Tubuh ku

Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh
Bagi Anda yang gemar meminum alkohol setiap minggu, mulai sekarang Anda harus berpikir dua kali ketika ingin meminumnya. Memang terkadang perasaan stres dan lelah di tempat kerja, membuat kita ingin bersantai ditemani dengan alkohol yang terasa benar-benar nikmat. Di luar itu semua, Anda harus mengenal bahaya alkohol bagi kesehatan tubuh yang mungkin terjadi ketika Anda selalu meminumnya.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh
Kita semua tahu bahwa mabuk adalah hal yang kurang baik. Walaupun Anda meminum alkohol dengan dosis yang sedikit tanpa membuat mabuk, jika dilakukan terlalu sering juga akan membahayakan tubuh Anda. Bagi Anda yang gemar minum alkohol, mungkin pernah merasa pusing, selalu merasa buang air kecil, dan rasa lelah yang berlebihan di hari berikutnya. Terlebih dari itu, ada beberapa dampak buruk alkohol yang bisa terjadi pada tubuh jika mengonsumsinya selama bertahun-tahun. Berikut bahaya alkohol bagi kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui:

     1. Sistem saraf pusat
Alkohol memiliki dampak yang paling nyata terhadap sistem saraf pusat. Hal ini dapat Anda perhatikan ketika orang yang menderita gangguan sistem saraf pusat menjadi sulit untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Sehingga, mereka akan meremehkan orang-orang yang berbicara di sekitanya.
Jika Anda terlalu banyak minum alkohol, juga dapat mengganggu sistem memori yang dapat mengganggu daya ingat. Kerusakan sistem saraf pusat, juga akan menyebabkan rasa sakit dan mati rasa, muncul perasaan aneh di tangan dan kaki seperti kesemutan.

     2. Sistem pencernaan
Alkohol merupakan musuh utama bagi sistem pencernaan Anda. Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut dan berakhir di usus. Dalam hal ini, alkohol dapat merusak seluruh bagian tersebut satu per satu. Dimulai dari kelenjar ludah, gusi, dan gigi.
Terlalu banyak minum alkohol dapat merusak gigi, gusi, dan menimbulkan sariawan pada lidah Anda. Peminum alkohol berat, kemungkinan juga akan mengaami acid reflux atau asam lambung, mulas, serta penyakit maag adalah hal yang biasa terjadi.
Alkohol juga dapat membuat seseorang sulit untuk mencerna makanan yang mengandung nutrisi penting. Jika hal ini terjadi, bakteri yang ada pada tubuh menjadi tidak terkontrol dan menyebabkan diare.

     3. Kerusakan otak
Kerusakan jangka panjang akibat alkohol juga dapat mempengaruhi dna merusak otak. Sementara dalam jangka pendek, alkohol akan menyebabkan Anda mudah kehilangan memori dan merasa selalu cemas. Risiko yang lebih parah lagi, alkohol mampu menyebabkan kerusakan otak permanen, masalah gangguan mental, serta ketergantungan terhadap alkohol.
Orang-orang yang masih muda dan gemar meminum alkohol lebih rentan terhadap kerusakan otak, karena otak mereka masih dalam masa perkembangan.

     4. Sistem peredaran darah
Alkohol juga akan mengganggu sistem peredaran darah secara tiba-tiba. Hal ini juga akan meningkatkan risiko komplikasi terhadap berbagai penyakit seperti gagal jantung, detak jantung tidak teratur, stroke, bahkan serangan jantung.
Orang-orang yang memiliki penyakit diabetes lebih berisiko terhadap hal ini, alkohol yang terlalu banyak juga menyebabkan keracunan pada sel-sel otot jantung.

     5. Sistem kekebalan tubuh
Ketika sistem kekebalan Anda telah tercemar ileh alkohol, maka sistem imunne tersebut akan melemah dan sulit melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Anda mungkin akan lebih mudah terhadap serangan flu biasa dan jika terluka maka akan sangat lama sekali utnuk sembuh.
Selain itu, peminum alkohol berat juga lebih rentan terhadap beberapa penyakit yang berpotensi fatal seperti radang paru-paru dan tuberkolosis. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kanker.

     6. Paru-paru
Bahaya alkohol bagi tubuh yang selanjutnya adalah mampu menyebabkan infeksi paru-paru. Jika Anda seorang peminum alkohol berat, paru-paru akan semakin terganggu. Bahaya lain yang terjadi ketika Anda minum alkohol adalah mengalami muntah, maka muntahan tersebut akan tersedot kembali ke paru-paru Anda.

     7. Hati
Hati memiliki banyak tugas yang harus dilakukan, ketika hati telah rusak secara permanen jalan keluar satu-satunya adalah melakukan transplantasi hati.
Banyak orang yang minum alkohol secara berlebihan, dalam bertahun-tahun akan mengalami penumpukan lemak di hati. Hal ini akan meningkatkan risiko terhadap beberapa penyakit serius seperti sirosis. Jika ini terjadi, Anda akan mengalami gagal hati dan jika tidak melakukan transplantasi maka risiko kematian akan selalu menghantui Anda.

     8. Kulit
Alkohol juga berdampak buruk terhadap kulit Anda. Alkohol dapat menyebabkan keriput prematur, pembuluh darah pecah, membuat wajah merah-merah, dan jerawat.

     9. Kanker
Bahaya alkohol bagi kesehatan tubuh yang paling berbahaya adalah peningkatan risiko berbagai kanker seperti kanker hati, kanker mulu, kanker tenggorokan, dan kanker payudara.

     10. Pankreas
Ketika Anda minul terlalu banyak alkohol, pankreas cenderung akan menghasilkan zat beracun. Mungkin sekarang zat beracun tersebut tidaklah terlihat, namun suatu hati nanti hal ini dapat menyebabkan pankreatitis.
Pankreatitis adalah suatu kondisi yang benar-benar menyakitkan dan berbahaya, dimana hal ini akan membuat pembuluh darah Anda membengkak.

     11. Kandung kemih
Sudah tidak asing lagi, ketika gemar minum alkohol Anda hars buang air kecil sesudahnya. Mungkin Anda sendiri tidak pernah bertanya kenapa setiap sesudah minum alkohol air kencing menjadi sangat banyak.
Alkohol adalah diuretik, yang berarti dapat mempengaruhi ginjal Anda dapat menyebabkan kencing terlalu banyak. Untuk setiap 1 gram alkohol yang Anda minum, pengeluaran urin atau air kencing sebanyak 10ml.

     12. Tekanan darah
Alkohol juga akan meningkatkan tekanan darah Anda. Laki-laki yang biasa minum lebih dari 8 IU (international unit) memiliki 4 kali risiko yang lebih besar terhadap tekanan darah tinggi. Sedangkan wanita yang minum 6 IU perhatinya mendapatkan dua kali lipas risiko terhadap tekanan darah tinggi.

Demikian beberapa bahaya minum alkohol bagi kesehatan tubuh yang harus Anda waspadai. Sebisa mungkin kurangi dan batasi dalam meminum alkohol, atau hentikan jika perlu. Ini semua demi kesehatan Anda, semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top