Makanan Kesehatan

Asam Urat Tidak Boleh Makan Emping?

Asam Urat Tidak Boleh Makan Emping?

Penyakit asam urat merupakan masalah kesehatan yang sering kali muncul dan diderita oleh orang yang mempunyai kelebihan kadar asam urat dalam tubuhnya. Asam urat muncul karena asam urat pada umumnya larut ke dalam darah dan kemudian akan dikeluarkan melalui urine, akan tetapi ada kalanya tubuh tidak dapat melarutkan semua asam urat ini serta hanya mampu membuangnya dalam jumlah yang sedikit sehingga menyebabkan asam uarat menumpuk dan mengkristal serta menyebabkan gangguan kesehatan Anda. Penyakit ini kebanyakan menyerang mereka yang sudah berusia lanjut, akan tetapi tidak menutup kamungkinan asam urat juga dapat menyerang Anda yang masih berusia muda dan masih produktif.

Sponsot: dr rochelle skin expert

Ada sebuah kepercayaan yang beredar ditengah masyarakat bahwa jika menderita asam urat maka harus menjauhi beberapa jenis makanan tertentu karena dapat memperparah keadaan, salah satu jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi tersebut adalah emping. Emping adalah sebuah camilan yang berasal dari buah melinjo yang ditumbuk dan dipipihkan kemudian digoreng. Emping mempunyai rasa yang sangat renyah, gurih, dan enak. Bagi penderita asam urat tidak boleh makan emping karena beberapa sebab, diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Mengandung Minyak

Setiap emping melinjo pasti akan digoreng terlebih dahulu sebelum dapat dikonsumsi. Proses penggorengan tersebut pasti menggunakan minyak goreng sebagai medianya untuk menggoreng makanan ini. Semua jenis makanan yang telah digoreng maka minyak akan meresap ke dalam makanan tersebut sehingga minyak ikut dikonsumsi bersama makanan yang telah digoreng. Minyak tersebut dapat memicu munculnya lemak dan lemak adalah hal yang harus dihindari bagi penderita asam urat. Bukan ,hanya emping saja yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat, akan tetapi semua jenis makanan yang digoreng serta mengandung minyak sangat dianjurkan untuk dijauhi.

  • Mengandung Purin

Alasan mengapa penderita asam urat tidak diperbolehkan mengkonsumsi emping adalah adanya senyawa purin yang ada di dalamnya. Purin adalah sebuah senyawa alami yang terdapat dalam makanan atau minuman yang akan diuraikan oleh asam urat di dalam tubuh. Apabila Anda mangkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin maka yang terjadi adalah pencernaan Anda akan lebih banyak menghasilkan asam urat untuk melarutkannya, sehingga hal ini sangat beresiko memunculkan masalah asam urat dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Emping melinjo adalah salah satu jenis makanan yang banyak mengandung purin di dalamnya sehingga sangat dianjurkan untuk dicegah serta dijauhi dari mengkonsumsi makanan berpurin tinggi ini. Jika Anda menginginkan asam urat Anda stabill atau asam urat dalam tubuh Anda tidak menimbulkan masalah maka ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang menyehatkan serta menghindar dari mengkonsumsi emping.

Selain emping ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat diantaranya adalah jeroan, kaldu daging, sosis (olahan daging), bebek, burung, dan semua jenis ikan dan makanan laut. Dan semua makanan itu memang harus diwaspadai.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top