Manfaat Tanaman

Bahan Alami Mengobati Penyakit Ambeien

Penyakit ambeien atau sering dikenal wasir adalah gangguan yang banyak dialami masyarakat. Ambeien adalah penyakit yang menggagu saluran anus dan mengalami pembengkakan terkadang disertai pendarahan saat mengejan. Kondisi ini bisa berdampak buruk jika tidak segera ditangani.

Sponosor: kezia skin expert

Ambeien sendiri bisa terjadi karena banyak faktor salah satu yang paling sering terjadi akibat terlalu keras mengejan, banyak duduk, dan faktor turunan. Pengobatan ambeien bisa dilakukan dengan cara medis dengan prosedur operasi. Namun ada juga yang menggunakan herbal berupa tanaman karena dianggap alami dan tanpa efek samping. Beberapa bahan alami mengobati ambeien diantaranya;

Bahan Alami Mengobati Penyakit Ambeien

1. Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami pertama yang bisa mengobati ambeien. Tak sulit mendapatkan cuka apel karena sudah banyak supermarket atau apotik yang menjualanya. Caranya cukup sediakan kapas dan sari cuka apel. Rendam kapas pada air cuka lalu oleskan ke daerah yang terkena wasir. Lakukan cara ini secara rutin hingga peradangan dapat menghilang dan rasa sakit sedikit mereda. Anda jugabisa campur air dan cuka apel dan gunakan untuk membilas anus.

Bahan Alami Mengobati Penyakit Ambeien

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang baik untuk atasi gangguan ambeien karena mengandung zat yang bersifat anti inflamasi. Lidah buaya memiliki gel yang bersifat sejuk sehingga mampu menengkan dan melemaskan otot dan pembulu darah yang meradang di sekitar anus. Gel lidah buaya juga sanggup mengurangi ukuran ambeien secara alami. Tak hanya itu, lidah buaya mengandung arakuinon yang mampu mengencangkan kembali dinding saluran pencernaan serta mendorong feses keluar dengan mudah. Anda juga bisa gunakan ramuan lidah buaya dengan cara diminum, yaitu bersihkan dahulu daging buahnya dari lendir dan blender, lalu campur dengan madu.

Bahan Alami Mengobati Penyakit Ambeien

3. Bawang putih

Bahan alami atasi ambeien selanjutnya adalah bawang putih. Tanaman dengan nama latin allium sativum ini adalah obat alami yang ampuh atasi ambeien. Bawang putih kaya kandungan belerang berupa mineral, asam amino, enzim allinase, peroksidase dan myrosinase. Ketika bawang putih dihancurkan maka asam aminonya akan menjadi alliin berkat bantuan enzim. Zat inilah yang bertanggung jawab sebagai  zat antibakteri penghilang bau. Bawang putih juga mengandun zat anti inflamasi, ntibakteri, zat  dan detoksifikasi. Fungsi bawang puting untuk pengobatan ambeien akan berguna meningkatkan sirkulasi darah, melindungi pembulu darah dan menghancurkan bakteri dalam usus. Anda bisa oleskan bawang putih di sekitar ambeien atau bisa dengan cara dimakan mentah.

Bahan Alami Mengobati Penyakit Ambeien

4. Kulit pohon ek putih

Kulit pohon ek memang jarang ditemukan di Indonesia, tetapi Anda bisa mendapatkannya di toko herbal. Kulit pohon ek berwarna putih sering dikenal dengan quercus alba ini memiliki kandungan zat yang kuat dan berguna mengobati wasir luar dan dalam. Kulit pohon ek ini bersihat antiseptik, tonik, dan hemostatik yang dapat menyembuhkan radang pada ambeien dan mengurangi gejala pendarahan di anus. Kulit pohon ek putih juga tinggi kalsium dan tannin yang bisa menguatkan pembulu kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum. Menggunakan ekstrak kulit kayu nya bersifat sebagai pembersihan pada jaringan mukosa yang sakit sehingga mencegah gatal dan iritasi akibat ambeien. Untuk memanfaatkannya, rebus atau kukus kulit pohon ek putih dan oles pada daerah yang terkena ameien.

Bahan Alami Mengobati Penyakit Ambeien

5. Tanaman Akar batu

Akar batu atau collinsonia canadensis merupakan racikan minuman yang berasal dari tanaman akar batu. Berguna untuk mengurangi tekanan pada pembulu besar di bagian anus. Manfaat dari akar batu ini adalah mengurangi  peradangan wasir dan mencegah varises karena dampak ambeien. Tanaman ini bersifat deuretik, antispasmodic,  antioksidan, astringent, tonik dan bersifat sedatif. Beberapa zat tersebut bermanfaat untuk melindungi dan memperkuat jaringan pembulu darah pada usus. Caranya gunakan ektrak akar batu yang telah direbus dan oleskan pada daerah anus yang terkena ambeien.

Bahan Alami Mengobati Penyakit Ambeien

6. Kulit manggis

Manfaat buah manggis memang sangat luar biasa. Tak hanya daging buahnya namun juga kulit manggis yang bersifat multifungsi. Kulit manggis mengandung senyawa yang berperan ampuh mengatasi pembengkakan pada daerah anus karena bersifat anti inflamasi. Anda bisa gunakan kulit manggi sebagai ramuan caranya dengan pisahkan terlebih dahulu buah dari kulitnya lalu keringkan. Setelah kering rebus dengan air dan tunggu hingga mendidih. Angkat dan saring airnya lalu minum selagi hangat. Anda bisa gunakan ramuan ini dengan meminumnya secara rutin.

Bahan Alami Mengobati Penyakit Ambeien

7. Bunga pagoda

Bunga pagoda termasuk tanaman hias yang cantik. Bunga dengan nama latin Clerodendrum japonicum Sweet ini merupakan tanaman perdu yang tingginya bisa mencapai 3 meter. Tanaman ini masuk dalam daftar tanaman obat berkhasiat, salah satunya sebagai obat tradisional atasi wasir. Bagian tanaman yang seringkali dijadikan sebagai obat adalah akar, daun, dan bunga serta memiliki sifat dan kegunaannya masing-masing. Bunga pagoda memiliki cita rasa manis dengan warna bunga sedikit putih kemerahan. Bungan pagoda memiliki sifat penenang, mampu menghentikan pendarahan, dan obat atasi wasir berdarah. Cara mengolahnya yaitu dengan masak bungan pagoda ke dalam air dan masukkan madu secukupnya. Tunggu hingga mendidih, angkat, dan minum air yang telah disaring. Anda juga bisa gunakan akar tanaman pagoda untuk wasir berdarah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top