Shopping

6 Tips Mengatasi bayi Sakit Pilek dan Batuk

Pergantian musim, cuaca yang berubah dengan cepat tentu akan memberikan dampak yang kurang baik untuk anak. Anak akan mudah terkena penyakit seperti penyakit pilek dan juga batuk yang sudah pasti akan sangat menganggu dalam aktivitas sehari-hari anak. Mama pasti akan merasakan perasaan yang was-was dan juga khawatir ketika melihat anak dalam kondisi yang sakit. Apalagi pilek dan batuk ini merupakan penyakit yang sangat sering mengakibatkan anak menjadi rewel hingga tidak bisa beraktivitas seharian penuh.

Sponsored by: cream perawatan wajah

tips-mengatasi-anak-batuk-pilek

Terutama bagi bayi, pilek dan batuk bisa menjadi satu perhatian khusus bagi mama karena kondisi ini tentunya menjadi kondisi yang kurang baik untuk anak. Bersin, batuk tiada henti atau bahkan tubuh anak yang mengalami peningkatan menjadi satu perhatian khusus yang membuat mama merasa kurang nyaman dan merasa was-was dengan kondisi anak tersebut. Ketika bayi sudah dalam kondisi batuk dan pilek dan juga diimbangi dengan demam, mama bisa segera mengatasinya dengan melakukan berbagai Tips Mengatasi bayi Sakit Pilek dan Batuk seperti berikut ini.

1. Jangan Sembarangan Memberi Obat

Untuk bayi tentu saja obat tanpa resep sangat tidak dianjurkan. Jikapun bayi tetap masih bisa beraktivitas dengan baik dan tidak terlalu memerlukan tindakan khusus mama tidak perlu langsung memberikan obat-obatan kepada anak. Apalagi jika anak masih dikisaran usia 6 tahun sebab ada berbagai efek yang lebih baik dihindari karena bisa sangat membahayakan bagi anak. Jika memang harus memberikan obat, tentunya haruslah obat yang dianjurkan dan dengan resep dokter terlebih dahulu. Hal ini akan membantu anak mendapatkan kondisi yang pulih tanpa ada resiko yang membahayakan.

2. Asupan Protein yang Pas

Untuk membuat si kecil tidak terkena batuk pilek ataupun segera sembuh dari batuk dan juga pilek adalah dengan menjaga imunitas tubuh dari anak. Menurut para dokter batuk dan pilek yang dialami oleh anak sebenarnya bisa diatasi dengan baik dengan sistem imun yang baik dari dalam tubuh anak itu sendiri. Untuk mendapatkan imun dalam keadaan yang baik, mama bisa memberikan makanan yang mengandung protein yang tinggi pada anak pada saat masa sakit. Beragam makanan yang mengandung protein yang bisa mama pilih antara lain seperti telur, ayam, ikan dan juga susu.

3. Perhatikan Waktu dan Kualitas Tidur

Imun pada tubuh juga sangat dipengaruhi dengan waktu istirahat dan juga waktu istirahat untuk anak. Anak hendaknya memiliki waktu istirahat yang pas dan sesuai dengan yang tubuh mereka butuhkan untuk menjaga imun supaya tetap dalam kondisi yang baik. Anak yang kurang istirahat dan bahkan kurang tidur akan lebih mudah terserang beragam penyakit terutama untuk batuk dan pilek ini. Bahkan, jika memang anak dirasa dalam kondisi yang semakin kurang baik anak lebih baik untuk benar-benar istirahat dan ditambah waktu istirahatnya. Tips Mengatasi bayi Sakit Pilek dan Batuk ini akan sangat baik untuk membuat anak menjadi lebih mendapatkan kondisi tubuh yang jauh lebih sehat.

4. Garam Juga Membantu Untuk Mengeluarkan Lendir dan Melegakan Pernapasan Anak

Garam memiliki kandungan yang membuatny menjadi memiliki sifat antiiinflamasi. Dimana sifat ini akan membuat garam bisa sangat membantu dalam mengeluarkan lender dan juga bisa melegakan pernapasan. Garam juga sangat membantu dalam meredakan batuk hingga radang yang bisa sangat menganggu bagi kesehatan anak. Penggunaan garam untuk meredakan pilek dan juga batuk pun juga sangat udah. Untuk mengatasi hidung yang tersumbat, mama bisa menggunakan larutan garam fisiologis yang bisa dengan mudah untuk mama beli di toko obat. Mama juga bisa menggunakan garam dapur biasa dengan cara melarutkan ½ sdt garam dengan 1 liter air hangat. Kemudian teteskan dengan menggunakan pipet. Hidung yang tersumbat akan langsung hilang. Sedangkan untuk mengatasi sakit tenggorokan atau tenggorokan yang terasa gatal dan batuk, mama bisa melarutkan garam dengan air hangat kemudian suruh si kecil untuk berkumur dengan larutan tersebut. Rasa sakit akan hilang secara perlahan.

5. Gunakan Madu

Bahan alami memang bisa dikatakan menjadi obat yang paling manjur untuk anak kecil ataupun bayi jika dibandingkan obat batuk atau sirup obat batuk rasa madu. Mama bisa memberikan madu pada saat malam sebelum buah hati tidur. Selain bisa meredakan batuk, madu juga berguna untuk membuat anak bisa tidur menjadi lebih nyenyak sehingga mendapatkan waktu istirahat yang benar-benar cukup. Dosis yang dianjurkan untuk memberikan madu pada anak adalah ½ sdt untuk anak berusia 1-5 tahun, 1 sdt untuk anakb erusia 6-11 tahun dan 2 sdt untuk anak yang berusia 12 tahun keatas. Sedangkan untuk anak dibawah usia 1 tahun belum dianjurkan untuk diberikan madu.

6. Mandi Dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat setelah seharian beraktivitas atau pada saat udara sangat dingin akan sangat membantu untuk meredakan pilek, batuk dan bahkan demam pada anak. Air hangat bisa memberikan suasana yang lebih rileks pada tubuh dan juga bisa mematikan kuman yang ada pada tubuh. Selain hal itu, uap air yang dihasilkan dari air yang panas ini juga sangat membantu dalam melegakan pernapasan dan membuat hidung tersumbat menjadi normal.

Dengan memilih cara yang baik dan tepat tentunya mengatasi pilek dan batuk pada anak bukan hal yang sulit bagi mama. Tidak perlu panic lagi, dan tinggal lakukan beragam Tips Mengatasi bayi Sakit Pilek dan Batuk yang terbaik ini. Mama pun akan kembali melihat si kecil ceria dan tidak ada lagi batuk dan juga pilek yang menganggu.

 

Baca juga: Tips Memilih Mainan untuk Anak yang Benar

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top