Motivation

Anda Merasa Iri Dengan Karir Teman, Ingatlah Akan Hal Ini!

 Anda Merasa Iri Dengan Karir Teman, Ingatlah Akan Hal Ini!

Agar tidak iri dengan karir teman. Bukan hanya soal diri Anda priadi, tetapi siapa pun itu tentu memiliki pilihan pekerjaan sesuai bidang yang disukainya masing-masing. Meskipun pekerjaan yang kita miliki sudah cukup mampu membuat kita bahagia, namun kenyataannya masih saja kita merasa iri dengan kesuksesan orang lain. Seolah apa yang kita lihat diluar sana menjadi beban baru dalam hidup kita. Tak jarang, semua ini membuat kita sering membandingan antara karir sendiri dengan orang lain. Apakah ini normal? Ingatlah bahwa apa yang Anda lakukan untuk hidup harus dimulai dari pikiran yang jernih dan hati yang bersemangat. Supaya hidup Anda tak selalu diselimuti rasa iri karena melihat karir orang lain yang cukup cemerlang, berikut hal yang bisa dilakukan.

Anda Merasa Iri Dengan Karir Teman, Ingatlah Akan Hal Ini!

Sponsor: dr rochelle skin expert

1. Ketahui bahwa Anda dan orang lain sama-sama berjuang

Kapan Anda mengingat masa-masa sulit dan membuat hidup serasa ingin berputus asa karena sulitnya mendapat pekerjaan? Atau disaat Anda berkali-kali ditolak oleh perusahaan? Ketahui juga bahwa orang lain pun pasti merasakan hal yang sama dengan Anda. Siapa pun itu, karir yang sukses selalu dimulai dari yang paling bawah bahkan di saat terpuruk sekalipun. Tidak ada sesuai yang bisa diraih secara instan. Karena itu usaha adalah modal dan ketekukan serta niat yang kuat akan memudahkan jalan kita. Jika pada kenyataannya teman Anda saat ini telah berada di karir yang menjanjikan, bisa jadi Anda tidak pernah tahu bagaimana ia memulainya dari bawah dan membangun profile pekerjaannya dari nol.

Anda Merasa Iri Dengan Karir Teman, Ingatlah Akan Hal Ini!

2. Kebahagiaan bukan hanya soal materi

Apa yang selama ini membuat hidup Anda bahagia? Apakah materi atau masih ada kebahagiaan lain yang timbul selain materi? Yah, kenyataannya kebahagiaan itu tidak selalu diukur oleh tingginya jabatan, dan banyaknya harta yang kita kumpulkan karenna bekerja siang malam. Namun kebahagiaan bisa muncul dari apa yang dianggap paling sederhana pun. Seperti membuat orang lain bahagia, membantu sesama, menyisakan sedikit uang untuk diberikan kepada yang berhak, melakukan aktifitas sederhana dan masih banyak lainnya.

Mereka yang bekerja jauh dari keluarga juga akan merasakan jika kebahagiaan itu dapat muncul jika kita selalu dekat dengan keluarga. Jangan iri dengan harta yang orang lain miliki sehingga kita lupa dengan kebahagiaan diri sendiri. Misalnya, karena ingin mengumpulkan banyak uang atau ingin membeli tas bermerek, membuat kita letih mengejarnya siang dan malam atau menghabiskan waktu dan tenaga banyak hanya untuk mengejar sesuatu yang kita anggap itulah kebahagiaan. Kebahagian tak kunjung didapat, padahal kebahagiaan batin itulah yang utama. Jangan sampai kita terjebak dalam pemikiran jika materi adalah sumber kebahagiaan.

Anda Merasa Iri Dengan Karir Teman, Ingatlah Akan Hal Ini!

3. Jangan pernah membandingkan

Melihat orang lain lebih sukses dari kita, biasanya akan membuat sedikit iri. Apalagi jika kesuksesannya tersebut bisa membuatnya bahagia dan membahagiakan orang di sekitarnya. Tentu saja bisa saja membuat kita semakin iri padanya. Apakah boleh membandingkan diri kita dengan orang lain? Tentu saja Anda harus membuang perasaan tersebut. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain memang sulit kita ubah, padahal tanpa sadah hal itu bisa membuat Anda sulit berkembang karena terlalu sibuk dengan kesuksesan orang lain. Bisa jadi malah membuat Anda terlihat menyedihkan, rendah diri bahkan kurang dicintai orang lain.

Jadi mulailah bersihkan hati dan pikiran dari rasa cemburu karena melihat kesuksesan orang. Alasan utama menghapa Anda tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah karean setiap orang jelas berbeda. Janganlah meratapi perbedaan itu namun merayakan bahkan kita dilahirkan berbeda. Alasan lain adalah tentu saja Anda tidak bisa merubah keadaan diri seperti fisik atau lingkungan. Anda cemburu dengan seorang ektrovert karena memiliki banyak teman atau iri dengan mereka yang pandai karena dianggap lebih berhasil, tetap saja semua itu sulit Anda rubah. Intinya, jadilah diri sendiri, menjadi lebih baik, pribadi yang menyenangkan dan senyum kepada semua orang. Anda juga bisa menyibukkan diri dan fokus untuk mengembangkan kesuksesan sendiri. Karena itulah kunci kesuksesan sejati.

Anda Merasa Iri Dengan Karir Teman, Ingatlah Akan Hal Ini!

4. Hidup hanya sekali, maka selalu bersyukur

Berapa banyak Anda bersyukur hari ini? Kunci kebahagiaan paling besar adalah selalu mensyukuri hidup dan membuang jauh rasa iri dan cemburu terhadap kesuksesan orang lain. Memiliki rasa iri hanya akan membuat Anda tidak bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki. Bahkan bisa jadi orang lain justru banyak yang menginginkan hidup seperti Anda. Anda bisa berfikir bahwa pekerjaan teman mungkin lebih mapan namun ingatlah bahwa belum tentu dirinya menikmati pekerjaan tersebut. Anda tidak pernah tahu bagaimana teman anda mengelola pekerjaan dan stress yang setiap hari dihadapi.

Seperti kata pepatah Jawa, “Urip Iku Sawang-Sinawang”, kadang kala kita hanya melihat sesuaitu yang tampak dari luarnya. Kita tak pernah tahu bagaimana perjalanan hidup yang sudah orang lain lewati sehingga bisa sukses dan berhasil. Bisa jadi ujian hidupnya benar-benar luar biasa dan jauh dari apa yang sudah Anda lakukan. Jadi mulai dari prasangka baik kepada teman Anda dan jangan pernah membandingkan hidup Anda dengannya. Tahukah Anda tentang sepatu Kaca milik Cinderella? Sepatu yang hanya cukup untuknya seorang. Artinya setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Dan tentang jalan hidup Anda, mulailah dengan bersyukur atas pekerjaan yang Anda miliki saat ini. Meski jabatan membuat kita serasa bisa memiliki namun belum tentu membuat kita bahagia.

Itulah tips agar kita selalu berfikir positif dan tidak iri dengan karir teman. Nikmati hidup Anda dan lakukan pekerjaan sebaik mungkin. Jika Anda senang dengan pekerjaan itu, maka energipun akan bertambah. Jika energi bertambah kita pun akan bisa meraih kesuksesan sesuai apa yang kita inginkan.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top