Manfaat Tanaman

Anti Depresan Alami, Tanaman Inilah Yang Bisa Atasi Stress

Selain buah segar, beberapa tanaman ternyata mampu menurunkan tingkat, depresi atau stess seseorang. Stress adalah gangguan emosional yang bisa terjadi pada siapa saja termasuk orang tua dan anak-anak. Penyakit ini harus segera mendapatkan terapi penyembuhan pasalnya stress adalah sumber awal penyebab penyakit. Stress bisa dipicu dari banyak faktor seperti pekerjaan, ekonomi dan masih banyak lainnya.

Sponsor: pemutih wajah

Stress bisa diatasi dengan berbagai cara salah satunya dengan menanam bunga. Aktivitas ini dinilai banyak orang cukup ampuh sebagai antidepresan alami dan peningkat suasana hati. Bukan narkoba tapi tanaman inilah yang bisa atasi stress beberapa waktu saat dikonsumsi.

1. Biji bunga matahari

Anti Depresan Alami, Tanaman Inilah Yang Bisa Atasi Stress

Selain lezat dimakan, biji bunga matahari adalah sumber antidepresan terbaik. Bijinya mengandung zat fenilalanin. Fenilalanina sendiri adalah suatu asam  amino sangat penting. Bersama dengan taurin dan triptofan, senyawa ini sangat bagus sebagai zat penghantar pesan pada sistem saraf otak. Dalam tubuh, zat ini mampu mengubah fenilalanina menjadi tirosina, yakni sebuah asam amino yang dibutuhkan untuk proses andrenalin, norandrenalin juga hormon tiroid. Hormon noradrenalin inilah yang mampu memberi efek psikologis yang berguna mengatasi kemungkinan depresi. Jika tubuh kekurangan asam amino maka kemungkinan tubuh akan mudah mengalami kebingungan, kecemasan, kurang bergairah, kesulitan mengingat hingga depresi atau stress. Untuk bisa mengkonsumsi biji bunga matahari dengan aman, maka pilih benih yang berwarna coklat, kemudian potong hingga bagian batang. Kemudian gantung secara terbalik di tempat yang memiliki sirkulasi kering. Jika ingin dikonsumsi, Anda bisa merendam delama satu malam kemudian panggang supaya teksturnya renyah.

2. Chamomile

Anti Depresan Alami, Tanaman Inilah Yang Bisa Atasi Stress

Chamomile adalah tanaman yang kayak kuersetin serta asam kafeik. Asam ini berguna untuk mengurangi gangguan stres. Kuersetin, adalah suatu flavonol yakni zat antioksidan yang mampu mengatasi berbagai penyakit seperti kanker. Bunga ini sudah sejak lama dijadikan herbal kuno yang menyembuhkan. Chamomile juga kaya manfaat dan seringkali dimanfaatkan sebagai teh herbal. Selain itu, tanaman ini sudah banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi insomnia karena terdapat zat yang bersifat menenangkan. Untuk mendapat manfaatnya, cobalah untuk mengkonsumsinya dalam bentuk teh dengan cara merendamnya ke dalam air mendidih, dan masak  selama 10 menit. Minum teh chamomile 2-3 kali sehari untuk mengurangi risiko stres.

3. Ginkgo Biloba

Anti Depresan Alami, Tanaman Inilah Yang Bisa Atasi Stress

Salah satu obat terbaik untuk peredam stres dan depresi adalah tanaman Ginkgo Biloba. Tanaman ini memiliki sifat antioksidan sekaligus obat penenang alami. Mengkonsumsi ekstrak dari daun Ginkgo Biloba mampu meredakan kecemasan akibat stress akibat dari adanya senyawa glikosida flavonoid dan terpenoid. Menurut studi, stress yang terlalu sering dan berkepanjangan dapat picu penyakit azheimer atau demensia. Jika tubuh mengalami stres, otak akan memproduksi hormon kortisol dan sistem imun tubuh akan berkurang. Jika hormon ini tinggi dapat menyebabkan kerusakan hippocampus atau area yang berhubungan dengan ingatan. Manfaat Ginkgo Biloba mampu memperbaiki fungsi otak dimana ada sejumlah enzim sebagai perangsang sistem neurotransmitter. Tanaman ini juga bekerja dalam memberikan stimulan positif pada ingatan, daya pikir, kosentrasi, mengatasi efek lelah pada otak hingga mampu menstimulasi kemampuan cognitif dengan memberi pengaruh positif pada demensia dan alzheimer.

4. Lavender

Anti Depresan Alami, Tanaman Inilah Yang Bisa Atasi Stress

Lavender adalah tanaman asli kawasan pegunungan Mediterania yang dikenal sebagai tanaman untuk wewangian dimana memiliki aroma yang menenangkan yang sering digunakan sebagai antidepresan. Lavender juga memiliki banyak khasiat untuk meredakan gangguan kecemasan (anxiety) yang menjadi pemicu stress. Mengkonsumsi teh lavender akan memberikan efek penenang pada pikiran serta merilekskan tubuh. Kemudian teh herbal ini mampu juga menstabilkan suasana hati (mood) yang mana mereka yang menderita depresi memiliki mood yang cenderung berubah cepat. Teh lavender mampu menyeimbangkan dan menstabilkan beberapa fungsi organ tubuh termasuk fungsi syaraf otak. Selain dijadikan minuman, Anda juga bisa menggunakan terapi lain yakni menaruh beberapa tanaman lavender di tempat banyak sinar matahari.

5. Oregano

Anti Depresan Alami, Tanaman Inilah Yang Bisa Atasi Stress

Oregano sering dijadikan bahan rempak atau bumbu masakan. Oregano memiliki sifat penenang yang bisa mengurangi depresi, stres sekaligus mengusir kecemasan akibat pikiran berat. Tanamam ini hampir ini mirip dengan daun mint yang mampu memberikan aroma kuat yang sedap, terasa hangat dan sedikit pahit. Minyak oregano juga sebagai penyembuh alami dengan sifat anti inflamasi dan anti bakterinya karena terdapat senyawa yang berefek terapi carvacrol, minyaknya adalah obat alami dan aman untuk dihirup bahkam jika ditelan pun tidak akan menimbulkan efek samping. Oregano adalah tanaman yang kaya asam rosmanik, asam kafeik, dan kuersetin yang mampu mengatasi gangguan depresi. Untuk mendapat manfaatnya, Anda bisa menambahkan oregano kedalam salad. Anda juga bisa tambahan daun min atau basil supaya rasanya lebih segar.

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari tanaman bunga hias yang ternyata bisa kita makan. Yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat adalah cara untuk mencegah kita dari gangguan depresi atau stress. Penyakit tersebut bisa muncul dari banyak faktor. Pastikan Anda melakukan hal-hal yang bisa membuat pikiran dan tubuh menajadi rileks. Olahraga atau meditasi bisa juga menjadi pelengkap Anda untuk bebas dari stress dan depresi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top