Tips & Trik Parent

5 Tips Sederhana Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak

Salah satu hal yang paling mendasar untuk diajarkan untuk anak-anak supaya mereka menjadi karakter yang baik dan tumbuh dengan kepribadian yang baik adalah dengan mengajarkan anak tentang sopan santun sejak dini. Sangat mudah sebenarnya bagi orang tua untuk mengajarkan anak tentang etika dan juga bagaimana cara untuk bersosialisasi dengan orang lain. Sopan santun menjadi salah satu hal yang juga harus selalu diajarkan, supaya anak memiliki jiwa sosialisasi yang tinggi dan bisa untuk selalu adaptasi dilingkungannya.

Sponsored: cream pemutih wajah

5 Tips Sederhana Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak

Tak ada salahnya bunda untuk selalu mengajarkan anak segala hal termasuk sopan santun sejak dini. Tak perlu untuk memberikan contoh ataupun pengajaran dengan cara yang ribet. Anak bisa saja mendapatkan Tips mengajarkan sopan santun kepada anak dengan cara yang sangat sederhana namun bisa untuk langsung mereka terapkan dikehidupan seharian mereka. Berikut ini 5 tips mudah untuk membuat anak belajar tentang sopan santun sehingga mereka menjadi sosok yang memiliki tingkah laku yang tinggi, menjunjung tinggi etika dan mampu bersosialisasi dengan baik.

  • Beri contoh kata-kata sederhana

Bunda tidak perlu langsung memberikan contoh dengan kalimat ataupun kata-kata yang rumit kok. Dari berbagai kalimat atau kata-kata yang sederhana saja sudah bisa membawa anak untuk mendapatkan karakter yang lebih sopan dan santun. Kata-kata sederhana seperti “tolong”, “maaf”, ataupun “terima kasih” haruslah menjadi kata yang selalu diingatkan dan juga diterapkan pada anak sejak sedini mungkin. Ketiga kata ini akan menjadi kata yang tentunya akan sangat membantu menunjukkan jika anak bisa tampil dengan sopan. Kata ini bisa saja digunakan ketika anak ingin meminta bantuan, melakukan sesuatu ataupun hal lainnya. Dengan kalimat-kalimat ini tentu akan membuat anak terbiasa dalam kesehariannya untuk terus berperilaku sopan dan santun.

  • Sesederhana Mengucapkan Salam

Mengucap salam juga bisa menjadi salah satu cara yang sangat sederhana dan mudah untuk terus menanamkan karakter yang sopan pada anak. Cukup mudah kok bunda untuk membuat anak tetap bisa memberikan sikap yang sopan yaitu dengan membiasakannya untuk selalu menyapa dan mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang-orang yang ia kenal. Mengucapkan halo saat bertemu teman dan bahkan menyapa orang baru juga akan membuat anak untuk lebih sopan dan juga membuat anak belajar untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. Dengan memberikan salam ataupun sapaan akan membuat anak terbiasa untuk lebih menghargai orang lain dan tentu lebih bersikap sopan dengan orang lain.

  • Menyapa Orang Lain

Membiasakan anak untuk terus menyapa baik itu orang yang sudah ia kenal ataupun belum juga menjadi salah satu cara untuk mengajarkan sopan santun kepada anak. Anak biasanya akan cenderung untuk lebih malu ketika bertemu dengan orang baru ataupun bertemu orang yang dikenal. Ajarkan saja untuk menyapa orang yang mereka kenali ataupun belum. Berikan contoh dengan berjabat tangan, senyum dan juga kontak mata ketika sedang berbincang. Anak pasti akan secara tidak langsung mencoba dan menirukan gaya dari orang tuanya. Dengan cara ini akan membuat anak terlihat lebih sopan dan menghargai orang lain.

  • Biasakan Kata Permisi

Terlihat sangat sepele namun dengan melakukan hal yang sangat kecil ini saja bisa menjadikan satu kebiasaan karakter yang sopan untuk anak lho bunda. Latihlah anak untuk selalu mengatakan “permisi” ketika mereka lewat didepan orang yang lebih tua, meminta tolong ataupun berbagai aktivitas lainnya. Dengan adanya kata ajaib ini saja anak akan lebih terlihat sopan dan bisa lebih menjaga tingkah laku dari anak-anak. Jika biasanya anak hanya akan langsung lewat dan menyerobot didepan orang yang lebih tua begitu saja. Oleh karena itulah demi mengajarkan kesopanan ada baiknya untuk mengajarkan anak tentang bagaimana sebaiknya saat berjalan atau melewati orang yang lebih dewasa.

  • Hargai Lawan Bicara

Meskipun masih berusia sangat dini, namun bukan berarti anak tidak bisa diajarkan untuk selalu menghargai lawan bicara ketika anak sedang melakukan komunikasi. Salah satu contoh yang paling sederhana saja ketika anak berkomunikasi dengan orang lain, ajarkan mereka untuk menatap mata lawan bicara mereka. Hal ini terkadang kurang menjadi perhatian bagi kebanyakan orang, padahal hal ini sebenarnya sangatlah penting untuk membantu anak memahami bagaimana menghargai orang lain saat berbicara. Bunda juga bisa kok mempraktekannya dengan selalu menatap si buah hati ketika bunda sedang berbicara dengannya, dengan cara ini bunda secara tidak langsung memperlihatkan bagaimana etika untuk berbicara dengan orang lain sebenarnya.

Hanya dengan lima cara yang sangat sederhana seperti yang sudah dipaparkan diatas, anak akan dengan mudah untuk belajar tentang sopan santun yang baik dan benar. Bunda tak perlu repot-repot kan? Semua tips tersebut juga bisa langsung bunda tunjukan dengan memberikan contoh dalam keseharian. Contoh yang selalu diterapkan akan lebih mudah terserap dan pastinya anak akan terus berusaha untuk menirukan apa yang bunda dan ayahnya lakukan setiap hari. Contoh yang baik sudah pasti akan memberikan figure yang baik pula untuk anak. Jadi bunda, selalu contohkan hal baik untuk membuat anak mendapatkan panutan yang terbaik pula.

 

Baca juga: Tips Sederhana Membuat Anak Cepat Tinggi

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Comments

comments

To Top