidur Bagi Wanita

Bagi Anda yang terbiasa begadang harus lebih berhati-hati, karena kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Perasaan mengantuk dapat mengganggu konsentrasi, sedangkan pola tidur yang buruk dapat memicu ketidakseimbangan pada hormon yang dapat mempengaruhi sistem metaboisme pada tubuh, terutama wanita. Oleh sebab itu, Anda harus mengenal bahaya kurang tidur bagi wanita yang akan dijelaskan di bawah ini.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Jika Anda telah tidur cukup semalaman, hal tersebut mampu membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat ketika bangun. Namun bagi Anda yang terbiasa tidur dengan pola tidur yang kurang baik, berikut bahaya kurang tidur bagi wanita yang dapat terjadi:

      1. Peradangan
Sebuah penelitian mengatakan bahwa, gangguan tidur seperti sering terbangun dapat membuat badan menjadi tidak bugar dan mengakibatkan peradangan pada wanita. Jika terjadi yang demikian, maka akan memicu penyakit yang lebih berbahaya, yaitu serangan jantung. Peradangan sering kali terjadi lebih para pada wanita dibandingkan pada pria.

      2. Obesitas
Seseorang yang makan dengan porsi yang berlebihan namun tidak mendapatkan tidur yang cukup, cenderung lebih mudah gemuk dan akan meningkatkan risiko obesitas. Tubuh tidak mampu membakar kalori secara maksimal pada orang yang kurang tidur. Hal ini sering kali terjadi pada wanita ketimbang pria, karena wanita memiliki hormon yang tidak seimbang.

      3. Gangguan mental
Bahaya kurang tidur bagi wanita yang selanjutnya adalah gangguan mental. Menurut penelitian yang dilakukan oleh “Duke University” di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa wanita cenderung lebih mudah marah ketika bangun tidur daripada pria. Fakta lainnya adalah, wanita membutuhkan jam tidur yang lebih banyak. Sehingga ketika wanita tidak mendapatkan tidur yang cukup, mereka biasanya akan mengalami gangguan mental dan penderitaan fisik.

      4. Mengurangi daya ingat
Kinerja otak dalam berpikir dan mengingat sesuatu dapat berkurang hingga 15 perset jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup. Tidur akan membantu otak Anda menyimpan informasi, sehingga jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, kinerja dan daya ingat otak akan berkurang.

      5. Berat badan yang tidak seimbang
Bahaya kurang tidur bagi wanita yang selanjutnya adalah menyebabkan berat badan yang tidak seimbang. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa, seseorang yang menjalani pola tidur yang tidak sehat, dalam jangka panjang memicu berbagai dampak buruk bagi tubuh. Di antara dampak buruk tersebut adalah metabolisme yang tidak sehat, meningkatkan risiko penyakit diabtes melitus dan obesitas.

      6. Daya tahan tubuh melemah
Seseorang yang kurang tidur juga akan mengalami penurunan pada daya tahan tubuhnya. Jika Anda kurang tidur tubuh akan menerima vaksin 50 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidur secara teratur. Bahkan, hal ini juga dapat meningkatkan kadar C-reaktif protein yang pada ahkirnya mengarah ke penyakit jantung.

      7. Melemahnya antioksidan
Ketika Anda sedang tidur, tubuh akan memproduksi melatonin yaitu sebuah hormon yang mengatur siklus tidur seseorang. Waktu tidur yang berkurang berarti juga akan mengurangi produksi melatonin tersebut. Melatonin yang seharusnya mampu meningkatkan vitamin C tidak lagi bekerja secara maksimal. Padahal, vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai antioksidan yang mencegah bahaya radikal bebas.

      8. Ekspresi gen
Menurut sebuah studi yang diakukan, salah satu bahaya kurang tidur bagi wanita akan berdampak pada ekspresi gen, yaitu pemicu perasaan grogi pada seseorang. Wanita lebih mudah mengalami hal ini karena para wanita memiliki perasaan yang lebih kuat ketimbang pria.

      9. Menganggu sistem pernapasan
Kurang tidur juga dapat berpengaruh pada sistem pernapasan seseorang. Selain itu, kurang tidur juga berdampak buruk pada fungsi pembuluh darah.

      10. Memicu penyakit yang serius
9 dari 10 orang yang memiliki pola tidur kurang sehat, menunjukkan bahwa mereka menderita penyakit serius. Penyakit yang biasa diderita oleh seseorang yang kurang tidur adalah penyakit jantung dan gagal jantung. Hal ini karena, tubuh seharusnya mampu memperbaiki dan menyembuhkan jantung dan pembuluh darah ketika tidur, inilah yang tidak didapat bagi mereka yang kurang tidur. Selain itu, orang-orang yang tidak tidur secara cukup cenderung lebih mudah mengalami penyakit serius yang berkaitat dengan kardiovaskular.

      11. Kemampuan seks menurun
Kebanyakan orang yang kurang tidur mengalami penurunan hasrat sehingga kurang tertarik terhadap hubungan seksual. Karena rasa lelah, stres, dan mengantuk, mengakibatkan mereka kurang tertarik untuk melakukan hubungan seksual.

      12. Penuaan dini
Bahaya kurang tidur bagi wanita yang dianggap paling buruk mungkin adalah penuaan dini. Bagaimana tidak, hal ini mampu menurunkan penampilan seorang wanita secara keseluruhan. Kurang tidur dalam waktu yang lama akan mengakibatkan mata bengkak, timbul garis-garis halus, kulit menjadi kusam, dan terdapat lingkaran hitam di bawah area mata.
Hal ini karena terdapat hormon yang bernama kortisol yang bernama kortisol. Produksi hormon ini akan meningkat ketika seseorang tidak tidur dengan cukup. Hormon kortisol yang berleihan akan menghancurkan protein yang seharusnya bekerja untuk menjaga kelembutan dan elastisitas kulit, atau lebih dikenal dengan kolagen.

Demikian bahaya kurang tidur bagi wanita yang harus Anda waspadai. Tidur adalah sesuatu yang penting demi menjaga kesehatan tubuh. Jadi, bagi Anda para wanita tidurlah secara cukup agar selalu sehat dan dapat menjaga kecantikan secara keseluruhan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top