Career Tips

Alasan Jabatan Kita Tak Naik

Kenaikan jabatan merupakan hal yang sangat didambakan oleh karyawan suatu perusahaan. Hal ini tentu saja cukup beralasan karena kenaikan jabatan berbanding lurus dengan gaji yang lebih tinggi dan pekerjaan yang sedikit lebih menyenangkan. Akan tetapi, perlu disadari bahwa kenaikan jabatan dalam suatu pekerjaan tidak selalu ditentukan oleh lamanya waktu bekerja. Akan salah jika Anda berpikir bahwa Anda akan segera mendapatkan kenaikan jabatan karena Anda sudah bekerja selama 5 tahun di suatu perusahaan. Banyak kasus terjadi adanya beberapa karyawan lama yang sudah bekerja beberapa tahun dan belum juga mendapatkan kenaikan jabatan dan adanya pekerja yang baru beberapa bulan bekerja sudah naik jabatan. Hal ini memang menimbulkan perasaan iri yang sebenarnya wajar. Akan tetapi, Anda sebaiknya mengetahui beberapa sebab dan alasan jabatan kita tak naik meski telah kerja bertahun-tahun di bawah ini.

Alasan Jabatan Kita Tak Naik

Sponsor : kezia skin expert

  1. Tidak bisa menerima kritikan rekan

Sebelum memprotes atasan kenapa Anda tidak kunjung naik jabatan, sebaiknya Anda menyadari bagaimana diri Anda sendiri saat bekerja. Nah, salah satu hal yang cukup penting diperhatikan adalah dapatkah Anda menerima kritik atau masukan dari orang lain terhadap kinerja Anda? Terkadang, seseroang yang merasa bekerja lebih lama merasa memiliki kemampuan yang lebih dari karyawan yang baru saja masuk di perusahaan tersebut. Efeknya, karyawan lama cenderung susah untuk menerima kritik atau saran dari kesalahan yang mungkin saja ia lakukan selama proses bekerja. Padahal, bisa saja, kritik dan saran yang diberikan memang semata-mata sebuah koreksi untuk kinerja yang lebih baik. Jika Anda termasuk salah satu orang yang susah menerima kritik, maka jangan heran jika Anda tidak kunjung naik jabatan.

  1. Tidak memiliki toleransi

Bekerja di sebuah perusahaan tentu saja akan membuat kita menemukan beberapa rekan dengan latar belakang yang berbeda, etnis yang berbeda dan lainnya. Nah, dalam hal ini, rasa toleransi merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk membangun sebuah suasana bekerja yang kondusif. Atasan pun tentu saja akan merasa sangat senang melihat karyawannya bekerja dengan sangat efektif dalam lingkungan kerja yang kondusif. Akan tetapi, jika Anda termasuk karyawan yang kurang bisa menghargai perbedaan dan cenderung memiliki sifat yang tidak toleransi dan bisa membuat onar di perusahaan, maka atasan akan memberikan nilai yang buruk pada Anda. Hal ini tentu saja harus di perhatikan karena bisa saja perilaku Anda yang satu ini menghambat Anda untuk naik jabatan.

  1. Kurang komunikasi dengan atasan

Hal lain yang dapat menyebabkan Anda tidak lantas naik jabatan meski sudah bekerja beberapa tahun di suatu perusahaan adalah kurangnya komunikasi dengan atasan. Komunikasi dengan atasan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Tanpa Anda sadari, komunikasi dengan atasan merupakan hal yang sangat penting agar atasan dapat menilai kinerja Anda dengan lebih baik. Laporkan apa yang menjadi tugas Anda dengan baik dan tepat waktu untuk mendapatkan penilaian yang bagus dari atasan. Akan tetapi, dalam menjaga komunikasi dengan atasan, Anda tentu tidak perlu berlebihan, misalnya selalu mengingatkan atasan untuk makan atau hal lainnya. Hal ini justru akan membuat atasan merasa ilfil pada anda.

  1. Pakaian kurang rapi

Perlu diketahui bahwa atasan Anda memiliki range penilaian yang cukup luas untuk memutuskan apakah Anda pantas untuk naik jabatan atau tidak. Memang, kinerja dari pekerjaan Anda merupakan hal wajib yang menjadi bahan penilaian atasan. Akan tetapi, jangan melupakan bahwa atasan juga memperhatikan hal lain, seperti pakaian Anda. Memang, seorang karyawan di tuntut untuk mengenakan pakaian yang sesuai dan rapi saat bekerja. Ini merupakan salah satu prinsip dasar untuk mengetahui karakter dari karyawan. Jika untuk urusan berpakaian saja Anda masih sering mengabaikan dengan mengenakan pakaian yang kurang rapi, maka jangan berharap bahwa atasan akan menaikkan jabatan Anda dengan segera.

  1. Sering absen di hari efektif

Hal terakhir yang dapat dijadikan salah satu alasan kenapa Anda tidak kunjung naik jabatan padahal Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun adalah karena Anda sering absen. Ya, seperti sekolah, absensi merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam dunia kerja. Hal ini dikarenakan sebuah absensi akan menunjukkan totalitas seorang karyawan dalam bekerja. Nah, memang setiap perusahaan memiliki beberapa aturan tersendiri terkait absensi dari karyawan mereka. Akan tetapi, tentu saja Anda harus tetap memperhatikan dan juga mengikutinya. Salah satu masalah yang sering muncul adalah adanya karyawan yang sering membolos bekerja kaerena suatu hal. Jika kita sudah memutuskan untuk bekerja maka prioritas utama kita adalah bekerja. Nah, bisa saja Anda tidak kunjung naik pangkat karena absensi Anda yang bermasalah!

Beberapa alasan di atas dapat menjadi bahan perenungan bagi Anda yang tidak kunjung naik jabatan meskipun sudah bekerja dengan waktu yang cukup lama. Pahami beberapa alasan di atas dan renungkanlah. Apakah Anda melakukan salah satu hal di atas yang akan menghambat karir Anda? Jika ya, maka segera perbaiki kinerja Anda sehingga karir Anda dapat segera di naikkan. Semoga dapat membantu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top