Career Tips

6 Tips Berhasil Interview yang Wajib Untuk Kamu Ikuti

Job interview bisa mnejadi salah satu hal yang menakutkan namun menjadi hal wajib yang harus dilkaukan dalam hidupmu. Ada banyak sekali tes interview saat ini yang bisa dilakukan, mulai dari dengan cara berdialog secara langsung atau tatap muka atapun menggunakan telepon. Bagi kamu yang baru saja masuk ke dunia kerja atau kamu yang teramat sangat menginginkan pekerjaan ini malah justru menjadi hal yang sangat menegangkan. Ada banyak cara untuk mempersiapkan wawanca mulai dari berlatih untuk wawancara bersama teman ataupun dengan mencari bagaimana sih caranya interview yang benar itu.

sponsored by : pemutih wajah

tips-berhasil-interview

Dimulai dengan mempersiapkan pakaian yang akan kamu gunakan, mempersiapkan salinan CV yang kamu miliki dan bahkan berlatih tersenyum yang pas didepan cermin mungkin juga bisa menjadi latihan-latihan untuk menghadapi interview kerja. Hal tersebut, juga bukan jaminan kamu akan bisa lolos dan berhasil dalam interviewmu. Namun dengan melakukan Tips rahasia berhasil interview berikut ini kamu akan merubah interview mu menjadi satu langkah menuju kesuksesanmu. Berikut adalah tips rahasia untuk berhasil melakukan interview.

  1. Kenakan Pakaian Berwarna Putih

Pasti kamu sudah sangat paham betul tentang bagaimana pentingya pakaian ketika kamu ingin melakukan wawancara kerja. Tapi apa kamu sudah yakin dengan pakaian yang kamu pilih itu tepat? Bagaimana soal warna baju yang akan kamu gunakan? Menggunakan baju blus, kemeja, celana ataupun menggunakan aksesoris akan memberikan tampilan yang cukup berbeda. Mau tidak mau, suka tidak suka cara berpakaianmu adalah hal paling utama yang pasti akan dinilai, mulai dari perekrut, orang lain yang juga akan ikut wawancra hingga resepsonis dari perusahaan tersebutpun juga.

Untuk itulah, warna putih adalah warna yang paling aman untuk kamu gunakan. Warna ini adalah warna netral yang bisa melengkapi nuansa yang akan anda dapatkan. Putih juga memiliki kesan yang lembut, ramah dan mudah untuk didekati. Namun, jika tidak ingin terlihat terlalu polos kamu juga bisa kok menambahkan dengan berbagai akses sederhana dan juga aksesoris sederhana yang tentunya juga akan membuat tampilanmu menjadi semakin meyakinkan tentunya.

  1. Ramah dengan Receptionist

Resepsionis adalah gerbang paling depan untuk setiap perusahaan. Salah satu alasan kenapa kamu harus bisa tepat waktu paling tidak datang lebih awal 10-15 menit sebelum wawancara kerja adalah karena dengan 15 menit ini kamu bisa mengetahui tentang tempat kerjamu dan kamu juga bisa untuk melakuakn ramah tamah terlebih dahulu dengan staf yang ada diperusahaan tersebut. Tidak perlu juga menjadi sok akrab, kamu hanya perlu untuk bersikap ramah dan manis ataupun menjawab pertanyaan-pertanyaan kecil dari staf yang mungkin bertanya padamu. Begitu pula dengan bersifat ramah dengan resepsionis, sebab ada juga perusahaan yang menanyakan pendapat dari resepsionis tentang sikap kamu saat kamu masiih berada diluar. Sebagai rahasia saja, kamu juga bisa bertukar kontak pribadi untuk mendapatkan info tambahan dari si resepsionist.

