Parenting Info

5 Kelebihan Ayah Dalam Mengasuh Anak

Dalam menentukan pola asuh ataupun menjalankan pola asuh sangat diperlukan peran serta antara kedua orang tua. Bukan hanya ibu saja, melainkan ayah harus tetap ikut berperan aktif untuk didalamnya. Jika memang banyak anggapan yang melihat jika peran mengasuh hanya harus dilakukan oleh sosok ibu saja tentu hal ini tidaklah benar sama sekali. Dalam keluarga, ibu tidak hanya berperan untuk mengasuh seorang diri dan ayah tidak hanya bertugas mencari nafkah diluar rumah saja. Dua orang ini adalah peran utama yang memang harus lengkap dan saling bekerja sama untuk mendapatkan pola asuh yang terbaik.

Sponsored: cream pemutih wajah

5 Kelebihan Ayah Dalam Mengasuh Anak

Sebagai orangtua tentu harus menanamkan pola asuh terbaik untuk mendapatkan karakter anak yang terbaik pula. Mungkin banyak yang belum mengerti dan paham betul tentang kelebihan ayah dalam mengasuh anak ketika menyertakannya untuk menjadi satu tiang pembentuk pola asuh yang terbaik. Bahkan setelah kamu melihat beberapa keuntungan dan kelebihan akan peran dari ayah ini kamu akan tahu jika sebenarnya adalah sosok tangguh yang bisa menjadi penggerak pola asuh yang terbaik. Berikut ini, beberapa kelebihan ayah yang bisa bunda percayai sebagai pengasuh anak ketika bunda sedang bepergian ataupun juga tetap bisa bekerja sama bersama ayah.

  1. Pelindung

Sosok yang begitu mengayomi, pasti itu satu hal yang bisa langsung dirasakan ketika sosok ayah menjadi pengasuh untuk anak. Meskipun tidak dilakukan setiap hari dan setiap saat namun anak tetap saja akan merasa jika ayah adalah sosok yang sangat kental dengan sifat yang begitu mengayomi dan memberikan nuansa yang lebih menjadi pelindung. Selain itu, sosok ayah yang juga lebih familiran menjadi sosok pelindung keluarga membuat anak berpikir jika memang ayah adalah sosok pelindung untuk mereka. Dengan dasar ini maka tak heran juga kalau si kecil lebih suka menceritakan hal-hal yang ia takuti kepada sosok ayah, sebab mereka percaya jika ayah mampu melindungi diri mereka.

  1. Mengajarkan Kemandirian

Sosok ayah biasanya tidak terlalu memanjakan anak begitu saja layaknya seorang ibu. Ibu biasanya akan lebih mudah untuk menuruti berbagai keinginan anak dan tidak mau jika anaknya mencoba berbagai hal ataupun hal-hal yang baru. Sosok ibu juga sering tidak tega ketika membiarkan anak begitu saja mengeksplor diri mereka dan akan kurang sabar ketika anak mencoba hal yang baru dan mengalami kesulitan ataupun kesusahan. Ketika anak mengalami hal ini, ibu biasanya akan langsung mengambil sikap dan langsung membantunya. Hal ini tetntu saja akan membuat anak menjadi berkurang dalam melatih kemandiriannya. Sementara itu, sosok ayah biasanya akan membiarkan anak untuk tetap mengeksplor dan cenderung lebih percaya dengan apa yang dilakukan oleh anak sehingga hal ini malah akan mendorong anak yang tidak memiliki sifat yang terlalu manja kepada orang tuanya.

  1. Mampu Hadir Sepenuhnya

Sosok ibu biasanya juga akan lebih “menduakan” waktu bermain yang ia miliki bersama anak. Ibu yang sudah menghabiskan waktunya untuk membersihkan rumah, memasak ataupun berbagai kegiatan rumah lainnya akan cenderung untuk tidak bisa total dalam bermain dengan buah hati. Hal ini tentu sangat berbeda dengan sosok ayah. Ayah yang sudah menghabiskan waktunya terus-terusan diluar rumah dan jarang bertemu dengan buah hati biasanya akan membalas waktu yang mereka miliki hingga mereka rela untuk mengabaikan berbagai hal demi mendapatkan kesempatan bermain yang total dengan buah hatinya. Ayah akan benar-benar menciptakan suasana yang menyenangkan dan pasti akan memanfaatkan waktu bermain dan bersenang-senang dengan anaknya sepenuh hati. Sehingga, anak bisa saja merasa lebih enjoy saat bermain dengan ayahnya.

  1. Tenang

Satu lagi kelebihan dari para ayah yang kurang dimiliki oleh ibu. Untuk hal ini sudah menjadi hal yang sebenarnya naluri untuk seorang ibu, ketika anak memanjat atau melakukan kesalahan yang mungkin membahayakan diri buah hati langsung panic dan pasti akan berteriak “jangan”. Nah, untuk ayah pasti memiliki sikap yang lebih tenang dan bisa lebih berpikir secara rasional sehingga mereka bisa mengatasi anak dengan lebih santai dan tenang. Ayah tidak akan langsung untuk berteriak atau menjadi panic sendiri namun biasanya akan melakukan sedikit tindakan dan tentu akan mengatasinya dengan lebih tenang.

  1. Lebih Santai

Hal yang paling disukai anak ketika mereka dibawah pengasuhan ayah ataupun dibawah pengawasan ayah adalah ayah bisa lebih menangai segala hal dengan lebih santai. Sebagai contoh saja ketika anak makan dan terdapat sisa disekitar mulut hingga tangan, pasti ibu akan langsung panic dan segera mengambil lap dan membersihkan segala hal tersebut dengan cepat. Namun tentu saja hal ini berbeda jika dibandingkan dengan ayah. Ayah biasanya akan lebih tenang dan lebih mengedepankan cara pendekatan yang lebih pelan dan melakukan berbagai hal yang lebih tenang. Ayah akan lebih menggunakan cara mendekatai anak dan membujuk untuk membersihkan kotoran yang ada di tangan dan dimulutnya.

Dengan berbagai keuntungan tersebut tentu bunda sekarang bisa lebih santai kan untuk memberikan kesempatan pengasuhan kepada sang ayah? Meskipun ayah sangat sibuk diluar namun tetap saja ayah juga bisa menjadi sosok yang sangat hebat ketika ia harus dihadakan dengan kondisi mengasuh untuk anak. Dengan berbagai kelebihan ini tentu bunda bisa tak lagi perlu untuk khawatir jika anak dalam pengasuhan yang salah.

 

Baca juga: Berikut Ini Pilihan 5 Menu MPASI yang mudah dan menyehatkan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top