Inspiration

Alasan Kamu Tetap Harus Belajar Meski Sudah Dewasa

Alasan Kamu Tetap Harus Belajar Meski Sudah Dewasa

Belajar adalah salah satu cara yang sering kali dilakukan oleh para siswa ketika masih mengenyam bangku sekolah. Manfaat belajar sendiri tak lain dan tak bukan adalah untuk memahami pelajaran yang telah diberikan ketika anak berada di sekolah. Disaat anak sudah beranjak dewasa atau sudah tak lagi duduk di bangku sekolah, kebiasaan belajar yang biasanya dilakukan pada malam hari atau selepas pulang sekolah sudah jarang sekali dilakukan. Bahkan tidak mungkin lagi untuk dilakukan karena sibuknya jadwa perkerjaan.

alasan kamu tetap harus belajar meski sudah dewasa

Sponsor: halojasa

Berhenti belajar ketika sudah tidak lagi bersekolah sebenarnya tindakan yang kurang tepat. Nyatanya belajar tetap harus dilakukan walaupun sudah tidak lagi bersekolah karena adanya alasan lain yang banyak orang tidak mengetahuinya. Seperti apa pentingnya belajar bagi kita? Berikut ini alasan kamu tetap harus belajar meski sudah dewasa.

 

  • Mudah Menerima Tantangan

Alasan mengapa kamu harus tetap belajar ketika sudah menginjak dewasa adalah karena dengan belajar nantinya akan bermanfaat. Belajat akan mengajarkan kamu hidup dengan mudah sehingga mudah menerima tantangan. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, pastinya kamu akan menghadapi banyak tantangan baik itu tantangan seputar masalah kehidupan atau tantangan-tantangan lainnya. Kamu yang masih menyempatkan sedikit waktu untuk belajar tentunya akan mudah mendapatkan banyak pengetahuan sekaligus ilmu baru setiap harinya. Dengan berbekal pengetahuan luas yang kamu miliki dari belajar, pastinya kamu bisa menjadi seseoranag yang lebih siap dan lebih berani untuk menerima setiap tantangan yang mungkin akan ada di depan mata.

Alasan Kamu Tetap Harus Belajar Meski Sudah Dewasa

  • Membuat Kita Lebih Dewasa

Seperti ungkapan Mortimer Adler, bahawa “Tujuan dari  belajar itu adalah kedewasaan, sementara otak kita tidak seperti tubuh kita, (ia) dapat terus tumbuh dewasa selama kita terus hidup.” Itulah arti dibalik kekuatan otak manusia. Ia selalu tumbuh setiap hari dan sel-selnya selalu berkembang setiap saat. Semakin baik kamu mengasah otak dengan terus belajar, maka otak akan memberikan sinyal baik untuk mental dan tingkal laku. Ingat bahwa kesehatan mental seseorang jauh lebih berarti. Belajar akan memberikan kamu banyak informasi untuk terus menjadi manusia yang terbaik. Artinya dengan belajar maka kamu akan mengerti pentingnya kedewasaan. Berfikir dewasa memang sangat diperlukan untuk mendukung kehidupan sosial kita. Oleh sebab itu, diperlukan pola pikir yang lebih dewasa. Menjadi dewasa juga tak mengenal usia, gender, martabat, tahta, atau derajat. Tak hanya itu, kedewasaan seseorang bisa dilihat dari caranya berfikir, berbicara, bersikap, tingkah laku atau menempatkan diri. Oleh sebab itu, agar ke lima unsur kedewasaan itu dapat melekat maka diperlukan belajar.

Alasan Kamu Tetap Harus Belajar Meski Sudah Dewasa

  • Mencegah Penuaan Otak

Belajar dengan rajin justru bisa meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat kami. Ketika belajar pastinya otak akan bekerja untuk memahamkan apa yang telah dibaca dan apa saja yang telah kamu dilihat. Ketika berfikir, otak akan menggunakan informasi dan menyimpannya secara berkala. Otak pun akan lebih aktif dan pada akhirnya mudah untuk berkembang. Semakin baik perkembangan otak kamu, tentunya akan menjadi lebih sehat hidup kamu. Ketika kamu sudah tidak lagi belajar hal itu justru bisa membuat otak sulit untuk bekerja keras dan berfikir. Kondisi yang demikian tidaklah baik bagi perkembangan otak kamu. Otak yang kurang menerima tantangan berfikir maka kondisi otak akan melemah secara perlahan sehingga akhirnya otak akan lebih mudah mengalami penuaan yang dapat mengakibatkan masalah pada cara berfikir otak manusia. Semakin banyak belajar maka semakin baik pula bagi perkembangan otak.

Alasan Kamu Tetap Harus Belajar Meski Sudah Dewasa

  • Mudah Berinteraksi

Sosial dan interaksi, adalah dua hal penting yang wajib kamu lakukan setiap hari. Tanpa adanya interaksi sosial, maka kamu sulit mendapatkan pengetahuan dan berkembangnya diri. Sementara aspek perkembangan sosial adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan sosial kamu. Alasan lain mengapa belajar masih sangat diperlukan meskipun sudah beranjak dewasa adalah karena dengan belajar pastinya akan memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Denagn banyak membaca atau belajar pastinya akan banyak penngetahuan yang kamu miliki sehingga akan dengan mudah berinteraksi dan akrab dengan siapapun meskipun baru pertama kali bertemu. Untuk itu, apabila kamu ingin mudah akrab dan mudah berinteraksi dengan siapa saja ada baiknya kamu banyak belajar dan membaca untuk memperluaas wawasan serta pengetahuanmu.

alasan kamu tetap harus belajar meski sudah dewasa

  • Membantu Mengambil Keputusan Terbaik

Denagn belajar akan berguna untuk membantu kamu mengambil keputusan terbaik. Dalam mengambil setiap keputusan pastinya diperlukan berfikir terlebih dahulu, karena setiap keputusan yang diambil akan berimbas pada hasil yang akan didapatkan nantinya. Dengan banyak belajar pastinya otak akan menjadi lebih cemerlang sehiongga akan memudahkanmu dalam mengambil keputusan terbaik. Belajar adalah cara terbaik seseorang untuk menapat kesempatan mengambil keputusannya yang terbaik. Hal itu karena belajar dapat memperluas pengetahuan, sekaligus bisa membuat kamu mengambil berbagai perspektif melalui sudut pandangmu sehingga memudahkan diri untuk dapat mengambil keputusan.

Jadi, pada dasarnya banyak alasan yang bisa kamu dapatkan dengan belajar meskipun sudah dewasa. Ingat bahwasanya belajar tidak harus berhenti saat kamu tidak lagi duduk di bangku sekolah atau kuliah, namu belajar itu harus dilakukan sepanjang hayat. Ingat pepatah bahwa “Never Stop Learning”, jangan pernah berhenti untuk terus belajar misalnya belajar tentang bahasa. Penguasaan bahasa yang baik memang diperlukan. Anda yang ingin terus belajar mengusai bahasa asing misalnya bisa mengikuti kursus bahasa asing guna memberikan wawasan dan ilmu baru.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top