  1. Pose Tubuh 2 Menit yang Menentukan

Layaknya superhero yang selalu memiliki pose andalan ketika tampil ditempat umu, begitu juga dirimu saat harus menghadapi wawancara kerja. Yang harus kamu tahu adalah pose atau sikap tubuhu juga menjadi salah satu bahan pertimbangan yang mungkin juga diperhatikan oleh para perekrut. Mereka bisa mengidentifikasi dengan gelagat dan juga pose yang kamu tampilkan dihadapan mereka. Selain hal tersebut, dengan berpose dan memiliki tampilan badan yang nyaman juga akan menurunkan tingkat stress yang mungkin juga akan sangat menganggumu dan justru membuatmu menjadi sedikit grogi. Lakukan pose yang sekiranya akan membuatmu sedikit rileks demi kelancaran saat wawancara.

  1. Jangan Lupakan Jabat Tangan

Terlihat sangat sederhana, namun ketika kamu sudah berada diruangan untuk wawancara hal ini sudah pasti akan menjadi hal yang sangat sulit untuk kamu lakukan. Jabat tangan pun juga harus kamu perhatikan beberapa nilai pentingnya supaya bisa mendapatkan suasana jabat tangan yang natural dan menjadi jabat tangan yang sangat bersahabat. Hal yang penting adalah, pertama jangan lupa untuk memperhatikan kontak mata yang santai, kedua adalah pastikan jika kamu memang membuka telapak tanganmu dan bukan hanya jari-jarimu, ketiga adalah perhatikan bagaimana orang lain tersebut bergerak.

Jabat tangan bisa saja dianggap penting, sebab menurut penilitan yang dilakukan oleh Phil Bridge seorang penulis Psikologi internasional mengatakan jika sentuhan bisa membangun dan mengkonfirmasi kepercayaan dan mendorong komunikasi yang lebih baik lagi. Hal yang paling umum untuk anda lakukan ketika anda berjabat tangan dengan orang lain adalah dengan menampilkan senyuman dan juga ketulusan. Jangan lupa juga untuk mengeringkan tangan terlebih dahulu juga sudah basah dengan keringat dingin karena grogi.

  1. Jadilah Salah satu yang Memecah Kebekuan

Tak ada salahnya untuk mencoba membuka wawancara dengan melakukan perbincangan kecil yang bisa anda lontarkan kepada perekrut. Hal ini justru akan memberikan kamu dua keuntungan, pertama kamu bisa mengatur nada untuk dialog yang akan kamu lakukan, kedua kamu akan dipandang menjadi orang yang hangat, menarik, berkarakter dan ramah. Perekrut bisa saja bermain pikiran dengan calon karyawan dengan menghadirkan kecemasan dan juga inkonsistensi dari calon karyawan dan salah satu triknya adalah dengan menghadirkan suasana yang canggung. Dengan memulai percakapan terlebih dahulu, hal ini juga bisa membuat perekrut melihat sosok pemecah masalah yang ada pada dirimu.

  1. Tanya Setidaknya Satu Pertanyaan

Jangan sampai wawancara berakhir tanpa menanyakan sesuatu dari perekrut. Bertanya paling tidak satu pertanyaan saja akan menunjukan jika kamu memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar dan kamu adalah orang yang cerdas. Namun sebisa mungkin jangan sampai bertanya tentang upah ataupun manfaat dari perusahaan ini, karena mungkin hal ini sudah ditanyakan oleh orang lain. Buatlah dirimu benar-benar menonjol diantara lainnya dan jadikan ini waktumu untuk menunjukan siapa dirimu dan menjadi orang yang bersinar diantara lainnya.

Cobalah untuk bertanya tentang budaya perusahaan, tujuan perusahaan untuk tahun ini atau juga bisa mengutarakan tentang harapan dari dirimu. Mengajukan pertanyaan juga bisa menjadi salah satu bukti jika kamu memang benar-benar tertarik dengan pekerjaan yang satu ini.

Nah, setelah mengetahui 6 trik rahasia untuk berhasil interview sekarang sudah tidak ada lagi untuk grogi ataupun ragu untuk melakukan wawancara kerja. Wawancara kerja adalah gerbang utama yang akan menghantarkan kamu kesuksesan. Jadi, persiapkan dengan baik dan impianmu siap untuk kamu raih.

Baca juga: Tips Tetap Produktif Dalam Bekerja Setiap hari

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
1
100%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top