Parenting Info

6 Makanan yang Wajib Untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

Makanan untuk ibu menyusui – Seorang ibu menyusui memang memerlukan perhatian khusus sebab bunda pasti akan mengeluarkan tenaga dan juga energy yang lebih banyak. Bunda pasti tau kan, saat sedang menyusui asupan yang bunda konsumsi bukan hanya untuk bunda sendiri tetapi juga bayi atau si buah hati. Kalori dan juga energy yang terus terserap pastinya akan membuat bunda menjadi tersita energinya dan mungkin juga kekurangan kalori ataupun energy yang ada pada diri bunda. Kondisi yang seperti ini pastinya membutuhkan satu treatment tersendiri untuk membuat ibu bisa mendapatkan kondisi terbaiknya. Memilih asupan makanan yang tepat dan juga melakukan berbagar program yang cocok untuk ibu menyusui pastinya akan sangat membantu bagi ibu.

Sponsored: cream perawatan wajah

6 Makanan yang Wajib Untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

Saat menyusui bunda akan membakar kalori hingga 650 hari yang berguna untuk memproduksi ASI pada tubuh. Dengan kebutuhan yang tinggi ini tentunya bunda membutuhkan asupan yang cukup untuk kalori. Paling tidak bunda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori 500 lebih untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan kalori. Bund bisa mencukupi kebutuhan kalori pada tubh yang begitu tinggi tersebut dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat seperti berikut ini.

  1. Ikan Salmon

Jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ikan salmon. Ikan salmon menjadi bahan makanan yang mamu menghasilkan kalori yang cukup tinggi ang pasti akan memenuhi kebutuhan untuk seorang ibu. Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan juga DHA, dimana kedua bahan ini bisa digunaakn untuk meningkatkan kualitas ASI untuk lebih baik dn memiliki kualitas yang terbaik lagi. Kandungan didalam ikan ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi sebab kandungannya bisa berguna untuk mencegah depresi postarpartum yang mungkin saja terjadi kapan saja pada ibu hamil. Untuk hasil yang lebih baik lagi, bunda bisa mengkonsumsi paling tidak 2 porsi ikan salmon dalam satu minggu. Batasan ini tentu saja untuk menghindarkan ibu dari bahaya merkuri yang mungkin saja terkandung pada ikan salmon.

  1. Daging Sapi Tanpa lemak

Bagi bunda yang sedang mengkonsumsi dan sangat ingin makan daging sapi bisa juga kok bunda. Namun yang harus menjadi catatan bunda harus mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak. Daing ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan juga kandungan vitamin B12 yang akan berguna menjadi asupan energy untuk bunda yang sedang menyusui. Energi juga menjadi hal yang penting bagi ibu menyusi supaya tetap sehat meskipun harus menguras energy yang cukup banyak. Bunda bisa mengolah daging sapi tanpa lemak ini menjadi masakan sepeti sup ataupun makanan lannya.

  1. Kacang-kacangan

Salah satu bahan makanan  yang bisa bunda konsumsi dan bisa konsumsi cari dengan sangat mudah adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Dari semua jenis kacang-kacangan yang bisa bunda pilih, salah satu jenis kacang yang paling bagus untuk menjadi sumber protein yang baik untuk bunda. Protein nabati yang didapat dari kacang-kacangan ini bahkan akan menjadi protein yang lebih baik jika dibandingkan dengan protein hewani. Bunda bisa lebih mendapatkan energy terbaik dari protein dari kacang-kacangan ini.

  1. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dimana vitamin ini berguna untuk menjadi suplemen energy yang meyakinkan untuk ibu menyusui. Jeruk juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat baik untuk digunakan sebagai sumber energy untuk ibu menyusui. Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat  yang cukup pastinya membuat ibu bisa memiliki energy yang bisa bertahan hingga seharian penuh. Jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dimana kandungan ini berguna untuk ibu menyusui.

  1. Beras Merah

Satu malasah yang biasanya ingin langsung diatasi adalah masalah berat badan yang langsung ingin diturunkan dengan drastic, biasanya ibu menyusui malah justru memilih untuk mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh. Padahal sebenarnya karbohidrat tetap menjadi satu bahan makanan dan asupan untuk tubuh yang sangat diperlukan. Untuk tetap mendapatkan asupan yang cukup budna bisa memilih beras merah yan glebih memiliki kandungan karbohidrat yang pas untuk tubuh bunda.

  1. Buah Berry

Beragam buah-buahan berry mulai dari blueberry, strawberry dan juga buah berry lainnya sangat bagus untuk dijadikan asupan yang tepat untuk bunda yang sedang menyusui. Beragam sumber vitamin, mineral dan juga antioksidan bisa bunda dapatkan dari buah berry. Buah-buahan ini juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan mama yang pastinya membuat bunda menjadi lebih sehat.

Memperhatikan apa yag bunda konsumsinya pastinya menajdi salah satu cara untuk membuat bunda mendapatkan kesehatan tubuh yang lebih terjaga. Mengkonsumsi makanan yang tepat tentu saja akan membuat bunda menjadi leih sehat dan tentu bisa mencukupi kebutuhan asi untuk buah hati. Saat di masa pemberian ASI kepada buah hati bisa dikatakan menjadi masa-masa yang harus focus dan terus memberikan perhatian khusus dengan asupan makanan yang budna kondumsi. Tanpa adanya konsumsi makanan yang tepat pastinya bunda akan mengalami produksi ASI yang berkurang dan tenu saja akan menganggu bagi tumbuh kembang buah hati. Nah, mulai pilih-pilih makanan yan tepat dan segera konsumsi asupan kalori cukup ya bunda untuk kondisi kesehatan yang baik dan juga ASI yang terbaik.

 

Baca juga: 7 Hal Penyebab kelahiran premature Ini Wajib Untuk Bunda Waspadai

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top