Motivation

Antisipasi kekecewaan berlebih akibat gagal dalam tes kerja

Bukan menjadi rahasia lagi bila mencari pekerjaan di jaman sekarang susahnya minta ampun. Bahkan iwan fals dalam lagunya yang berjudul sarjana muda pun telah menuliskan bahwa sekelas sarjana pun masih sangat susah untuk mencari kerja. Apalagi yang hanya memegang ijasah setingkat SMA, sudah dipastikan mereka akan jauh lebih susah mendapatkan pekerjaan. Terkadang ketika kita masih di bangku sekolah, kita sering membayangkan bahwa nanti akan lulus dan masuk kuliah serta mendapatkan pekerjaan yang enak, jabatan tinggi serta gaji melimpah. Namun setelah ia lulus kuliah, kesana kemari membawa ijasah tidak ada perusahaan yang meliriknya, setiap perusahaan yang ia lamar, ia selalu gagal dalam tes kerja. Harapan yang telah dilambungkan tinggi seketika hancur menghantam karang keras. Apa yang terjadi? Kekecewaan yang sangat mendalam.

Gagal dalam tes kerja

Sponsor – produk pemutih wajah

Umumnya perusahaan banyak yang melihat para pelamar dari kampus mereka berasal. Apaah kampusnya memiliki reputasi yang bagus atau tidak. Bila tidak maka mereka tidak akan memanggil pelamar tersebut. Namun rupanya tidak semua kampus yang memiliki reputasi baik mahasiswanya juga memiliki kemampuan yang dibutuhkan perusahaan. Pada akhirnya ketika perusahaan melakukan tes kerja terhadap mereka, mereka pun gagal memenuhi persyaratan. Selain itu, banyak pula perusahaan yang menginginkan pekerja yang sudah memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut. Sehingga lulusan universitas yang belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate tidak akan pernah di lirik oleh perusahaan. Padahal jumlah lulusan universitas di indonesia sangat banyak sekali. namun selama perusahaan hanya menerima mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja maka lulusan-lulusan universitas ini akan selamanya menganggur.

Sulitnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan yang telah kita idam-idamkan sebelumnya akan membuat kita merasakan kekecewaan yang mendalam. Kekecewaan yang mendalam ini dalam titik tertentu akan menimbulkan trauma bagi kita secara psikologis. Hingga akhirnya kita selalu pesimis ketika mencari pekerjaan, dan berhenti mencari serta menjadi pengangguran. Mereka akan menambah jumlah pengangguran di negara ini. Hingga akhirnya menjadikan kriminalisasi sebagai jalan keluar dari permasalahan mereka.

Dampak rasa kecewa ini sangatlah besar. Tidak akan bisa dipandang sepele. Apalagi ketika ekspektasi atau harapan yang telah dibangun sebelumnya sangatlah besar, ketika kenyataan tidak seperti yang mereka harapkan maka mereka akan terjebak dalam kekecewaan yang sangat mendalam. Semakin tinggi jurang kesenjangan antara ekspektasi dengan kenyataan maka semakin besar pula rasa kecewa yang tercipta.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari jurang kekecewaan akibat susahnya mencari kerja di jaman serba modern ini?

Jangan pernah berharap berlebihan tanpa menimbang jalan untuk mencapainya

Kebanyakan dari anak muda yang baru atau akan lulus kuliah adalah membayangkan dirinya langsung mendapatkan jabatan tinggi di suatu perusahaan ternama dengan gaji yang besar. Tidak ada salahnya memiliki mimpi untuk mecapai karir yang tinggi. Namun jangan hanya Cuma berani memimpikan saat-saat dimana kita telah berada di puncak karir dengan jabatan tinggi, serta gaji yang besar. Namun kita juga harus berani membayangkan betapa sulitnya jalan serta dinamika untuk mencapai puncak karir tersebut. Hal inilah yang seirngkali luput dari bayangan masa depan yang ada di benak para mahasiswa.

Tidak ada seorang pun yang sukses tanpa melewati jalan yang penuh duri. Steve jobs saja mendirikan perusahaan apple yang saat ini menjadi perusahaan dengan skala internasional dan omset yang luar biasa besarnya tidak dalam satu hari. Ia pernah mengalami berbagai macam penolakan serta kegagalan tak terhitung jumlahnya sebelum meraih kesuksesan. Oleh karena itu agar kita tidak terjebak rasa kecewa mendalam akibat mengalami kegagalan dalam berusaha.

Menyiapkan plan cadangan

Ketika kita merumuskan perencanaan karir masa depan kita, maka kita pun harus menyiapkan plan cadangan agar ketika plan karir kita yang utama tidak berhasil tercapai kita tidak akan terjebak dalam kegalauan serta kebimbangan akibat kehilangan arah jalan masa depan. Hal ini sangat penting. Bahkan walikota Surabaya, Tri Rismaharini selalu berpesan kepada para pencari kerja saat membuka bursa kerja di Surabaya, bahwa para pencari kerja jangan hanya menunggu adanya lowongan pekerjaan, namun harus berani menciptakan lapangan pekerjaan sendiri atau dengan kata lain berwirausaha.

Entrepreneurship saat ini tengah dinilai sebagai solusi atas banyaknya pengangguran di negara ini. Bahkan pemerintah pun tidak tanggung-tanggung menyediakan infrastruktur bagi mereka untuk mendukung kegiatan usahanya. Dan hal ini terbukti sangat efektif. Memang dalam benak kita mungkin terbayang betapa susahnya merintis usaha sendiri dari nol. Lebih enak kita kerja sebagai karyawan, tinggal menjalankan pekerjaan dan setiap bulan mendapatkan gaji tetap. Padahal dengan menjadi wirausahawan selain kita akan bermanfaat untuk orang lain karena mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas. Kita juga akan mampu mendorong perekonomian daerah jauh lebih maju lagi.

Nah tidak ada salahnya kita menempatkan wirausaha sebagia plan cadangan kita. sehingga ketika kita mengalami kegagalan dalam mencari kerja, kita tidak akan galau dan bingung berlebihan kehilangan arah tujuan. apalagi saat ini kan lagi booming banget start up industri kreatif yang tengah berkembang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top