Makanan Kesehatan

Bahan Untuk Membantu Penyembuhan Sariawan

Siapa yang sering mengalami penyakit sarawan di mulut? Pasti rasa sakit yang terasa membuat kita malas makan minum karena mendapati rasa perih setiap kali mengkonsumsi apapun melalui mulut. Selalu akan merasakan perih saat sariawan di mulut ini disebabkan oleh adanya luka yang ada pada mulut, berupa bentuk cekungan yang memiliki warna kemerah merahan disertai dengan rasa nyeri. Sariawan ini sendiri kerap kali bermula pada peradangan yang berada pada daerah rongga mulut seperti halnya munculnya bibir kering dan juga luka pada mulut.

PENYEBAB DARI SARIAWAN

Bahan Untuk Membantu Penyembuhan Sariawan

Sariawan atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan istilah stomatitis, merupakan suatu pembengkakan atau suatu peradangan yang terjadi di daerah sekitar mulut serta juga di sekitar lidah kita. Proses terjadinya sariawan bisa terjadi karena hal-hal sebagai berikut :

  • Mulut yang terkena gigitan gigi yang pada umumnya disebabkan oleh makan tergesa gesa dan juga ngobrol dengan lawan bocara yang terlalu cepat.
  • Kekurangan nutrisi, seperti Vitamin B12, Vitamin C serta zat besi yang berfungsi untuk melindungi mulut.
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas bahkan juga terlalu masam.
  • Efek dari suatu bakteri jika mengalami sakit tenggorokan
  • Terdapat masalah yang tempat keberadaannya berada di dalam sistem pencernaan, kekurangan riboflavin, serta kekurangan vitamin, bahkan juga bisa kekurangan miacin dan juga B12.

Sariawan ini sendiri pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya, namun apakah kita bisa tahan dengan rasa sakit yang diakibatkan sariawan ini? jika jawabannya tidak, maka kita tidak akan membiarkan penyakit ini berjalan kurang lebih 10 hari hingga 14 hari yang berefek pada rasa yang sangat tidak nyaman di mulut kita, nafsu makan tergaggu, tidur kurang enak, dan juga akan memberikan rasa nyeri  pada mulut jika bersentuhan dengan sesuatu.

CARA MENGOBATI SARIAWAN DENGAN CEPAT

Di zaman dengan ilmu pengetahuan yang cukup maju, saat ini sudah sangat banyak beredar luas obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit sariawan ini seperti yang ada pada iklan TV, spanduk, dan lainnya. Namun, kita sebenarnya juga bisa mengobati sariawan dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami untuk menyembuhkan sariawan secara efektif pula:

  • JAMBU AIR

Caranya, ambilah kulit dari batang jambu air, lalu bersihkan. Setelah itu bahan ini ditumbuk hingga berbentuk lebih halus. Campurkan dengan setengah gelas air matang, aduk dengan merata. Selanjutnya campuran ini disaring dan bisa digunakan untuk berkumur-kumur sebagai obat sariawan di mulut.

  • AIR KELAPA

Caranya yaitu dengan menggunakan air kelapa, bisa dari air kelapa hijau atau jenis kelapa yang lainnya. Air kelapa ini bisa langsung digunakan untuk berkumur-kumur atau bahkan langsung ditelan setelah digunakan untuk berkumur.

  • KOPI BUBUK

Mengobati sariawan menggunakan kopi bubuk dapat pula dilakukan, caranya dengan menaburkan tepat dimana luka sariawan tersebut ada di mulut. Tunggu dan biarkan hingga beberapa menit, lalu bisa dibersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

  • TOMAT

Tomat merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C yang bisa membatu menyembuhkan luka sariawan. Caranya mudahnya adalah dengan mengkonsumsi tomat secara langsung, atau jika kita bisa kuat menahan rasa perih, lendir tomat yang berada di dalam buah bisa ditempelkan terlebih dahulu untuk beberapa saat pada luka sariawan di mulut.

  • MENTIMUN

Cara mengobati sariawan dengan buah mentimun yaitu dengan menggunakan buah mentimun yang sudah berumur tua, tetapi yang masih segar. Setelah dibersihkan dan dicuci bersih, mentimun diiris-iris untuk langsung dimakan. Cara lainnya yaitu dengan menumbuk mentimun sehingga bisa langsung tempelkan di tempat sariawan pada mulut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top