Career Tips

Alasan Kenapa Bekerja Tak Mesti Harus Selalu Sesuai Passion

Saat mencari pekerjaan ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan dan salah satu hal yang sangat wajib untuk selalu menjadi pertimbangan adalah Passion kamu terhadap satu bidang. Memang bekerja akan terasa sangat nyaman dan menyenangkan ketika kamu bisa bekerja sesuai dengan hobi kamu. Selain bisa terus menjalankan hobi kamu, kamu juga bisa mendapatkan bayaran dari hal yang sangat kamu senangi tersebut. Menggiurkan dan sangat menyenangkan.

Sponsored: pemutih wajah

Alasan Kenapa Bekerja Tak Mesti Harus Selalu Sesuai Passion

Meskipun nampak sangat ideal namun kamu juga harus kembali ke realita apakah hobi yang kamu jalankan benar-benar bisa kamu jadikan sebagai profesi kamu. Bekerja Sesuai Passion memang akan sangat menyenangkan, namun bukan berarti bekerja yang tidak bisa sesuai dengan hobi juga menjadi pekerjaan yang pantang untuk kamu coba dan terima. Toh tak ada salahnya untuk mencoba hal yang baru dan siapa tahu hal tersebut malah membuka jalan untuk membuatmu menjadi lebih baik dalam karir mu. Berikut ini beberapa alasan kenapa bekerja yang tidak sesuai dengan passion bisa tetap menjadi pilihan untuk berkarirmu.

  • Hobi dan Gaji

Tak bisa dipungkiri jika gaji juga harus menjadi satu hal yang wajib untuk kamu pertimbangkan juga. Meskipun banyak yang rela melakoni pekerjaan dengan gaji sedikit karena passion yang mereka miliki, namun kamu juga tetap harus mampu berpikir secara real. Gaji yang sedikit apalagi dibawah batas kebutuhan kamu, sudah pasti akan kurang baik untuk dirimu. Bukan hanya soal hari ini saja, melainkan kamu juga harus mulai memikirkan tentang tabungan masa depan. Jika pekerjaan sesuai hobi hanya mendapat bayaran sedikit, sedangkan yang tidak sesuai bisa berkali lipat, kenapa tidak mencoba yang lain?

  • Bakat yang Tak Mumpuni

Coba saja untuk lebih menilai kemampuan diri anda sendiri apakah kemampuan dengan hobi setara atau tidak. Sebagai contoh juga anda bersikeras dengan hobi design atau menggambar, coba saja dinilai apakah gambaran atau design kamu layak dan diterima dipasar atau tidak. Jika memang sudah sangat mumpuni memang tak ada salahnya untuk terus mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan hobi, namun jika kemampuan pada hobi saja belum bisa mencukupi tentu sebaiknya sembari memperbaiki kemampuan tetap bisa mencari pekerjaan yang lain.

  • Bukan Bidang yang Banyak di Cari

Pada dunia kerja, tak semua hobi bisa tersedia pekerjaannya di dunia kerja. Sehingga kamu pun juga harus bisa membaca apa sekiranya hobi yang kamu jalankan akan tersedia di dunia kerja atau tidak. Paling tidak, kamu harus bisa membaca peluang apakah banyak di cari oleh perusahaan atau tidak. Jika memang tidak, cobalah untuk menerima jika masih banyak pekerjaan yang bisa saja nanti juga menjadi minat kamu yang baru.

  • Mencoba hal yang baru

Bekerja dalam satu bidang tentu bisa saja menimbulkan rasa kebosanan yang mendera. Jika satu hal saja yang kamu jalani setiap hari bisa saja kamu malah justru akan menjadi bosan dengan apa yang kamu kerjakan. Cobalah untuk menerima hal yang baru, meskipun tidak sesuai dengan minat dan passion kamu namun jika terus kamu coba untuk jalankan bisa saja malah akan cocok pada dirimu. Ada banyak sekali hal yang perlu kamu coba dan kamu kembangkan dari diri kamu, sehingga skala dirimu tak hanya terbatas dari hobi mu saja.

  • Hobi menjadi pekerjaan kedua

Jika memang kamu terlalu bersikeras sebagaimana mungkin cara kamu untuk membuat hobi mu bisa menjadi uang, coba saja untuk menjadikan hobimu sebagai pekerjaan kedua. Jika memang hobi mu bisa “dijual” cobalah menawarkan kemampuan untuk bidang yang lain. Misal gambar bisa kamu jadikan sebagai hobi yang lain yang kemudian kamu jual atau bisa mengajar untuk menggambar dan berbagai hal lainnya.

Memang bekerja sesuai dengan passion sangat menyenangkan untuk dijalani. Namun bukan berarti harus menjadi tolak ukur paling wajib dalam menerima pekerjaan. Coba saja keluar dari zona nyaman dan mencoba hal yang baru. Pengalaman baru dan mungkin juga minat yang baru bisa kamu dapatkan.

 

Baca juga: Profesi Keren Untuk Wanita yang Bisa Menjadi Pilihan Kamu Ladies

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top