Travelling

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berpergian

Liburan adalah moment paling menyenangkan. Namun masih saja ada orang yang gagal dalam berlibur. Terdapat banyak kekacauan yang terjadi selama perjalanan liburan. Dibutuhkan persiapan matang akan membuat Anda semakin nyaman selama liburan tanpa gangguan yang berarti. Karena masalah dapat saja muncul. Banyak yang perlu dipersiapkan sebelum berpergian. Mulai dari memesan tiket, packing bawang bawaan, hingga selama perjalanan menuju destinasi wisata sudah harus direncanakan semuanya dengan baik.

yang perlu dipersiapkan sebelum berpergian

Sponsor: produk pemutih wajah

  1. Tentukan Tempat Tujuan Berlibur Anda

Ini adalah yang paling penting di antara semuanya. Sepele, tetapi masih banyak yang tidak melakukannya. Kebanyakan dari kita maih menentukan secara mendadak. Pas hari H, misalnya. Padahal tujuan akan berdampak pada kendaraan dan jadwal keberangkatan anda. Hari libur mestilah banyak pula yang berlibur, sehingga kemungkinan besar jalanan akan macet, penuh kendaraan. Dengan anda menentukan tujuan, akan mudah mengatiur jadawal keberangkatan. Anda bisa pergi jauh-jauh hari guna menghindari kemacetan.

Atau semisal akan naik transportasi umum, anda juga bisa memesan tiket keberangkatan sebelum kehabisan. Sebab di moment liburan pasti tiket cepat ludes. Saat anda bisa menentukan tujuan jauh-jauh hari, lalu menentukan jadwal berangkat, setidaknya dapat menghindari kemacetan.

  1. Tentukan Kendaraan yang Akan Anda Gunakan

Setelah menentukan arah tujuan, tentukan kendaraan yang hendak anda tumpangi. Apakah menggunakan kendaraan pribadi, ataukah menaiki transportasi umum. Ini akan mempengaruhi apa saja yang perlu anda persiapkan. Mulai dari perbekalan, tiket bila naik transportasi umum, sampai jadwal keberangkat.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa periksa kembali. Agar perjalanan anda aman dan selamat sampai tujuan.

  1. Booking Tiket Transportasi

Jika Anda berencana liburan mengunjungi beberapa tempat, pastikan anda sudah memesan tiket transportasi terlebih dahulu. Ada banyak jenis transportasi umum: bus, kereta api, kapal, atau pesawat. Pilih sesuai kebutuhan. Penting pula mempertimbangkan dari segi anggaran. Bila bisa dilalui jalur darat, anda bisa memilih bus atau kereta api. Jika harus menyebrangi pulau, gunakan kapal. Namun seandainya butuh cepat, atau barangkali tujuan luar Negara, maka naiklah pesawat.

Dalam memilih bus, biar nyaman tidak ada salahnya pilih fasilitas VIP. Perhatikan juga track record keselamatannya. Karena keselamatan adalah utama. Berlaku pula dengan transportasi kereta api. Tetapi sepertinya saat ini pelayanan kereta api sudah jauh lebih baik. Anda tinggal memilih fasilitas ekonomi, bisnis, atau ingin eksekutif. Kalau terdapat anak kecil dalam anggota keluarga, ini juga perlu diperhatikan. Sebaiknya masing-masing saling bagi tugas. Ada yang bertanggung jawab dengan barang bawaan, yang lain bertanggung jawab atas anak-anak kecil.

Jika menggunkana pesawat, usahakan pilih jalur satu arah—kalau tujuan anda lebih dari satu tempat. Demikian berguna untuk meminimalisir anggaran. Anda perlu pilih satu penerbangan saja yang searah, selanjutnya bisa dilanjutkan dengan perjalanan darat atau laut. Dari daerah satu menuju daerah lainnya dapat ditempuh dengan menggunakan jalur darat apabila jarak tidak terlalu jauh, Apabila harus menggunakan jalur laut, tempuh pakai kapal. Secara anggaran akan lebih hemat. Di samping itu akan dapat perjalanan liburan yang rasanya berbeda.

  1. Persiapkan anggaran sebelum berlibur

Yang dimaksud dengan persiapkan tiket di sini adalah persiapkan secara dana. Sebab travelling perlu menyimpan uang sebagai jaga-jaga bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ketika ingin berlibur ke luar negeri , Anda perlu mengumpulkan uang terlebih dahulu, bukan? Mempersiapkan semuanya dari jauh hari dapat membantu Anda mengurangi beban di awal.

Tidak hanya menabung uang untuk tiket, pun selama berlibur juga perlu dipersiapkan. Sebagai upaya penghematan, bisa menerapkan trik-trik: bawa bekal untuk di perjalanan, kurangi beli sesuatu tak penting, pilih tempat makan yang terkenal murah, dan lain sebagainya.

  1. Bawalah busana yang banyak fungsi

Anda wajib memilah busana-busana yang hendak anda bawa. Seperti memilih pakaian  multifungsi macam jaket, jeans, sweater, t-shirt, blazer. Bawa busana berwarna gelap atau netral agar mudah dipadupadankan. Sehingga tidak usah membawa banyak pakaian. Tata secara rapih dalam tas supaya muat seluruhnya. Jangan lupa bawa tas yang mudah dibawa—sesuaikan dengan keadaan.

  1. Gunakan petunjuk arah digital

Adanya perkembangan teknologi, akan semakin mempermudah perjalanan liburan Anda. Ada banyak fitur untuk mencari petunjuk jalan. Seperti salah satunya ialah google maps. Anda dapat menggunakan google maps sewaktu mencari destinasi wisata. Anda juga bisa memanfaatkan wifi. Carilah tempat-tempat menarik yang ingin Anda kunjungi. Matikan data roaming sehingga lebih menghemat pengeluaran.

  1. Buat list barang apa saja yang akan dibawa

Supaya memudahkan, buatlah list atau daftar barang yang perlu dibawa. Hal ini mencegah ketertinggalan barang baik di rumah maupun tempat penginapan. Ini juga membantu anda dalam mengecek apakah semua kebutuhan telah tersedia.

Terpenting agar seluruh barang Anda bisa terbawa dan masuk ke dalam tas/koper, klasifikasikan dan susun barang bawaan Anda dengan baik dan rapih. Seperti alat makeup, peralatan mandi, aksesori, dan lainnya.

  1. Selesaikan semua tugas

Segera selesaikan tugas dan pekerjaan dari kantor supaya liburan tidak terganggu dengan telepon dan email yang berkaitan dengan pekerjaan. Agar anda bisa berlibur dengan tenang.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top