Gosip

Aman Puasa, Kenali Mitos seputar Diabetes Melitus

Aman Puasa, Kenali Mitos seputar Diabetes Melitus

Salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan bisa juga menyebabkan kematian cukup tinggi di Indonesia. Diabetes melitus atau lebih dikenal dengan nama penyakit gula bisa terjadi akibat dari tingginya kadar gula dalam darah. Pasie diabetes lebih disarankan agar berhati-hati ketika akan mengkonsumsi makanan maupun minuman terlebih saat menjalankan puasa. Di waktu puasa, pasien diabetes sebenarnya boleh tidak makan dan minum asal ketika waktu berbuka dan sahur harus tetap rajin mengontrol asupan gizi. Dan berikut ini mitos seputar diabetes melitus yang belum tentu terbukti kebenarannya namun terlanjur dipercaya oleh masyarakat luas.

Sponsor: cream perawatan wajah

Aman Puasa, Kenali Mitos seputar Diabetes Melitus

1. Konsumsi Gula Berlebih Dapat Menyebabkan Diabetes

Banyak orang yang beranggapan dan percaya jika orang yang banyak mengkonsumsi gula atau makanan yang serba manis dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, justru penyakit diabetes bukan diakibatkan karena banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula akan tetapi disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya aktivitas fisik maupun berolahraga. Jadi walaupun banyak mengkonsumsi makanan yang serba manis asalkan rajin berolahraga maka ada kemungkinan resiko diabetes dapat dicegah. Walaupun demikian ada baiknya Anda tetap mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang serba manis.

Aman Puasa, Kenali Mitos seputar Diabetes Melitus

2. Menu Makanan Membuat Penderita Diabetes Menderita

Ketika mengalami diabetes, sering terlintas dalam fikiran yakni banyaknya larangan mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Hal tersebut katanya dapat menyebabkan pusing dan dapat menambah tersiksa penderita. Akan tetapi pada kenyataannya penderita diabetes terbiasa dengan mengkonsumsi makanan sehat yang baru, dibutuhkan kreativitas tingkat tinggi jika tidak ingin makan dengan olahan yang itu-itu saja yang akhirnya mmbuat bosan.

Aman Puasa, Kenali Mitos seputar Diabetes Melitus

3. Karbohidrat Buruk Bagi Penderita Diabetes

Fakta menyebut jika kenyataannya penderita diabetes tetap diperbolehkan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat setiap hari, hanya saja porsinya harus diubah agar tidak berlebihan serta jangan pernah melupakan asupan nutrisi lainnya baik dari sayuran hijau maupun buah-buahan.

Aman Puasa, Kenali Mitos seputar Diabetes Melitus

4. Penderita Diabetes Lebih Baik Mengkonsumsi Protein Daripada Karbohidrat

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein memang sangat dianjurkan, akan tetapi jika terlalu banyak hal seharusnya baik bagi kesehatan akhirnya hanya akan mempeburuk keadaan. Protein yang berasal dari hewani jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan kesehatan sehingga paling tepat adalah boleh saja mengkonsumsi asalkan sesuai dengan takarannya dan tidak berlebihan.

Aman Puasa, Kenali Mitos seputar Diabetes Melitus

5. Tidak Bisa Mengkonsumsi Makanan Favorit

Makanan yang dilarang rata-rata sangat disukai dan merupakan makanan favorit Anda dapat mengakalinya dan lebih mudah mengganti dengan makanan lainnya. Misalnya harus mengurangi konsumsi yang manis-manis, Anda dapat menggantinya dengan banyak mengkonsumsi buah, rasa manis buah tetap aman bagi penderita diabetes.

Aman Puasa, Kenali Mitos seputar Diabetes Melitus

6. Pemanis Buatan Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

Makanan yang banyak mngandung pemanis buatan pastinya akan terasa lebih enak. Akan tetapi daripada mengkonsumsi makanan brpemanis yang pastinya tidak bagus untuk kesehatan lebih baik mengkonsumsi makanan yang manis secara alami seperti buah-buahan atau madu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top