Entertaiment

6 Kebaikan dari Membaca Buku yang Akan Anda Dapatkan

Barangkali jiika anda bertanya kepada 10 orang dewasa apakah membaca buku itu penting, maka dipastikan mereka semua akan menjawab ya. Tetapi apabila Anda mengajukan pertanyaan lanjutan seperti apakah mereka akan membaca buku setiap hari, anehnya sebagian besar dari mereka menjawab tidak. Menurut penulis demikian merupakan sebuah fenomena unik. Kalau memang bagi mereka membaca adalah sangat penting, lantas mengapa mereka tidak  membaca buku setiap harinya? Padahal ada banyak kebaikan dari membaca buku.

kebaikan dari membaca buku

Sponsor: kezia skin expert

Kebanyakan mereka hanya memberi alasan klasik seperti malas, tidak memiliki waktu, sibuk, dan bahkan tidak tahu apa yang ingin dibaca. Begitu banyak alasan yang sebetulnya itu semua hanya mengada-ada. Jika kita bisa menghilangkan rasa malas, kita bisa membaca buku. Bila membaca buku amat penting, maka anda akan meluangkan waktu untuk membaca. Dan sesuatu hal mustahil kalau tidak tahu apa yang ingin dibaca oleh anda sendiri. Padahal membaca begitu penting. Berikut adalah alasan mengapa anda harus suka membaca.

  1. Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Hampir di manapun kita berada, pasti ada sesuatu yang mengganggu. Ambil contoh saat pergi keluar rumah, di mana-mana ada kebisingan kendaraan bemotor. Bahkan saat berada di rumah, Anda juga masih bisa mendapat gangguan, entah dari orang lain, suara-suara, atau mungkin gadget. Sepertinya gadget menjadi pengganggu utama bagi anda. Misalnya, ketika sedang bekerja, terkadang anda tergoda membuka gadget tersebut.

Gangguan-gangguan seperti inilah yang membuat Anda sulit konsentrasi dan fokus untuk melakukan sesuatu. Dampaknya pekerjaan anda tidak akan cepat selesai. Apabila anda mempunyai gangguan sulit konsentrasi dan fokus, cobalah untuk membaca. Membaca bisa melatih konsentrasi dan kefokusan seseorang. Dengan membaca seluruh pikiran, mata hanya tertuju pada objek baca tersebut.

Anda bisa mencobanya mulai sekarang. Lakukan secara rutin. Pertama kalinya pasti sulit, namun lambat laun anda akan terbiasa.

  1. Mampu Memperkaya Perbendaharaan Kata yang Anda Miliki

Sadar atau tidak sadar, secara tidak langsung membaca dapat  memperbanyak perbendaharaan kata-kata Anda. Dalam buku terdapat kata-kata yang membentuk kalimat. Ada banyak kata yang bisa jadi kita tidak pernah baca/tahu sebelumnya. Saat membacanya, kata tersebut akan tersimpan secara otomatis di otak. Sehingga dengan membaca buku secara rutin, Anda akan memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak dibandingkan kebanyakan orang lain.

Fungsi dari pembedaharaan kata yaitu mempermuda Anda dalam menjalin komunikasi dengan orang lain. Anda akan menjadi seorang komunikator yang jauh lebih efektif. Fungsi lainnya ialah untuk memahami sebuah teks yang menggunakan bahasa sulit.

  1. Menjadi Pandai Menulis Gagasan

Terkadang anda dituntut untuk menulis sebuah gagasan. Tapi anda merasa sukar dalam menulisnya? Itu berarti anda kurang membaca. Membaca mampu meningkatkan kemampuan menulis gagasan. Membaca membuat tahu akan banyak hal. Tentang ekonomi, politik, budaya, hokum, dan masih banyak lagi. Maka ketika anda diminta menulis mengenai ekonomi, misalnya. Anda mudah untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran. Dengan membaca pula akan terbiasa memahami gaya-gaya tulisan dari berbagai macam penulis. Sehingga membantu dalam menggabungkan kata-kata tersebut menjadi sebuah tulisan.

Ini juga dapat dilakukan bagi anda yang ingin menajdi penulis. Selama menulis anda tidak boleh meninggalkan membaca. Membaca wajib menjadi agenda harian.

  1. Menjadi Orang yang Mempunyai Pengetahuan yang Luas

Seperti yang telah diungkap sebelumnya bahwa dengan membaca akan membuat anda tahu banyak hal. Contoh sederhana, setiap pagi anda membiasakan baca koran. Di sana banyak berita mengenai ekonomi, hokum, politik, budaya,olahraga, fashion, dan selainnya. Dari korang tersebut, anda bisa mengerti banyak hal dalam satu kali baca saja. Besar manfaatnya, bukan.

Menurut hasil dari suatu penelitian, rata-rata orang menulis buku berusia 40 tahun, jadi jika kita membaca 10 buku saja, kita sudah memiliki pengalaman senilai 400 tahun dari hidup beberapa orang. Luar biasanya lagi, kita bisa membeli pengalaman tersebut hanya dengan kurang dari seratus ribu rupiah. Bukankah ini hal yang sangat luar biasa?

  1. Dapat Mengurangi Tingkat Stres

Selain mendapat ilmu dari buku, Anda juga bisa mengurangi rasa stress dari baca buku. Buku tidak melulu tentang pengetahuan. Ada pula buku yang berisikan cerita fiksi romance, horror, juga jenaka. Anda bisa memilih sesuai selera.  Kalau anda suka sesuatu yang lucu, bacalah buku genre jenaka. Selama membaca anda akan melupakan sejenak masalah, dan hanyut dalam cerita lucu tersebut. Hormon kebahagiaan juga akan meningkat. Dijamin seusai membaca, pikiran anda akan terasa lebih segar.

Inilah salah satu alasan kenapa Anda harus membaca. Pikiran kita akan menjadi tenang dan kita akan seakan-akan masuk ke buku fantasi, atau buku apapun yang kita baca.

  1. Mampu Memperkuat dan Melatih Memori

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa orang tua memiliki memori yang buruk jika dibandingkan dengan anak-anak atau yang masih berusia muda. Bisa jadi pada banyak kasus benar. Namun rupanya pada beberapa kasus, hal ini terjadi. Karena mereka gemar membaca buku. Selama membca, secara tidak sadar kita menangkap hal-hal dari yang dibaca. Hal-hal tersebut tersimpan dalam memori. Inilah yang melatih kemampuan otak kita dalam menyimpan sesuatu.

Bagaiamana, banyak bukan manfaat dari membaca? Yuk, mulai dari saat ini biasakan membaca buku!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top