Makanan Kesehatan

Asupan Sehat Untuk Penderita Anemia

Asupan Sehat Untuk Penderita Anemia

Bagi yang memiliki masalah pada metabolisme tubuh, asupan sehat untuk penderita anemia sangat diperlukan. Salah satu jenis penyakit anemia yang sering menyerang tubuh ini akan membuat kita merasa lemas, kurang berenergi bahkan pingsan. Anemia terjadi akibat tubuh kekurangan sel darah merah merupakan masalah yang terjadi pada tubuh. Karenanya tubuh akan kurangnya zat besi yaitu zat yang bermanfaat bagi sel darah merah. Anemia bisa dipicu karena pola makan yang kurang sehat, faktor kelelahan, ataupun stres.

Sponsor: pemutih wajah

Cici-ciri penyakit anemia yang bisa kita ketahui yaitu wajah dan kelopak mata terlihat pucat, tubuh mudah merasa lelah, diakbiatkan oksidasi dalam tubuh berkurang, rasa sakit di area kepala secara terus-menerus karena tubuh kekurangan oksigen, mengalami palpitasi yaitu denyut jantung tidak teratur, ujung jari terlihat pucat, gejala lain yaitu sesak napas, merasakan mual kekebalan tubuh menurun, rambut rontok atau mengalami penipisan rambut akibat keronrokan dan yang paling tampak terlihat adalah penderita akan terlihat pucat di area wajah.

Makanan pencegah dan mengatasi anemia:

Anemia memang bukanlah penyakit yang berbahaya namun jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan serta membuat fisik menjadi loyo serta drop. Untuk itu anemia harus sesegera mungkin diatasi dan diobati. Selain mengobati dengan menggunakan obat-obatan penderita anemia juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini beberapa asupan sehat dan lezat yang bermanfaat untuk mengatasi kekurangan darah pada penderita anemia yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan favorit untuk semua usia. Dibalik rasanya yang lezat telur juga bermanfaat bagi penderita anemia. Kuning telur banyak mengandung protein, antioksidan, serta zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama bagi penderita anemia. Kandungan zat besi dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh serta menghilangkan anemia. Untuk itu bagi penderita anemia jangan ragu untuk mengkonsumsi telur sebagai tambahan makanan.

Tomat

Salah satu buah yang berasa asam adalah tomat. Walaupun berasa asam tomat banyak dikonsumsi sebagai jus serta obat yang menyehatkan. Salah satu jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan tmat adalah anemia. Tomat banyak mengandung Vitamin C serta lycopene yaitu zat yang berfiungsi membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi tomat maka zat besi yang terserap akan banyak maka produksi sel darah merah akan meningkat pula sehingga dapat mengatasi masalah anemia.

Kacang Tanah

Salah sau jenis makanan dari keluarga kacang – kacangan ini banyak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang gurih serta lezat. Kacang tanah banyak mengandung zat besi di dalamnya sehingga sangat cocok jika dikonsumsi bagi penderita anemia. Jika Anda merasa bosan dengan kacang Anda dapat juga mencoba kreasi yang lain seperti selai kacang maupun sambal kacang. Walaupun diolah dalam berbagai rupa kandungan zat besi yang terdapat pada kacang tanah tidak berkurang.

Hati Hewan dan Jeroan

Hati merupakan bagian daging yang sangat lezat karena selain teksturnya yang sangat empuk juga rasanya yang sangat menggugah selera. Hati banyak mengandung zat besi sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain mengandung zat besi yang tinggi hati juga mengandung Vitamin B 12 yang bermanfaat bagi kesehatan badan. Jika Anda mengalami diabetes dan ingin segera sembuh maka ada baiknya Anda mengkonsumsi hati karena kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Makanan kaya zat besi

Makanan yang mengandung zat besi seperti bayam sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh memproduksi sel darag merah lebih baik. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan manfaat lain dari zat besi yaitu tidak hanya mampu membuat tulang menjadi kuat tetapi juga melancarkan pasokan oksigen yang masuk ke dalam sistem peredaran darah. Jadi akibat kekurangan zat besi maka tubuh dapat mengalami penyakit anemia yang berimbas pada berbagai masalah lain seperti pusing dan apa yang telah disebutkan di atas. Contoh makanan yang mengandung zat besi  selain bayam yaitu daging merah, kismis, kentang,  atau tiram.

Kacang almond

Selain nikmat dimakan, kacang sangat kaya akan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan sel darah merah dan membantu meningkatkan sel darah merah. Bila Anda mengonsumsi 1 ons kacang almond setiap harinya, maka akan mampu mencukupi kebutuhan zat besi sebanyak 6% dalam sehari. Kelebihan lain dari mengkonsumsi kacang almon yaitu dapat dijadikan camilan yang menyehatkan tanpa harus khawatir kalorinya akan membuat tubuh menjadi gemuk sebab kavang ini mengandung kalori yang sangat rendah.

Pepaya

Buah pepaya terkenal dengan kemampuannya yang luar biasa untuk mengatasi masalah pada saat buang air besar. Pepaya yang dikena dengan nama buah dewa ini paling banyak dimanfaatkan orang untuk mengatasi BAB yang macet, dan gangguan saluran cerna lainnya. Namun, buah pepaya juga paling ampuh untuk mengatasi kekuarangan darah dalam tubuh. Pasalnya, pepaya mengandung dua vitamin C dan asam folat yang penting untuk penderita anemia.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top