Gosip

Alasan Keseringan Mandi Justru Bisa Jadi Bahaya

Alasan Keseringan Mandi Justru Bisa Jadi Bahaya

Mandi adalah salah satu cara yang sering kali dilakukan untuk membersihkankan kotoran atau keringat dari tubuh agar tubuh kembali menjadi bersih dan juga segar. Mandi akan sangat bermanfaat bagi kesehatan serta kesegaran badan jika dilakukan dengan cara serta waktu yang tepat. Akan tetapi mandi juga dapat membahayakan serta mengganggu kesehatan Anda apabila dilakukan secara tidak teratur atau keseringan. Berikut beberapa alasan keseringan mandi justru bisa jadi bahaya yang perlu Anda ketahui.

Sponsor: pemutih wajah

Alasan Keseringan Mandi Justru Bisa Jadi Bahaya

  • Benarkah Bisa Mengusir Bakteri Baik?

Ada riset terbaru yang mengatakan bahwa mandi terlalu sering justru bisa mengusir bakteria baik dalam tubuh sehingga sangat beresiko menghasilkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh, sistem kerja jantung, juga pencernaan. Bahaya keseringan mandi yang pertama adalah hilangnya bakteri baik dari tubuh yang mengakibatkan menurunnnya sistem imun tubuh serta berbagai macam gangguan kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Genetik Science Center di University of Utah kondisi tubuh yang terlalu bersih karena keseringan mandi mengakibatkan mikroba yang bersifat baik pada tubuh menjadi terganggu. Gangguan tersebut didapatkan dari penggunaan sabun dan shampo yang bersifat membunuh kuman serta bakteri yang ada pada tubuh. Akan tetapi zat kimia pada sabun ataupun shampo bukan hanya menghilangkan kuman jahat saja akan tetapi juga mengganggu perkembangan bakteri positif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. karena alasan itulah sistem imun tubuh menjadi terganggu dan menjadi menurun, jika sistem imun tubuh tergangu maka tubuh sangat rentan terserang berbagai penyakit serta gangguan kesehatan lainnya.

  • Hobi Mandi Dan Merenung Lama Dikamar Mandi Juga Bukanlah Kebiasaan Baik

Pernahkan melakukan kebiasaan mandi terlalu lama atau berendam selama berjam-jam? Jika kebiasaan itu sering dilakukan, maka mulailah saat ini membuang jauh kebiasaan tersebut. Bagi Anda yang suka berendam atau berlama-lama ketika mandi juga perlu memperhatikan kebiasaan tersebut, pasalnya kebiasaan tersebut akan membuat Anda sangat rentan menderita depresi. Hal ini terjadi karena ketika berlama-lama di dalam kamar mandi yang dilakukan adalah melamun. Sedangkan orang yang kebanyakan melamun menandakan bahwa Anda sedang merasa kesepian, merenung, dan tidak bahagia. Melamun yang terlalu lama juga bisa membuat kita merasa cepat tua dan penyebab stress. Efeknya bisa berdampak pada kesehatan fisik yaitu membuat pendeknya telomer atau asam nukleat pada area ujung kromosom penyebab pikiran mudah terserang kepikunan. Jika dibiarkan terus menerus akan berakibat buruk karena bisa mengakibatkan depresi pada fikiran Anda. untuk itu ada baiknya ketika mandi lakukanlah secukupnya saja dan tidak berlama-lama agar Anda terhindar dari kebiasaan melamun.

  • Bagi Anda Yang Sedang Galau Mandi Dengan Air Hangat Sangat Dianjurkan

Berendam dengan air hangat sangatlah menyenangkan karena Anda akan merasa nyaman dan tenang apalagi jika sedang mempunyai banyak fikiran atau sedang galau. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pshycology Jurnal Emotion mengatakan antara kesepian dan air hangat sangatlah erat kaitannya. Hal ini karena kucuran air hangat atau berendam pada air hangat sangat amouh untuk merelaksasikan fikiran dan mengembalikan kebugaran tubuh. Untuk itu jika Anda sedang mempunyai banyak masalah cara yang tepat untuk merelaksasikan fikiran Anda adalah dengan mandi dengan air hangat dan bukan mandi berlama-lama dengan air dingin. Meskipun air dingin bisa membuat tubuh lebih rilek tetapi bukan berarti Anda bebas melakukannya selama berjam-jam. Suhu dingin yang terlalu lama bisa membuat kulit tangan mengerut juga mudah membuat badan masuk angin.

  • Mandi Pagi Hari Dianjurkan Memakai Air Dingin

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan air hangat ketika mandi dipagi hari sebelum beraktifitas. Hal tersebut sering kali dilakukan dengan alasana hawa yang dingin yang membuat Anda malas untuk mandi. Kebiasaan tersebut tidaklah benar, jika Anda sedang dalam keadaan sehat ada baiknya Anda mandi menggunakan air dingin karena air dingin bermanfaat membuat badan menjadi segar dan siap untuk menjalani aktivitas. Selain itu mengalirnya air dingin pada tubuh ternyata juga ampuh untuk mencegah berbagai penyakit seperti flu dan infeksi.

  • Pemilihan Waktu Untuk Mandi Juga Penting

Tidak semua waktu baik dipergunakan untuk melakukan mandi, ada beberapa waktu yang harus dihindari jika Anda tidak ingin mengalami gangguan kesehatan akibat kebiasaan mandi tersebut. beberapa waktu tersebut diantaranya adalah pukul 18.00-19.00 yaitu dimana kondisi jantung melemah, jika Anda seruing melakukan mandi pada waktu tersebut akan sangat beresiko mengakibatkan penyakit paru-paru basah. 20.00-24.00 adalah waktu dimana jantung tidak siap menerima hawa dingin dari air, dan jika dipaksakan akan beresiko mengakibatkan gangguan jantung atau reumatik. Pukul 15.00-16.00 adalah saat dimana darah manusia dalam keadaan panas, jika didinginkan secara tiba-tiba dengan mandi yang terjadi adalah tubuh akan terasa lemas.

Itulah beberapa alasan yang seharusnya Anda hindari saat berada didalam kamar mandi. Berendam memang suatu kegiatan yang menyenangkan, namun apabila tidak dilakukan secara bijak justru bisa membuat tubuh kita kurang fit. Mandi terlalu maka selain mencegah masalah kesehatan juga menghindarkan kita dari perasaan galau, depresi juga kesehatan mental dan emosi dalam hidup Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top