Olahraga

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

Tips olahraga di bawah ruang ac. Masyarakat modern saat ini sudah banyak yang memahami akan pentingnya melakukan gaya hidup sehat. Dengan kata lain, banyak masyarakat mulai sadar bahwa olahraga adalah gaya hidup sehat selain makanan bergizi. Maka dari itu, untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan oalahraga, kini ada banyak pusat kebugaran dan komunitas olahraga yang muncul. Olahraga dapat dilakukan dimana saja bahkan di dalam rumah sekalipun. Menurut pakar olahraga, berolahraga bisa dilakukan dimana saja karena sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan ketimbang tidak sama sekali.

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

Sponsor: dr rochelle skin expert

Memilih tempat untuk berolahraga sebenarnya memiliki manfaat positif dan negatifnya masing-masing. Jika olahraga di luar ruangan bisa berisiko alami dehidrasi dan kepanasan, sementara berolahraga di dalam ruangan juga bisa timbulkan dehidrasi dan kulit kering sebab ruang dengan fasilitas pendingin udara dapa membuat tubuh sulit berkeringan meski tubuh kehilangan banyak cairan. Tetapi segi kebaikan berolahraga di dalam ruangan adalah tubuh merasa lebih sejuk dan segar. Untuk itu mengapa ada banyak kelas kebugaran yang didalamnya memasang pendingin ruangan karena ingin memberi fasilitas kenyamanan. Jika AC tidak bekerja baik, pusat kebugaran tentu akan segera menghubungi jasa service ac untuk melakukan perbaikan.

Cara Mencegah Efek Buruk Berolahraga di Dalam Ruangan Ber-AC

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

1. Minimalisir paparan AC setelah tidak berolahraga

Apakah boleh berolahraga di ruang ber AC? Boleh saja asalkan Anda tahu batasan seberapa lama dan sering berada di dalam ruang dengan pendingin. Untuk menghasilkan udara sejuk Anda bisa memanfaatkan AC. Ruangan AC sangat cocok untuk Anda yang tengah menjalankan olahraga kelenturan ataupun yoga. Dengan udara yang sejuk dan dingin, Anda bisa fokus pada gerakan dan rileks lebih mudah. Pastikan suhu AC diatur dengan senyaman mungkin dan jangan terlalu dingin.

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

2. Batasi pemakaian sabut muka yang rentan buat kulit wajah kekeringan

Biasanya setelah bangun pagi, perawatan wajib dilakukan di pagi hari adalah mencuci wajah dengan sabun pembersih muka. Fungsi dari sabun muka adalah mengangkat kotoran dan minyak  yang menempel ketika tidur. Umumnya, sabun pencuci muka ada yang berfungsi mengangkat minyak berlebih sehingga jika terlalu sering digunakan maka kadar minyak dalam wajah bisa hilang dan saat memasuki ruang ber AC maka kulit wajah akan dehidrasi. Untuk membantu mencegah hal tersebut, pastikan Anda menggunakan lotion sebelum lakukan olahraga di bawah AC untuk mencegah kulit alami kekeringan. Anda dapat pula mengoleskan pelembab di tangan, leher, siku, atau bagian kaki. Krim dan minyak lotion membantu mempertahankan kelembaban kulit selama jalani olahraga didalam ruangan.

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

3. Minum banyak air untuk menjaga kulit dari dehidrasi

Selama berolahraga, tentu tubuh sedikit atau banyak akan menghasilkan keringat. Belum lagi paparan AC ketika melakukan olahraga didalam ruangan. Jangan sampai nanti kulit dan tubuh Anda kehilangan cairan karena menguap. Perbanyak minum air putih yang mudah diserap oleh tubuh untuk menjaga kelembaban kulit dan mengembalkan cairan tubuh. Cara lainnya bisa meletakkan satu mangkuk berisi air lalu dekatkan pada tubuh ketika berada di ruang ber-AC. Mengapa, cara ini bisa membantu mengurangi efek kulit kering.

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

4. Dapatkan kualitas lebih segar selama olahraga dengan meletakkan tanaman indoor

Ada alasan mengapa kita memilih olahraga di luar ruangan yakni demi mendapatkan udara segar dan kesejukan ketika melewati pepohonan. Udara di pagi hari yang bersih dan tanaman yang masih segar untuk menghasilkan oksigen alami. Tetapi jika Anda ingin dapatkan hasil yang sama saat berolahraga di dalam ruangan, cobalah meletakkan beberapa pot tanaman indoor. Fungsinya bisa membantu mengurangi paparan polisi di dalam ruangan atau polusi akibat dingin dari AC. Bukan hanya mmeberu udara sejuk tapi juga udara yang berkualitas meski berolaharag di dalam ruang ber AC.

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

5. Perbanyak aktivitas fisik meski di dalam ruangan

Meskipun Anda menghabiskan waktu olahraga di dalam ruangan hanya dengan yoga atau relaksasi, coba sesekali lakukan olahraga kardio seperti angkat barbel, latihan kekuatan atau olahraga lainnya. Jika sudah selesai berolahraga Anda dapat melanjutkan dengan aktivitas fisik lain misalnya membersihkan AC yang kotor. Membersihkan AC dan mengecek kondisinya sangat perlu agar perangkat yang satu ini tetap awet dan tahan lama. Jika Anda melihat ada yang tidak beres dengan kondisi AC di rumah, segela lakukan perbaikan dengan meminta bantuan jasa pasang ac terdekat. Secanggih apapun fasilitas di rumah Anda, jika menjaga kebersihan AC saja tidak dapat dilakukan maka kenyamanan pun tak bisa didapat. Sesekali Anda bisa membuka jendela rumah supaya cahaya dan udara dapat masuk ke dalam ruangan ber-AC.

Amankah Berolahraga Di Bawah Ruang AC? Inilah Tips Sehatnya

6. Gunakan hanya AC yang bebas CFC atau Freon

Terkhir, pastikan Anda memilih AC yang bebas CFC. AC dengan jenis ini dapat mempengaruhi kondisi lingkungan di sekitar Anda. Menurut ratifikasi standar lingkungan dunia, AC dengan CFC sudah mulai dihapur karena berakibat pada kerusakan lapisan ozon jika sering dinyalakan dalam waktu lama. CFC atau freon bisa alami kebocoran jika AC sudah lama atau kurang dalam perawatannya. Kebocoran freon memang tak menimbulkan dampak serius pada tubuh tetapi bisa sebabkan kerusakan pada lingkungan. Jadi, jika AC dirumah mulai kurang beres segera lakukan perbaikan ke teknisi AC atau ganti dengan yang baru. Bukan hanya membantu menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga didalam ruangan, akan tetapi Anda juga membantu menjaga lingkungan untuk kebaikan masa depan.

Demikian kebaikan yang dapat Anda dapatkan dengan melakukan olahraga didalam ruangan ber-AC. Meski udara yang dihasilkan sejuk, bukan alasan untuk tidak berolahraga meski didalam rumah. Olahraga akan membantu memaksimalkan metabolisme tubuh terlebih proses pembakaran kalori sehingga tubuh terhindar dari kegemukan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top