Shopping

Alasan Kenapa Kita Harus Belanja Di Pasar Tradisional Ketimbang Di Pasar Swalayan?

Anda lebih suka belanja di pasar swalayan atau pasar tradisional? Jika lebih suka belanja di pasar swalayan, itu hak anda. Namun apabila lebih sering belanja di pasar tradisional pun tidak usah berkecil hati. Sebab ada beberapa alasan kenapa kita harus belanja di pasar tradisional ketimbang di pasar swalayan.

kenapa kita harus belanja di pasar tradisional

Sponsor: perawatan wajah

Secara umum definisi pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual lokal dengan pembeli, yang mana adanya suatu transaksi disertai tawar menawar sehingga tercapai kesepakatan harga. Sekarang pasar tradisional mulai tersingkirkan akibat makin maraknya  pasar swalayan. Bahkan sampai ditempat-tempat terpencil pun ada pasar swalayan. Jadi tidak heran kalau keberadaan pasar tradisional mulai dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Padahal belanja di pasar tradisional banyak keuntungannya. Salah satunya yaitu anda bisa tawar menawar. Juga produknya yang dijual lebih segar. Selain itu anda juga bisa berinteraksi secara langsung dengan para pedagang lokal. Lalu apalagi keuntungan yang didapat ketika belanja di pasar tradisional?

  1. Bisa tawar menawar

Tidak seperti di supermarket, harga jual di pasar rata-rata bisa ditawar. Ketika belanja di pasar tradisional kita bebas menawar harga. Semaki  jago menawar maka akan semakin murah pula harga barang yang didapat? Namun anda juga perlu berhati-hati, karena tidak semua barang dapat ditawar. Misalnya, makanan. Makanan seperti kebutuhan pokok, sayuran, dan sebagainya tidak dapat ditawar. Kalau macam pakaian, masih boleh ditawar harganya.

  1. Lebih lengkap dan banyak pilihan

Barang-barang yang ada di pasar tradisional pun biasanya jauh lebih lengkap daripada di supermarket. Apalagi minimarket. Hampir seluruh kebutuhan kita dijual di pasar tradisional, mulai bahan mentah, sayur mayur, buah-buahan, sampai alat rumah tangga.  Sebab dalam pasar tradisional ada berbagai penjual. Sehingga ketika mengunjungi pasar tradisional ingin membeli pakaian, tidak usah pergi ke tujuan lain. Cukup dengan sekali waktu anda dapat membeli semua kebutuhan.

  1. Cinta Dengan Produk Asli Dalam Negeri

Pasar tradisional kebanyakan menjual produk-produk lokal. Kalau memang anda cinta Indonesia, anda juga harus mencintai produk asli negeri. Berarti sudah saatnya anda belajar membiasakan belanja kebutuhan di pasar tradisional. Produk lokal tak kalah bagus dengan produk import, kok. Jadi tidak perlu khawatir. Selain itu anda pula turut mengapresiasi karya anak negeri sendiri.

Disadari atau tidak, semakin banyak pasar swalayan secara tidak langsung ikut menyebabkan pendapatan pedagang di pasar tradisional sedikit menurun. Seperti yang kita ketahui, pedagang di pasar tradisional merupakan pedagang kecil. Jika omset para pedagang kecil menurun, otomatis para produsen seperti petani dan peternak pun terkena dampaknya.

  1. Produk lebih segar

Di samping lebih lengkap, produk yang ada di pasar tradisional biasanya lebih segar. Oleh karena para pengepul mesti menyetok barang pagi-pagi sekali. Untuk kemudian dijual pada hari itu juga. Makanya kita sering menjumpai sayur,ikan, dan buah yang lebih segar. Dan proses tersebut berlangsung setiap hari.

  1. Jam Buka Lebih Awal

Pasar selalu buka lebih pagi. Anda tidak perlu khawatir masih tutup bila mengunjungi pasar di waktu subuh. Bahkan biasanya pukul 3 dini hari pasar sudah banyak yang beroperasi. Meski ada beberapa supermarket yang buka 24 jam, namun itu pun tidak semua pasar swalayan. Sehingga ini memudahkan bagi mereka yang mempunya usaha kuliner di pagi hari,  untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan.

  1. Pasar Tradisional Juga Tidak Kalah Nyaman

Apa pandangan anda begitu mendengar pasar tradisional? Kebanyakan dalam benak anda adalah tempat yang berantakan, penuh dengan sampah berserakan, becek saat hujan, bau tidak sedap, dan masih banyak lagi. Jangan salah, saat ini sudah banyak pasar tradisional yang tertata rapi dan bersih, lho. Contohnya saja di  Pasar Gede di kota Solo. Pasar yang merupakan pasar tradisional di Jawa Tengah ini tertata rapi. Tidak berantakan. Juga tidak terkesan sumpek karena atapnya yang tinggi. Sehingga cukup lega untuk dijelajahi.

  1. Harga Jual Bisa Lebih Murah

Selain dapat ditawar, belanja di pasar tradisional jauh lebih murah. Sebab penjual tidak perlu menghitung biaya sewa tempat beserta operasionalnya yang sangat mahal. Itu mengapa harga jual di pasar jauh lebih murah dibanding dengan harga di pasar swalayan.

  1. Dapat Lebih Akrab dengan Pedagang

Seandainya saja anda sering belanja di pasar tradisional, biasanya para pedangang akan ingat bila anda adalah pelanggan tetapnya. Tentu hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi anda. Karena di antara anda dengan pedagang terjalin komunikasi. Biasanya juga anda bisa diberi harga lebih murah lagi—berbeda dengan pembeli lainnya.

  1. Anda Tidak Perlu Berpakaian Mewah

Perempuan memang sedikit ribet jika hendak berpergian. Apalagi urusan belanja. Rata-rata wanita ingin tampil mewah saat berbelanja. Tetapi apabila anda termasuk malas dandan, tepat sekali pergi ke pasar. Karena di pasar tradisional tidak perlu tampil serba mewah.

Demikianlah beberapa alasan kenapa anda harus belanja di pasar. Ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh pasar swalayan. Perlu anda pahami bahwa dalam urusan belanja bukan gengsi, melainkan seuai kebutuhan. Jika memang kebutuhan bisa terpenuhi dengan beli di pasar tradisional, kenapa tidak?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top