Tips dan Trik

Bahan Alami Mengusir Nyamuk

Bahan Alami Mengusir NyamukNyamuk merupakan hewan yang menjadi bagian dalam habitat kehidupan manusia. Nyamuk seringkali mengganggu manusia melalui gigitannya. Dengan gigitan inilah kemudian memicu rasa gatal dan panas pada kulit sebagai efek alerginya. Selain gatal pada kulit, nyamuk juga menjadi perantara masuknya kuman penyakit melalui gigitannya yang masuk ke dalam kulit. Kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh manusia inilah yang kemudian menyebabkan berbagai penyakit pada manusia, seperti malaria, demam berdarah, kaki gajah, hingga cikungunya. Melalui media nyamuk, penyakit bisa menular antara satu orang dengan orang yang lainnya, dan pastinya cukup berbahaya, bahkan beresiko terhadap nyawa. Bagi beberapa orang, suara dengingan nyamuk ternyata juga cukup mengganggu telinga, terutama jika ingin beranjak tidur. Berbagai usaha dan cara dilakukan manusia, baik untuk membunuh dan mengusir nyamuk. Bahan yang digunakan yang umum adalah menggunakan obat nyamuk baik yang dibakar maupun yang disemprotkan. Cara mengusir nyamuk agar tidak menggigit, seringkali menggunakan krim anti nyamuk atau repellent. Selain menggunakan cara-cara tersebut, ternyata ada cara mudah bahan alami mengusir nyamuk.

sponsor: perawatan wajah.

Selain menggunakan bahan dengan formula kimiawi, ternyata masih ada bahan-bahan ampuh pengusir nyamuk secara alami.

  1. Minyak lemon dan minyak kayu putih

Minyak lemon diperoleh dari kandungan minyak yang terdapat pada kulit jeruk lemon. Jika ingin menggunakannya tidak perlu repot-repot memerasnya, karena kini sudah bisa dibeli di toko obat herbal atau toko bahan kimia. Campurkan antara minyak lemon dengan minyak kayu putih untuk mengusir nyamuk. Minyak lemon memiliki kandungan aktif cineole yang bersifat sebagai antiseptik dan dipadukan dengan minyak kayu putih baunya akan semakin tidak disukai oleh nyamuk. Campuran kedua minyak ini cukup aman dioleskan di permukaan kulit dalam menangkal nyamuk.

  1. Kapur barus

Kapur barus atau awam pula disebut dengan istilah kamper, ternyata mampu mengusir nyamuk dengan baunya, tempatkan kapur barus di tempat yang menjadi persembunyian nyamuk, sehingga baunya akan menjadi bahan anti nyamuk alami.

  1. Kemangi

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bau tanaman kemangi dapat membunuh larva nyamuk. Baunya ini pula cukup efektif dalam mengusir nyamuk. Pemanfaatan kemangi dapat dilakukan dengan menanam kemangi di sekitar rumah yang posisinya diletakkan di dekat  jendela atau sudut dalam rumah.

  1. Tanaman serai atau citronella

Sebagaimana kulit jeruk lemon yang mengandung minyak, tumbuhan serai juga menghasilkan minyak atsiri yang baunya mampu mengusir nyamuk. Jika ingin menggunakan minyak serai sebagai anti nyamuk, bisa dioleskan pada bagian tubuh agar terhindar dari gangguan nyamuk nakal. Selain itu, serai juga bisa ditanam di pekarangan atau diletakkan di sudut rumah agar bisa mengkal datang nyamuk.

  1. Bawang putih

Aroma bawang putih ternyata tidak disukai nyamuk. Bau bawang putih memang terbukti cukup menyengat, tidak hanya oleh nyamuk juga menurut beberapa orang. Cara menggunakan aroma bawang putih sebagai pengusir nyamuk yaitu dengan menghancurkan beberapa siung bawang, dan kemudian dimasukkan dalam air untuk dididihkan. Sari bawang akan bercampur dengan air, dan dapat disemprotkan di sekitar ruangan. Jika diinginkan air rebusan bawang ini juga bisa dioleskan atau disemprotkan ke badan.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top