Tips Kesehatan

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia

 Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia

Ajaib tapi nyata, ternyata ada cara mudah atasi insomnia menggunakan hal yang dianggap aneh. Apabila selama ini makan atau minum sesuatu juga belum bisa membuat seseorang tidur, Anda tak perlu khawatir. Bukan minum obat tidur justru sebaiknya hindari. Alasannya selain tidak baik bagi kesehatan jika terus menerus dikonsumsi, meminum obat tidur juga bisa akibatkan gangguan pada kesehatan hingga ketergantungan obat. Hal inilah yang saat ini sedang dialami oleh pasangan selebriti Tora Sudiro dan Mieke Amalia. Keduanya tertangkap karena menyimpan 30 butir obat dumolid yang katanya bisa membantu menenangkan masalah pada tidur.

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia

Sponsor: cream pemutih wajah

Terlepas dari masalah itu, Anda mungkin pernah mencoba beragam cara untuk bisa melakukan hal supaya mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari. Disisi lain, kasus insomnia tidak boleh dianggap remeh. Terbukti banyak orang di seluruh dunia mengalami insomnia, misalnya di Inggris saja terdapat  86 persen warganya mengalami gangguan tidur. Survei tersebut diteliti oleh Crampex pada 2017 ini. Jadi bagaimana cara yang bisa membuat seseorang dengan masalah insomnia bisa tidur nyenyak meski tidak harus menggunakan obat tiduk? Berikut ini cara-cara teraneh namun justru bisa mengatasi insomnia.

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia

1. Bernapas lewat lubang hidung kiri

Bernapas melalui satu lubang hidung, bisakah mengatasi gangguan tidur kita? Jangan Anda merasa keanehan justru cobalah jika dirasa itu unik. Yah cara ini sebenarnya termasuk bagian dari gerakan yoga. Bernafas menggunakan satu lubang hidung bisa membantu menurunkan tekanan darah sehingga menenangkan tubuh. Untuk bisa melakukannya cukup sederhana, mulai berbaring dengan posisi tubuh miring ke kiri lalu letakkan jari ke lubang hidung bagian kanan. Tekan dan tutup hidung sambil memulai bernapas secara perlahan melewati lubang hidung bagian kiri. Menurut terapis  holistik Peter Smith gerakan ini bisa dipraktekkan untuk mereka yang susah tidur.

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia

2. Cobalah untuk tetap bangun

Kegiatan unik dan aneh selanjutnya adalah berusaha untuk tetap bangaun. Loh, seharusnya tidur mengapa justru diharuskan bangun? Ternyata semua ini ada maknanya. Menurut seorang psikoterapis bernama Julie Hirst, menjaga mata agar tetap terbuka lebar sambil mengulangi kata-kata bisa membantu seseorang tidur. Kata yang bisa diucapkan seperti ‘Saya tidak bisa tidur’ sambil diulangi berkali-kali. Disaat yang sama, otak tidak bisa berkeinginan negatif sehingga perintah tersebut akan diterjemahkan sebagai perintah untuk tidur. Akhibatnya, otot mata terasa lelah dan lebih mudah menutup. Cara ini bisa diartikan kebalikan dari keinginan untuk tidur, maksudnya ketika berjuang keras untuk tetap bangun justru Anda lebih mudah merasakan kantuk.

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia5

3. Putarlah bola mata

Sebuah buku dengan judul The Good Sleep Guide karya Sammy Margo menyebut ketika menutup mata dan memutar bola mata sebanyak tiga kali sehari bisa membuat seseorang mengantuk. Menurut sang penulis menulis jika memutas bola mata bisa merangsang hormon tidur yang disebut hormon melatonin. Selama hormon ini diaktifkan oleh tubuh maka seseorang memiliki keinginan untuk tidur karena kantuk.

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia

4. Tekuk jari kaki

Menekuk jari kaki ternyata bisa juga mengatasi insomnia loh. Bagaimana bisa? Berbaring dengan memposisikan kaki ke atas kemudian menekuk jari kaki sambil tahan beberapa detik. Kemudian lepaskan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama beberapa kali hingga tubuh merasakan tenang dan santai. Sama seperti pernapasan dengan satu lubang hidung, diyakini teknik ini hampir mirip dengan gerakan yoga.

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia

5. Sembunyikan jam Anda 

Langkah aneh namun bisa atasi insomnia berikutnya adalah meletakkan jam jauh-jauh dari Anda. Biasanya ketika tak bisa tidur, mata lebih sering melihat ke arah jam. Kekhawatiran muncul tak kala Anda tidak bisa tidur dan terus-terusam menatap jam. Justru dengan menatap jam ini bisa membuat Anda khawatir karena hari semakin larut sementara tubuh juga belum bisa tidur. Untuk mengatasnya tidak perlu mengecek jam secara teratur sebab bisa membuat Anda semakin stres sehingga susah untuk tidur. Menurut terapis Sarah Schwartz, Anda sebaiknya menyembunyikan jam dimanapun tempatnya.

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia

6. Cuci muka dengan air dingin

Cara aneh atasi insomnia berikutnya adalah membilas wajah dengan air dingin. Jika selama ini mencuci wajah dapat menyegarkan wajah, juga bisa mengembalikan sistem tubuh menjelang waktu tidur malam. Menurut Schwartz, cuci muka dengan air dingin bisa aktifkan mammalian dive reflex yakni suatu kejadian yang bisa menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Anda bisa melakukan cara ini untuk atasi insomnia. Selain mencuci wajah, Anda juga bisa mencuci tangan dan kaki supaya tidur jadi lebih mudah dan nyenyak.

Ajaib! Cara Teraneh Tapi Manjur Untuk Atasi Insomnia6

7. Bermain tebak kata hingga hitung mundur

Cara unik dan aneh terakhir adalah bermain tebak gambar sapai menghitung mundur. Kebiasaan ini sesunggunya sudah tidak asing di telinga kita. Sayangnya mungkin masih banyak orang yang menganggap hal ini bukan cara yang nyata bisa atasi insomnia. Untuk bisa melakukan tebak kata, Anda bisa menebak suatu nama misalnya nama kota. Sebut nama kota yang diawali dengan huruf A. Dengan begitu otak akan berfikir keras sehingga ia akan merasa kantuk. Berikutnya menghitung mundur yang justru cara lama. Meski banyak yang tidak berhasil menggunakannya, cobalah hidung dengan cara terbalik. Dari biasanya menghitung dari angka kecil ke besar, sekarang hitung dari angka yang lebih besar dulu.

Itu dia cara-cara aneh dan unik untuk atasi insomnia. Bagaimana Anda penasaran mencobanya? Semoga beberapa cara diatas bisa bermanfaat atasi insomnia yang pernah Anda alami.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top