Rambut ku

Bahan Kimia Berbahaya Di Dalam Sampo

Banyak dari kita menggunakan sampo secara rutin setidaknya dua kali seminggu. Beberapa dari Anda mungkin menggunakannya hingga setiap hari. Sampo sebenarnya dibuat untuk membuat rambut Anda agar tetap sehat, menghilangkan kotoran, minyak, dan membuatnya lebih berikilau. Namun masalahnya adalah, tidak semua sampo menggunakan bahan-bahan yang aman. Ada beberapa bahan kimia berbahaya di dalam sampo yang harus Anda waspadai. Jadi berhati-hatilah dalam membeli sampo dan ketahui bahan berhaya apa saja yang harus Anda hindari. Bahan Kimia Berbahaya Di Dalam Sampo Berbagai macam produk sampo juga mengandung bahan kimia yang berbeda-beda.  Terkadang bahan-bahan kimi ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti iritasi pada kulit kepala, gangguan hormon, menyebabkan ruam dan sebagainya. Untuk itu Anda harus mengetahui apa saja bahan kimia berbahaya di dalam sampo yang akan dijelaskan di bawah ini:

 Bahan Kimia Berbahaya Di Dalam Sampo

sponsor: dr rochelle skin expert.

Bahan Kimia Berbahaya Di Dalam Sampo

  1. Bahan pengawet

Bahan kimia berbahaya di dalam sampo yang pertama adalah pengawet.  Bahan pengawet banyak ditemukan pada makanan kemasan agar mampu bertahan lebih lama. Jika tidak ada pengawet pada makanan kemasan, mereka akan mudah membusuk dan sulit untuk menjualnya. Sama halnya seperti sampo, produk sampo juga membutuhkan bahan pengawet agar dapat bertahan lebih lama. Beberapa bahan pengawet berbahaya yang ada pada sampo dapat mengiritasi kulit kepala Anda ketika keramas menggunakan sampo tersebut. Bahkan bahan ini juga menyebabkan gangguan hormon, rambut rontok, hingga kanker.

  1. Sodium lauryl sulphate

Bahan kimia yang selanjutnya disebut sodium lauryl sulphate, bahan ini bertugas untuk meningkatkan busa pada sampo. Anda tentu menyukai produk sampo dengan busa yang melimpah bukan? Namun ternyata Anda justru harus lebih berhati-hati terhadap sampo dengan busa yang terlalu banyak. Sodium lauryl sulphate ini mampu merusak folikel rambut Anda dan mengganggu proses pertumbuhan rambut yang baru. Bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa, sodium lauryl sulphate jika digunakan secara terus menerus dapat menyebabkan rambut rontok parah.

  1. Natrium klorida

Natrium klorida adalah bahan kimia yang digunakan agar krim sampo dapat lebih kental dan tebal. Beberapa bahan kimia lainnya yang digunakan untuk tujuan ini adalah polethelyne glycol dan dietanolamina. Bahan ini mampu menyebabkan alergi pada kulit kepala Anda seperti iritasi, rasa perih, dan sebagainya. Selain itu bahan ini juga akan merusak kebaikan alami pada rambut Anda dalam jangka panjang.

  1. Parabens

Bahan kimia berbahaya di dalam sampo yang selanjutnya adalah parabens. Sebenarnya parabens masih digolongkan sebagai bahan pengawet, namun karena bahan ini cukup berbahaya dan sering digunakan maka Anda harus mengenal istilah dari bahan kimia yang satu ini. Parabens tidak hanya digunakan pada sampo, tapi bahan ini juga sering digunakan dalam produk-produk kosmetik. Bahan ini kerap dikaitkan menjadi salah satu penyebab kanker, salah satunya adalah kanker payudara. Parabens juga dapat menyebabkan tingkat estrogen meningkat tajam, yang akhirnya dapat memicu timbulnya berbagai masalah kulit.

  1. Hair sealants

Hair sealants adalah sejenis silikon yang ada pada produk sampo tertentu. Silikon ini dapat membuat rambut Anda menjadi lebih lebat dan mengembang. Bahkan bahan ini dapat mencegah rambut Anda dari kekusutan dan selalu terlihat bagus. Namun silikon ini juga memiliki dampak yang kurang baik, yaitu rambut Anda menjadi kesulitan untuk menyerap nutrisi, air, dan minyak yang seharusnya dapat menjaga kelembapannya.

  1. Alkohol

Alkohol? Ya, alkohol yang biasa diminum ternyata juga banyak digunakan dalam produk sampo dan pasta gigi. Meskipun alkohol dalam dosis yang kecil tidak akan merusak rambut Anda, namun dalam waktu yang lama alkohol akan membuat rambut Anda menjadi kering.

  1. Fragrance

Fragrance adalah bahan kimia yang digunakan agar sampo memiiki aroma yang wangi. Tentu saja kita menyukai aroma sampo yang wangi dan harum. Masalahnya fragrance adalah istilah yang tidak jelas, ada sekitar 3.000 bahan kimia yang biasa digunakan untuk memberi aroma wangi pada sebuah produk. Beberapa bahan fragrance juga sangat berbahaya, bahan ini mampu menyebabkan asma, sakit kepala, alergi, bahkan kanker otak.

  1. Triclosan

Triclosan juga perlu Anda hindari ketika ingin membeli sampo. Dapat dikatakan ini adalah salah satu bahan kimia yang sangat berbahaya. Namun entah mengapa berbagai industri kosmetik juga menggunakan tricolsan pada produk-produk mereka, termasuk sampo.

Setelah mengetahui berbagai bahan kimia berbahaya di dalam sampo seperti di atas, Anda dapat mencari alternatif lain yaitu menggunakan produk-produk alami yang banyak tersedia di pasaran. Sekian, semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top