Makanan Kesehatan

Anda Penyuka Madu? Ternyata Madu Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Manusia!

Manfaat madu bagi kesehatan manusia – Di alam ada banyak mahkhluk hidup yang memberikan manfaat bagi manusia. Baik hewan maupun tumbuhan. Mereka dapat manusia pergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satu dari hewan adalah lebah. Hewan satu ini dikenal mempunyai sengatan yang menyakitkan. Namun rupanya lebah dapat menghasilkan sesuatu yang berguna dan tentu sangat baik untuk manusia. Yaitu madu.

Manfaat madu bagi kesehatan manusia

Sponsor : cream pemutih wajah

Anda pasti tahu dan penyuka madu. Saat ini telah banyak yang memperjual belikan madu. Berbagai madu telah tersedia dalam kemasan praktis. Sehingga kita tak perlu repot mengolah dari lebah.  Minuman yang enak sekaligus mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Biasanta madu digunakan sebagai pemanis alami. Dicampurkan dalam minuman hangat seperti ai putih, teh, atau susu. Selain dapat menjadi pemanis alami, madu rupanya juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya untuk berbagai penyakit serta beberapa keluhan di tubuh manusia. Inilah beberapa manfaat madu bagi kesehatan manusia:

  1. Mengobati Penyakit Batuk

Menurut studi Penn State College of Medicine pada tahun 2007, dengan melibatkan 139 anak-anak bahwa madu efektif menghilangkan batuk. Kandungan Dekstrometrofan dalam madu yang berfungsi menenagkan batuk di malam hari. Juga mampu meningkatkan kualitas tidur anak-anak. Studi lain juga pernah dilakukan oleh Prediactris. Dilakukan pada 270 anak-anak yang berusia 1-5 tahun. Semuanya adalah penderita batuk dan pilek. Dalam penelitian ini mereka disuruh minum madu sebanyak dua sendok teh tiga puluh menit sebelum tidur. Hasilnya anak-anak tersebut mengalami penurunan pada intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum batuk.

  1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Penyakit kanker dan penyakit jantung merupakan penyakit paling berbahaya di kalangan manusia. Tapi tenang saja. Kita bisa mencegahnya dengan rutin konsumsi madu. Salah satu zat yang terkandung dalam madu yaitu flavonoid , anti oksidan dapat membantu mengurangi resiko beberapa jenis penyakit kanker, pun dengan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Berdasarkan penelitian yang dirilis dari Reuters, sejumlah 102 wanita usia menopause wajib mengonsumsi 20 gram madu dalam satu hari. Selama empat bulan, mereka yang konsumsi madu daya ingatnya meningkat.

  1. Sebagai Sumber Nutrisi yang Lengkap

Madu mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan madu adalah niacin, riboflavin, kalsium, magnesium, tembaga, besi, asam pantonetat, fosfor, kalium, dan seng. Berbagai vitamin dan mineral inilah yang befungsi untuk kebaikan jangka panjang juga jangka pendek bagi kesehatan tubuh manusia.

  1. Sangat Ampuh Untuk Menghilangkan Luka

Dalam hasil berbagai penelitian, dinyatakan madu mampu mengobati luka. Sebuah penelitian di Norwegia, dengan terapi menggunakan madu Medihoney asal Selandia Baru dan Norwegian Forest berhasil membunuh bakteri dalam luka. Studi lain sebanyak 59 pasien yang menderita luka serta borok kaki, 80% dari mereka sudah gagal untuk sembuh dengan menggunakan pengobatan konvensional. Kemudian diobati dengan madu yang belum diobati secara konvensional. Mereka menunjukkan peningkatan luar biasa setelah diolesi dengan madu. Luka tetap steril dari awal hingga akhir. Sementara luka yang telah terinfeksi menjadi steril setelah menggunakan madu. Cara penggunaannya mudah:

  • oleskan secara langsung, kemudian ditutup dengan kain kassa. Ulangi setiap 12 sampai 48 jam.
  • untuk pembersihan lukan, campurkan madu dengan sedikit air. Oleskan untuk membersikan luka.
  1. Metabolisme Alkohol

NYU Langone Medical Center menyatakan bahwa madu yang langsung diminum akan meningkatkan kemampuan metabolism alkohol. Di mana tubuh dapat mengurangi serta membatasi kadar alkohol dalam tubuh dengan lebih cepat.

  1. Melenyapkan Alergi

Sudah banyak orang yang telah mencoba madu untuk mengurangi gejala-gejala alergi. Seperti influenza dan batuk (seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya). Sebab dari beberapa fakta dari para ahli, madu mengandung jejak serbuk sari bunga dan paparan allergen yang bekerja untuk mengurangi gejala alergi.

  1. Memerangi Bakteri

Menurut hasil studi secara klinis, madu terbukti bisa membunuh pathogen penyakit yang disebabkan makanan seperti E. coli dan salmonella, juga methicillin-resistannt staphylocococus aureus dan Pseudonomas aeruginosa.

  1. Dapat Mencegah Penurunan Jumlah Sel Putih

Salah satu situs kesehatan online menyatakan bahwa madu dapat digunakan untuk mencegah menurunnya sel darah putih dalam tubuh. Ini merupakan cara yang cukup murah untuk dilakukan. Pernah dilakukan semacam percobaan kecil, 40 persen pasien penyakit kanker tidak terjadi penurunan sel darah putih secara berarti. Namun kemudian diberi madu sebanya dua sendok the setiap hari selama kemoterapo. Hasilnya cukup memuaskan.

  1. Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa madu mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh manusia. Dan kandungan tersebut bermanfaat bagi metabolisme.

  1. Mencegah Diabetes

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa madu dapat digunakan sebagai pemanis alami. Madu lebih baik dibandingkan gula. Karena tingkat kalori lebih rendah. Untuk itu dapat dicampurkan ke dalam masakan atau minuman.

Bagi yang terancam terkena diabetes, juga penderita diabetes, anda bisa menggunakan madu sebagai pengganti gula. Selain manis, madu juga lebih menyehatkan.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top